Contoh Teks Observasi

Teks Observasi

Contoh teks observasi singkat tentang tumbuhan dan hewan bersama strukturnya secara lengkap serta terbaru ada semuanya disini. Kita tentu sudah familiar dengan istilah observasi atau pengamatan. Kegiatan tersebut umumnya dilakukan di lingkungan sekolah. Namun dalam konteks lain pun pengamatan kerapkali dibutuhkan. Menurut Wikipedia, observasi merupakan suatu aktivitas suatu objek atau proses yang bertujuan merasakan dan memahami pengetahuan berdasarkan gagasan dan pengetahuan yang sudah diketahui sebelumnya.

Observasi dilakukan untuk mendapatkan aneka informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan sebuah penelitian. Observasi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari tes, kuisionar, rekaman suara, hingga gambar.

Loading...

Sedangkan teks observasi merupakan isi teks atau tulisan yang berisi penjelasan mengenai informasi dalam berbagai hal. Mulai dari tanaman, fenomena alam, hewan, fenomena sosial, hingga hasil karya manusia yang berdasarkan dengan fakta. Secara singkat, teks observasi berupa teks laporan hasil dari pengamatan yang dijabarkan secara sistematik serta objektif sesuai dengan kenyataan yang ada.

Teks observasi mendeskripsikan beragam bentuk, sifat umum, serta ciri suatu objek. Objek yang dijadikan observasi umumnya beragam. Mulai dari tumbuhan, hewan, benda, manusia, bahkan aneka peristiwa yang sudah maupun yang pernah terjadi.

Loading...

Yang perlu diperhatikan adalah, anda harus bisa membedakan teks laporan hasil observasi dengan teks laporan penelitian biasa. Sebab, kedua teks tersebut memiliki perbedaan dalam strukturnya. Agar lebih jelas, sebelum membahas dan memberikan contoh teks observasi secara lebih jauh, kenali dulu struktur teks laporan hasil observasi sebagai berikut:

  1. Adanya Pernyataan Umum atau Klasifikasi

Pernyataan umum merupakan pembuka teks. Yakni bagian yang memiliki definisi atau informasi mengenai hasil pengamatan yang sebelumnya sudah dilakukan.

  1. Paragraf Terdiri dari Aspek yang Dilaporkan

Pada bagian ini tersusun atas rincian informasi dari hasil pengamatan yang sudah dikerjakan. Detailnya, paragraf tersebut berisi mengenai urutan klasifikasi atau penggolongan. Mulai dari kelas yang paling besar sampai terkecil. Contohnya penggolongan objek yang diikuti mulai dari faktor lingkungan, perilaku, genetik, fungsi, fisik, sampai sisi kepribadian objek pengamatan.

Laporan hasil observasi juga memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis laporan penelitian lainnya. Yaitu:

  1. Objektif

Teks atau laporan observasi mesti disusun berdasarkan keadaan objek yang diamati tanpa tercampur pengaruh dari pandangan pribadi penyusun.

  1. Faktual

Laporan selain objektif juga harus faktual. Yakni disusun berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan. Tujuannya agar kebenaran laporan dapat diuji serta dipertanggungjawabkan.

  1. Sistematik

Laporan mesti disusun secara sistematik atau tersistem. Harus beraturan serta sesuai dengan standar penulisan teks laporan observasi.

  1. Memiliki Objek

Laporan observasi memerlukan objek. Objek yang bisa digunakan dalam pengamatan pun cakupannya luas. Mulai dari tumbuhan, binatang, sesama manusia, objek lain yang ada di lingkungan, bahkan luar angkasa.

Teks observasi memang bisa membantu para peneliti untuk menuliskan hasil pekerjaan yang sudah mereka amati. Selain itu beberapa fungsi lain dari teks observasi diantaranya:

  • Sumber informasi yang terpercaya dan bisa diandalkan
  • Bisa dijadikan sebagai sarana dokumentasi penelitian
  • Dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjelaskan rumusan keputusan, kebijakan, atau memecahkan masalah tertentu.
  • Sebagai laporan tanggung jawab kegiatan serta aktivitas pengamatan.

