Contoh Teks LHO

Teks LHO

Mengapa contoh teks LHO sangat dibutuhkan untuk menambah kemampuan penulisan? Sebelum mengetahui alasannya, perlu dipahami dulu beberapa hal penting tentang LHO. LHO merupakan kepanjangan dari Laporan Hasil Observasi.

Jadi teks LHO adalah suatu teks yang berisikan tentang laporan hasil suatu observasi yang berkaitan dengan makhluk hidup, alam, hasil karya atau bahkan berbagai macam fenomena dengan struktur tertentu. Melalui contoh teks LHO, Anda akan mengetahui dengan jelas bagaimana struktur teks LHO ini.

Teks LHO juga dapat diartikan sebagai teks klasifikasi. Hal ini dikarenakan dalam teks LHO terdapat klasifikasi yang sesuai dengan jenis kriteria tertentu. Proses penyusunan teks LHO harus sesuai dengan hasil pengamatan atau penelitian. Aturan yang berlaku untuk teks LHO harus diterapkan agar isi dapat dipahami oleh pembaca dengan lebih mudah.

Contoh Teks LHO

Melalui contoh teks LHO, Anda bisa memahami bahwa kaidah kebahasaan yang dipakai teks LHO adalah memakai frasa nomina, verba relasional, verba aktif, kata penghubung, paragraf dengan kalimat utama dan memakai kata keilmuan/ ilmiah. Kata keilmuwan atau disebut juga kata teknis merupakan salah satu jenis kata kerja dengan arti khusus mengenai suatu bidang. Kata keilmuan yang ada dalam teks LHO seperti predasi, phobia, hibernasi, herbivora dan lain-lain.

Di setiap contoh teks LHO, ada ciri-ciri yang tidak boleh Anda lewati. Teks LHO mempunyai beberapa ciri-ciri, yaitu:

  • Sesuai fakta yang ada.
  • Bersifat objektif atau universal.
  • Membahas objek tunggal.
  • Penelitian/ pengamatan benar adanya.
  • Tidak terdapat adanya dugaan atau perkiraan.

Jika melihat contoh teks LHO, Anda akan menemukan keunikan masing-masing bagian teks. Ada yang menggambarkan bentuk dan ciri-ciri atau sifat. Hasil dari teks LHO mempunyai sifat faktual karena pembuatannya didasarkan pada fakta yang ada. Dengan mempelajari contoh teks LHO, Anda akan mengetahui ciri khas ini.

Melihat contoh teks LHO, Anda akan menemukan beberapa struktur, yaitu:

  1. Pernyataan umum (klasifikasi)

Struktur ini berupa pengantar tentang hal yang akan dilaporkan dalam teks.

  1. Anggota/ aspek

Struktur ini berisikan tentang pembahasan objek yang sudah diamati.

Selain itu, ada pula struktur lain yang biasa diterapkan dalam teks LHO, yaitu:

  1. Definisi umum

Struktur ini berisi tentang pengertian dari objek yang dibahas dalam teks.

  1. Definisi bagian

Berisi tentang gagasan pokok/ penjelasan lebih rinci dari tiap paragraf yang ada.

  1. Definisi manfaat

Berisi tentang manfaat yang dimiliki oleh objek yang dilaporkan.

  1. Penutup

Berisi tentang bagian rincian/ laporan singkat akhir dari teks.

Untuk dapat lebih memahami teks LHO, perhatikan contoh teks LHO berikut ini.

Pohon Pisang

Pohon pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang batangnya lunak dan tidak berkayu. Pohon pisang umumnya bisa tumbuh hingga 2 meter atau lebih. Pohon pisang mempunyai banyak jenis yang berbeda-beda. Setiap jenisnya mempunyai ciri khas masing-masing. Buah pisang termasuk buah yang tertutup dengan kulit yang lunak. Rasanya manis saat sudah waktunya matang.

Pohon pisang mempunyai jenis daun yang lebar dan memanjang. Buahnya tersusun menjari atau biasa disebut sisir. Pisang adalah tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia karena dapat tumbuh di kondisi tanah yang bermacam-macam. Namun pisang yang tumbuh di kawasan pegunungan, tumbuh lebih subur daripada pisang yang tumbuh di area perkotaan.

