Contoh Teks Persuasi

Teks Persuasi

Contoh teks persuasi singkat dan terbaru bersama strukturnya mengenai pendidikan dan politik yang propaganda secara lengkap ada disini. Definisi dari teks persuasi adalah sebuah paragraf yang berisi tentang ajakan atau imbauan untuk orang lain agar melakukan narasi yang ditulis oleh si penulis. Paragraf persuasi tersebut akan disertai fakta dan penjelasan meyakinkan guna mempengaruhi pembaca. Sehingga pendekatan yang digunakan pada paragraf tersebut adalah pendekatan emotif untuk membangkitkan emosi pembaca.

Adapun ciri-ciri dari teks persuasi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki dasar pondasi bahwa cara pandang atau pemikiran seseorang dapat diubah.
  2. Menggunakan fakta dan data yang akurat.
  3. Dapat menimpulkan rasa percaya pada pembaca.
  4. Memunculkan sebuah kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan di antara penulis dan pembaca.
  5. Menghindara konflik sebisa mungkin agar kepercayaan pembaca tidak hilang dan kesepakatan pendapat dapat tercapai.
Loading...

Agar dapat menyusun teks persuasi dengan baik dan memikat, maka terdapat beberapa syarat yang perlu penulis lakukan. Syarat utama untuk menulis paragraf persuasi ini ada tiga macam, yaitu:

1. Kredibilitas

Loading...

Adanya sifat ajakan pada teks persuasi membuat penulis harus memahami dengan baik topik yang ditulisnya. Jika penulis paham, maka struktur kalimat, diksi dan gaya bahasa akan terbaca meyakinkan. Di samping itu, penulis juga haruslah jujur, sehingga emosi yang tertulis juga dapat ditangkap pembaca dalam bentuk kepercayaan.

2. Identifikasi emosi

Penulis wajib memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi emosi atau jeli dalam memunculkan emosi dan sentimen para pembaca.

3. Bukti

Kredibilitas dari penulis perlu diiringi dengan bukti dari kebenaran tulisan yang disampaikan. Salah satu macam bukti adalah fakta dan data akurat pada ciri teks persuasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah memahami ciri dan syarat dari paragraf persuasi, maka tahap selanjutnya adalah mempelajari langkah-langkah dalam menyusun paragraf persuasi. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam menulis teks persuasi, yaitu:

1. Penentuan topik

Topik adalah konsep awal dari isi keseluruhan paragraf persuasi. Salah satu contoh topik yang dapat digunakan misalnya ajakan untuk menghindari narkotika dan obat terlarang untuk menghindari pengaruh buruk

2. Penetapan tujuan

Tujuan yang ditetapkan ditarik dari topik yang sudah ditentukana. Sebagai contoh, tujuan sesuai dengan topik pada poin a adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa narkotika dan obat terlarang adalah pembunuh yang dapat mengambil nyawa pengguna secara perlahan.

3. Pembuatan kerangka karangan

Agar isi dari paragraf persuasi tidak melebar terlalu jauh, maka diperlukan adanya kerangka karangan sebagai acuan dan pengingat. Selain itu kerangka karangan juga dibutuhkan untuk membuat teks yang logis dan sistematis. Salah satu susunan teks persuasi yang tepat dan memiliki unsur kelogisan adalah urutan sebab akibat. Dengan begitu maka pembaca akan langsung dihadapkan pada masalah dan memungkinkan untuk mendapat solusi.

4. Pengumpulan bahan

Ada banyak cara yang bisa digunakan pada proses pengumpulan bahan untuk penyusunan teks persuasi. Di antaranya adalah melakukan pengamatan, wawancara dengan narasumber kredibel atauapun menyebarkan angket. Pada pengumpulan bahan dapat dilakukan pembuatan catatan baik kutipan langsung maupun tidak langsung guna difungsikan sebagai barang bukti.