Adapun karakteristik dari teks observasi yang bisa anda ketahui adalah:

  • Memiliki hubungan multi lever antara kelas dan subkelas yang dikandungnya.
  • Tidak mengandung prasangka yang memihak si peneliti secara individu.
  • Informasi bersifat tekstual dari penelitian terbaru yang terbukti benar.
  • Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan komentar yang telah dibuat.
  • Objek yang dibahas bersifat tunggal.
  • Tulisan teks observasi lengkap dan sempurna.
  • Objektif, universal, dan global.

Contoh Teks Observasi Singkat

Setelah mengetahui bagaimana menulis kaidah teks observasi serta ciri khas teks tersebut, berikut ini contoh teks observasi singkat yang bisa anda ketahui.

Teks Observasi Mengenai Beruang Madu

Beruang madu merupakan jenis beruang paling kecil diantara delapan jenis lainnya yang ada di dunia. Tubuh beruang madu hanya berkisar 140 cm dengan bobot 50 cm. Sedangkan tinggi punggungnya sekitar 70 cm.

Bulu beruang madu cenderung pendek namun menutupi seluruh tubuh kecuali telapak kaki. Warna bulunya pun sedikit mengkilat sehingga membentuk ciri khas tersendiri. Selain itu, ciri lainnya yang bisa dikenali adalah terdapat tanda warna jingga yang ada di area bawah leher.

Beruang madu hidup di area pepohonan dan mampu bergerak hingga kecepatan 48 km per jam. Tenaga yang dimilikinya pun sangat kuat. Karena termasuk mamalia, berung madu betina pun menyusui bayi mereka pasca melahirkan.

Hewan yang sudah mulai langka ini termasuk pemakan segala. Tidak hanya mengonsumsi madu, bahan makanan lain seperti buah dan tumbuhan di kawasan hutan hujan tropis merupakan makanannya. Namun selain hasil dari tumbuhan, hewan bercakar ini juga menyukai serangga, burung, dan berbagai binatang kecil lainnya.

Namun meskipun tergolong bertenaga kuat, beruang madu termasuk binatang yang mudah diserang. Karena habitatnya rusak, eksistensi mereka pun terancam punah.

Teks Observasi Mengenai Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan proses yang membuat suhu bumi meningkat setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan oleh emisi karbon yang salah satunya berasal dari masifnya aktivitas industri. Pemanasan global terjadi karena adanya efek gas rumah kaca dalam bentuk CO2 atau karbon dioksida, karbon monoksida atau CO serta gas metana.

Gas yang menyebabkan efek rumah kaca tersebut menyebabkan sinar UV tetap berkumpul di atmosfer sehingga menyebabkan peningkatan suhu di bumi. Jika terjadi dalam jangka waktu panjang, maka peningkatan permukaan laut karena mencairnya es di dua kutub bumi akan terjadi.

Pemanasan global juga bisa disebabkan karena adanya penguraian ozon atau O3 menjadi oksigen (O2) oleh unsur O. Maka dari itu, ozon tidak mampu lagi menghilangkan sinar UV sehingga akan langsung tembus ke permukaan bumi.

Penyebab utama dari efek rumah kaca sendiri berasal dari perilaku manusia. Salah satunya dengan masifnya penebangan pohon serta konsumsi listrik yang semakin besar. Maka agar efek rumah kaca dapat dikurangi, manusia memerlukan sumber energi alternatif selain listrik dan harus mulai memikirkan menggunakan bahan pangan dan pendukung lain yang lebih ramah lingkungan.

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan

Selain mengetahui kerangka teks observasi, anda juga bisa menambahkan struktur lain dari teks tersebut. Seperti pada teks observasi tentang tumbuhan yang struktur lainnya bisa kita tambahkan sebagai berikut:

  1. Definisi Umum. Yakni pembukaan yang isinya berupa pengertian tentang sesuatu yang akan dibahas.
  2. Definisi Bagian. Yaitu bagian yang berisi ide pokok di setiap paragraf atau disebut pula sebagai penjelasan rinci.
  3. Definisi Manfaat. Merupakan bagian yang berisi penjelasan mengenai manfaat dari sesuatu yang akan dilaporkan.
  4. Penutup. Yaitu bagian di akhir teks observasi.

Pada contoh teks observasi tumbuhan kali ini, tanaman yang akan dilaporkan adalah kelapa. Contohnya sebagai berikut:

Teks Laporan Observasi Kelapa

Definisi Umum

Pohon kelapa atau Cocos nucifera merupakan tumbuhan palem dengan batang yang tingginya mencapai 3 meter lebih. Tanaman ini juga kerap disebut sebagai nyiur. Buah kelapa sendiri memiliki sabut yang menutupi seluruh bagiannya dengan tempurung keras. Di dalamnya terdapat daging buah serta air.