5. Membuat kesimpulan

Kesimpulan yang dituliskan merupakan jawaban atau benang merah yang diulur dari tujuan yang sudah ditetapkan sebelum melakukan penulisan. Jawaban dari tujuan tersebut didapat dari data dan bahan yang diperoleh dan telah dianalisa. Penarikan kesimpulan pada teks narasi dapat dinarasikan dengan metode deduktif ataupun induktif.

6. Menuliskan penutup paragraf

Penutup pada paragraf narasi merupakan pemberitahuan akan inti dan maksud dari fakta yang telah diutarakan dengan menyampaikan ajakan atau himbauan. Penutup dapat sepanjang 1 hingga 2 paragraf berdasarkan kebutuhan.

Berikut ini adalah contoh teks persuasi yang banyak digunakan berdasarkan jenisnya.

Contoh Teks Persuasi Lengkap

Ada banyak topik yang dapat digunakan untuk contoh teks persuasi lengkap. Salah satunya adalah teks persuasi tentang kesehatan seperti di bawah ini.

Memiliki waktu terbatas di pagi hari seperti tergesa-gesa untuk berangkat ke sekolah atau sudah terlambat masuk kantor adalah salah satu alasan banyak orang tidak sarapan di pagi hari. Nyatanya, melewatkan sarapan dapat menyebabkan efek berbahaya pada tubuh.

Tidak adanya asupan di awal hari membuat tubuh tidak memiliki energi untuk beraktivitas. Hal ini dikuatkan oleh International Journal of Gastronomy and Food bahwa menurut penelitan mereka konsumsi sarapan dengan makanan bergizi seimbang akan dapat memberikan energi di pagi hari. Tidak hanya itu, tidak sarapan juga menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan pikiran sulit berkonsentrasi.

Menunda sarapan terus menerus pekerjaan tidak akan menghasilkan output yang maksimal. Terlebih untuk pelajar, tanpa sarapan akan membuat sulitnya menerima pelajaran di sekolah. Selain itu sarapan juga dapat menjaga berat badan ideal. Hasil penelitian dari National Weight Control Registry menyebutkan bahwa berat badan dapat turun hingga 15 kg per tahun jika rutin melakukan sarapan.

Oleh sebab itu, makan pagi wajib hukumnya untuk setiap orang. Pekerja kantoran, pekerja rumahan hingga para pelajar. Makan makanan yang bergizi seperti oat atau bubur gandum, buah dan sayuran dapat menjadi pilihan untuk sarapan pagi. Tidak perlu juga makanan yang terlalu berat. Adapun porsi juga tidak perlu terlalu banyak. Poin yang paling penting adalah tubuh terisi energi dan cukup kenyang di perut.

Sarapan itulah yang akan membuat setiap orang akan memiliki bensin agar tubuh kuat dan sehat untuk beraktivitas. Selain itu pikiran akan lebih fokus dalam mengerjakan segala kegiatan. Inilah sebabnya mengapa sarapan pagi sebelum memulai hari memiliki hukum yang wajib.

Contoh Teks Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan dapat digunakan oleh orang atau institusi pendidikan baik lembaga atau individu. Umumnya paragraf ini berisi tentang motivasi, anjuran, himbauan maupun panduan. Salah satunya adalah guru yang mempengaruhi anak didik agar makin giat belajar. Salah satu contoh teks persuasi pendidikan adalah sebagai berikut.

Salah satu sarana pendidikan formal yang disediakan oleh pemerintah untuk warga negaranya adalah sekolah. Hanya saja pendidikan setiap anak tidak sebatas berjalan di sekolah saja. Untuk menumbuhkan bibit unggul, pendidikan akademis sudah  seharusnya diimbangi dengan pendidikan karakter untuk setiap anak. Pendidikan karakter ini bersumber dari keluarga, utamanya dari orang tua, serta lingkungan sekitar anak. Termasuk jika anak tersebut mengikuti sekolah agama seperti mengaji atau sekolah Minggu.