Kelapa merupakan sebutan untuk buah yang dihasilkan dari tanaman ini. Tanaman palem ini sudah lama dikenal sebagai tumbuhan kaya manfaat dan berguna mulai dari daun, ranting, batang, sampai akarnya. Karena kaya manfaat, tunas kelapa pun pada akhirnya dijadikan simbol resmi Pramuka di Indonesia.

Tumbuhan dengan daun berwarna hijau ini diperkirakan berasal dari kawasan pesisir Samudra Hindia dan saat ini sudah menyebar luas sampai seluruh kawasan pantai tropika di seluruh dunia.

Definisi Bagian

Tumbuhan ini terdiri atas beberapa bagian. Yaitu: buah, batang, pelepah, serta akar. Di bagian buahnya terdiri atas kulit luar, sabut kelapa, tempurung yang keras, kulit daging, daging buah kelapa, air kelapa, hingga lembaga.

Definisi Manfaat

Berdasarkan dari sejumlah penelitian, kelapa sudah lama digunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari TBC, wasir, disentri, kolera, sampai luka bernanah. Airnya yang kaya elektrolit memberikan manfaat ekstra untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi.

Buah kelapa juga bagus untuk mengatasi keracunan karena sifatnya yang mampu menetralkan racun dalam tubuh. Selain itu, hampir sebagian besar makanan tradisional Nusantara yang menggunakan kelapa sebagai bahan baku maupun bahan tambahannya.

Definisi Penutup

Selain manfaat diatas, para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa dapat berfungsi sebagai pencegah gigi berlubang. Batang pohonnya pun bermanfaat untuk membangun atap rumah dan berbagai keperluan pembangunan lainnya. Sedangkan daunnya yang masih muda pun begitu bermanfaat sebagai bahan pembungkus ketupat. Tentu saja manfaat kelapa masih banyak lagi sehingga tidak diragukan lagi kegunaan dari tanaman tropis ini.

Contoh Teks Observasi Tentang Hewan

Objek untuk membuat teks observasi memang cakupannya sangat luas. Yang paling sering adalah teks observasi tentang hewan. Sebelum menyusun teks observasi, ingat terlebih dahulu struktur penyusun dari laporan hasil observasi. Yaitu:

  1. Pernyataan umum

Yaitu pernyataan yang mengandung keterangan umum mengenai subjek yang hendak dilaporkan. Pernyataan umum biasanya mengandung beberapa informasi umum objek penelitian.

  1. Deskripsi bagian

Berisi rincian berbagai hal yang akan dilaporkan. Apabila hendak menulis teks observasi binatang, maka ciri fisik binatang, makanan, habitat dan perilaku dapat anda masukkan.

  1. Simpulan

Bagian kesimpulan umumnya mengandung ringkasan umum mengenai hal yang akan dilaporkan.

Berikut ini contoh lebih jelasnya untuk contoh teks observasi mengenai hewan.

Pernyataan Umum:

Kucing masuk ke dalam jenis hewan mamalia dari keluarga felidae. Binatang dengan kumis dan cakar ini juga tergolong sebagai karnivora atau hewan pemakan daging. Pengolompokan kucing terbagi menjadi dua jenis. Yakni kucing besar dan kucing rumahan. Contoh kucing besar adalah singa, cheetah, harimau, dll.

Sedangkan kucing rumahan lebih populer sebagai hewan peliharaan yang tergolong lagi menjadi beberapa jenis ras.

Anggota yang Dilaporkan

Kucing rumahan memang lebih kecil ukurannya dari kucing besar yang umumnya hidup di hutan. Berat hewan peliharaan ini bisa mencapai 16 kg dengan panjang 60 cm serta tinggi 45 cm. Taring dan cakarnya yang runcing biasanya ditarik dan dikeluarkan sesuai kebutuhan. Kucing juga termasuk ke dalam hewan yang memiliki penglihatan bagus.

Kucing rumahan juga termasuk hewan penyendiri dengan daerah teritoalnya masing-masing. Maka jika ada kucing lain masuk, sudah pasti akan ada perkelahian singkat. Tanda kucing yang sedang waspada dan berkelahi selain bersuara adalah dengan menegakkan bulu serta melengkungkan tubuhnya agar terlihat lebih besar.

Umumnya serangan kucing berupa tamparan, gigitan, serta cakaran. Kucing jantan yang aktif biasanya akan sering terlibat perkelahian dengan jantan lainnya. Kucing dianggap sebagai hewan tidak berbahaya karena ukuran tubuhnya yang kecil. Namun tetap memiliki kemungkinan bahwa hewan ini dapat menularkan penyakit.

Penyakit yang ditularkan karena kucing diantaranya rabies serta gangguan pernafasan karena paparan bulunya.

Simpulan

Jadi kucing rumahan merupakan hewan teritorial yang akan mempertahankan wilayah kekuasannya. Meskipun tidak berbahaya, namun kucing peliharaan tetap harus rutin vaksin dan perawatan.

Contoh Teks Observasi Bersama Strukturnya

Dari contoh teks observasi diatas, dapat disimpulkan bahwa struktur teks nya bisa dibedakan menjadi dua macam.

  1. Struktur 1
  • Aspek yang dilaporkan merupakan hasil dari diskusi mengenai objek yang akan diamati
  • Deklarasi umum atau klasifikasi merupakan pengantar atau pembukaan terhadap hal yang akan dilaporkan.
  1. Struktur 2
  • Definisi manfaat merupakan bagian yang menjelaskan manfaat dari objek yang dilaporkan.
  • Definisi bagian merupakan bab berisi gagasan utama tiap paragraf atau yang berisi penjelasan terperinci.
  • Definisi umum. Yakni pembukaan yang berisi pemahaman mengenai sesuatu yang sedang dibahas.
  • Yaitu bagian terakhir dari teks observasi.

Berikut ini adalah contoh teks observasi lengkap beserta strukturnya.

Informasi Bisnis Skala Kecil Nasi Goreng Ali Nurdin

Latar Belakang

Saat ini, usaha kecil dan menengah tengah berkembang dan menciptakan pasar ekonominya tersendiri. Banyak jenis usaha kecil yang saat ini tengah memperebutkan pasar. Oleh karena itu, wirausahawan termotivasi melakukan berbagai macam strategi agar bisnis mereka tidak terkucilkan.

Perusahaan kecil menengah berperan mengurangi pengangguran di Indonesia. Contohnya usaha kecil kuliner. Bisnis kuliner meskipun dalam skala kecil begitu mudah masuk ke pasar. Sebab, makanan merupakan kebutuhan pokok yang akan terus dicari masyarakat. Salah satu jenis makanan yang sering dicari masyarakat Indonesia adalah Nasi Goreng.

Deskripsi Hasil Pengamatan

Jenis Kegiatan: Kuliner

Nama Pemilik Usaha: Ali Nurdin

Alamat Usaha/Komersial: Jalan Abimanyu No.99, Cilacap Utara.

Kegiatan: Persiapan nasi goreng dengan aneka topping. Seperti sosis, ikan asin, daging ayam, dan daging kambing. Nasi goreng Ali Nurdin begitu diminati pasaran karena selain rasanya enak, porsinya pun lebih banyak dibandingkan nasi goreng lain. Warung nasi goreng Ali Nurdin memiliki jam operasional mulai pukul 19.00 sampai 03.00 dini hari. Namun jika sebelum pukul 3 dini hari sudah habis, maka warung akan tutup lebih awal.

Informasi Keuangan

Satu porsi nasi goreng dibandrol mulai Rp 15.000 sampai Rp 18.000

Penghasilan bruto per harinya: Rp 750.000

Laba bersih tiap hari: Rp 350.000

Kesimpulan

Memulai bisnis di sektor kuliner langkah yang ditempuh sebenarnya cukup mudah. Yang paling penting adalah usaha dan niat kuat. Selain menjaga kualitas rasa, satu hal yang perlu disiasati adalah inovasi dengan aneka pilihan topping terbaru. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak merasa bosan. Jika konsument tidak mudah bosan, tentu saja jumlah pelanggan loyal akan terus bertambah dan membuat omset semakin meningkat.

Itu dia beberapa penjelasan serta contoh dari teks observasi. Karena objek observasi cakupannya luas, tentu anda bisa mengembangkan topik atau tema pembahasan secara lebih beragam lagi. Semoga bermanfaat.