Pendidikan karakter saat ini semakin sering ditekankan, karena selain memiliki ilmu pengetahuan diharapkan anak juga memiliki dasar agama dan dasar moral dalam berpikir dan bertindak. Sehingga anak tidak hanya pintar dalam akademis, tapi juga memiliki karakter yang baik di tengah masyarakat. Ilmu tidak hanya sekedar pengetahuan sains, sejarah, ilmu bumi, ilmu sosial budaya dan pelajaran lain di sekolah, tapi juga perlu adanya pengetahuan agama, sopan santun dan penumbuhan psikologi positif dalam bentuk karakter yang baik.

Terlebih lagi di era globalisasi yang membuka pintu untuk berhubungan dengan siapa saja dan via media apapun, offline maupun online. Akan sangat penting bagi anak untuk memiliki dasar cara berfikir, cara bertutur dan cara bertindak yang baik. Di sinilah pendidikan karakter mengambil peran utama.

Generasi mudah yang memiliki keseimbangan akan ilmu pengetahuan dan karakter yang dapat diandalkan dapat menjadi jaminan masa depan sebuah bangsa ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itulah, mari sandingkan pendidikan karakter dan pendidikan formal dengan peran aktif dari guru, orang tuan dan anak!

Contoh Teks Persuasi Bersama Strukturnya

Beberapa teks persuasi akan memiliki uratan pada penyusunan teks. Urutan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pengenalan isu – berisi pengantar teks yang memamparkan permasalah sebagai rangkaian bahasan teks persuasi tersebut.
  • Rangkaian argumen – berupa opini dari penulis mengenai isu yang dipilih sebelumnya dengan menampilkan data dan fakta sebagai pendukung opini tersebut.
  • Pernyataan ajakan – memiliki ciri adanya kalima dorongan secara tersirat maupun tersurat agar pembaca melakuan sesuatu.
  • Penegasan kembali – memiliki tujuan untuk menguatkan pernyataan atas argumen yang telah disebutkan sebelumnya.

Di bawah ini adalah salah satu contoh teks persuasi bersama strukturnya mengenai bahaya merokok.

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat. Padahal sejatinya rokok yang berisi cacahan daun tembakau  kering ini memiliki banyak bahan kimia. Sebut saja nikotin, tar dan masih banyak lagi.

Katanya rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik. Rokok juga dapat menjadi cantu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwasanya terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, 4000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain. Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara pembakaran uang Anda.

Sayangi diri sendiri, keluarga dan orang di sekitar Anda dengan tidak merokok. Gunakan uang Anda untuk hal yang lebih bermanfaat. Mari berhenti merokok!

Contoh Teks Persuasi Singkat

Ada berbagai macam jenis teks persuasi yang dapat ditulis dengan singkat, salah satunya adalah paragraf persuasi advertensi atau pemasaran. Paragraf ini memiliki tujuan komersil yang digunakan oleh produsen untuk memperkenalkan barang ataupun jasa kepada konsumen. Sehingga tujuan utama dari teks ini adalah mempengaruhi konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Berikut ini adalah salah satu contoh teks persuasi singkat yang berjenis pemasaran.

Salah satu produk rumah yang setiap hari dipakai dan memiliki dampak langsung untuk tubuh adalah sabun mandi. Hanya saja sabun mandi ternyata memiliki efek negatif yang secara tidak langsung bereaksi pada kulit dan secara langsung juga berdampak pada lingkungan. Adanya zat kima yang berlebihan adalah penyebabnya. Zat kimia ini dapat membuat air dan tanah menjadi tercemar. Namun Anda tidak perlu khawatir karena sabun organik adalah jawabannya.

Sabun organik dapat diproduksi sendiri. Bahan-bahan sederhana di sekitar kita dapat menjadi bahan utama pembuatan sabun organik. Cara yang ditempuh pun cukup mudah, dapat menggunakan metode pemanasan dan metode cold process. Namun jika Anda memiliki aktivitas tinggi dan  sedikit waktu, Anda dapat membeli sabun organik Green Soap.

Green Soap terbuat dari bahan alami yang mengandung antioksidan dari teh hijau. Vitamin E yang terdapat dalam sabun ini dapat membantun Anda untuk proses regenerasi kulit dan menghambat penuaan dini. Sabun yang memiliki berat 100 gram ini terbuat dari green tea, essential green tea oil, essential jasmine oil, antana tea, sunflower oil, vegetabel shortening, castor oil dan saponified coconut oil yang diolah secara organik dari kebun sendiri.

Selain kandungan sabun yang organik, pengemasan sabun juga tidak menggunakan plastik yang mencemari lingkungan. Sabun dikemas dengan kertas untuk sampai di tangan Anda. Dengan harga terjangkau, Anda bisa sehat dan menyehatkan lingkungan. Beli sekarang juga dan jadilah agen perubahan untuk tubuh dan lingkungan!

Contoh Teks Persuasi Politik

Isi dari paragraf persuasi politik umumnya adalah ajakan atau pengaruh untuk masuk ke dunia politik. Umumnya teks ini digunakan oleh orang yang berkecimpung di dunia politik dan memiliki kepentingan untuk partainya atau bisa juga kepentingan negara. Di bawah ini adalah salah satu contoh teks persuasi politik yang bisa digunakan.

Salah satu hak warga negara adalah menyampaikan pendapatnya, terutama jika hak tersebut telah dikebiri oleh elit politik jajaran atas. Seperti misalnya ketika agenda nasional sidang istimewa akan berakhir menjadi forum konstitusional para elit politik untuk berbagi kekuasaan, bukan untuk mengutamakan kepentingan umum masyarakat.

Seruan untuk menyuarakan hak dengan melakukan pembangkangan oleh Dramawan Rendra, Eep Fatah serta beberapa seniman dan praktisi ekonomi ini dilakukan di Kantor Dewan Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki dalam sebuah konferensi pers. Ini adalah salah satu ungkapan keprihatinan sebagai warga negara karena arus politik dan ekonomi yang terjadi terus menerus membuat rakyat menjadi korban. Semakin menyedihkan ketika situasi ini hanya dilawan oleh aparat militer dan polisi tanpa ada dukungan dari rakyat sipil.

Gerakan yang dilakukan ini jauh dari anarkis. Oleh sebab itu perlu dibangun konsolidasi antar warga negara dengan dasar demokratis. Jadi, mari kita bersatu untuk menyuarakan ketimpangan yang dialami oleh rakyat akibat arus politik dan ekonomi yang merugikan kita semua. 

Contoh Teks Propaganda Persuasi

Salah satu bentuk contoh teks propaganda persuasi banyak ditemukan di media cetak seperti surat kabar ataupun majalah. Tujuan dari teks propaganda ini adalah agar pembaca mempercayai atau melakukan isi dari teks tersebut seperti tidak melakukan atau menjauhi sesuatu. Salah satu contoh dari teks propaganda persuasi seperti di bawah ini.

Salah satu budaya yang kerap kali dilakukan dalam masyarakat kita adalah mengonsumsi mi instan yang dicampur dengan nasi putih. Terlihat nikmat, tapi kebiasaan ini memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh si pemakan. Kombinasi antara mi instan dan nasi putih dapat membuat tubuh Anda mengalami obesitas.

Obesitas yang terjadi diakibatkan oleh zat karbohidrat sederhana yang terkandung dari dua jenis makanan tersebut membuat kenyang yang hanya bersifat sementara. Sehingga waktu sementara ini akan membuat Anda makin sering merasa lapar dan makan lebih banyak setelahnya. Pun hal ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami beberapa penyakit di kemudian hari. Di antaranya ginjal, peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Oleh sebab itu ada baiknya untuk tidak membiasakan mengonsumsi mi instan bersamaan dengan nasi putih agar Anda memiliki tubuh yang lebih sehat agar penyakit tidak mudah menghampiri.

Demikianlah beberapa contoh teks persuasi yang seringkali ditemukan. Semoga contoh dari teks tersebut dapat membantu teman-teman yang membutuhkan.