Tanaman pisang terdiri beberapa bagian yaitu akar, batang, daun, buah dan bunga. Buahnya terdiri dari kulit luar yang lunak. Warnanya masih hijau saat muda dan menjadi kuning saat buah sudah matang. Akar pohon pisang sangatlah kuat jika sudah menancap ke dalam tanah. Seluruh bagian pohonnya tidak sulit untuk dipotong karena tidak berkayu dan juga lembab.

Pohon pisang banyak manfaatnya. Batang pohonnya bisa dipakai untuk menancapkan wayang saat pementasan karena strukturnya yang lunak. Bunganya atau yang sering disebut sebagai jantung pisang bisa diolah menjadi sajian yang lezat. Selain itu, bunga pisang juga bisa dijadikan bahan pakan hewan ternak kambing.

Buah pisang juga memiliki banyak kegunaan. Buahnya dapat dimakan langsung atau dimasak menjadi suatu olahan tertentu. Kukus pisang banyak ditemui dalam sajian makanan masyarakat Indonesia. Ada pula kolak pisang, es pisang, bubur pisang dan sebagainya. Buah pisang banyak diolah karena merupakan sumber kalium dan vitamin yang banyak. Karena itulah buah pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat.

Selain buahnya, daun pisang juga memiliki banyak manfaat. Daun pisang dipakai untuk pembuatan berbagai makanan dan keperluan lainnya. Selain itu, daun pisang juga bisa digunakan sebagai pakan ternak. Di samping itu, ada pula jenis pohon pisang yang tidak bisa dikonsumsi antara lain pisang hias, pisang abaka dan pisang kipas.

Jika dilihat secara medis pisang merupakan salah satu buah yang bermanfaat untuk membuat berbagai macam obat-obatan karena banyaknya kandungan penting yang dimilikinya. Racikan pisang dapat dipakai sebagai penyembuh penyakit tertentu. Cara pengolahan pisang pun tidaklah sulit. Banyaknya manfaat yang dibawa oleh pisang membuat sebagian besar masyarakat sangat menyukai pisang. Pisang sangat cocok dinikmati semua kalangan karena tersedia dengan harga yang terjangkau.

Contoh Teks LHO Singkat

Yang dimaksud dengan teks LHO singkat adalah teks hasil laporan observasi dalam bentuk yang singkat, padat dan jelas. Teks laporan ini biasanya menggambarkan apa yang sudah berhasil diamati dalam susunan yang tidak terlalu panjang. Bentuk teks LHO yang singkat ini dapat mempermudah dan mempersingkat waktu dalam memahami suatu hasil observasi.

Lalu seperti apa teks LHO singkat itu? Berikut salah satu contoh teks LHO singkat.

Berikut adalah contoh lainnya:

Banjir Kali Ciliwung

Lingkungan adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari manusia. Keberadaannya di sekitar manusia membuatnya menjadi penopang kehidupan dan sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari. Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan yang berasal dari ruang, benda dan makhluk hidup, termasuk manusia yang saling terhubung satu sama lain di dalamnya. Karena itu lingkungan harus dijaga dengan baik dan benar, agar keberlangsungan hidup setiap makhluk hidup bisa berjalan seperti seharusnya.

Lingkungan hidup terdiri dari 2 ekosistem, yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Mengingat bumi dua pertiga bagiannya adalah air dan 70% kandungan dalam tubuh manusia juga adalah air, maka tak salah jika ekosistem air adalah yang ekosistem yang paling berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Karena itulah ekosistem air yang ada di lingkungan sangat penting untuk diperhatikan.

Ciliwung merupakan salah satu sungai yang selalu menyebabkan banjir setiap tahun. Sungai ini mengalir melalui wilayah DKI Jakarta, Bogor dan Depok. Dengan panjang aliran utama 120 km, sungai ini menjadi sungai yang berperan penting pada daerah sekitarnya. Namun ternyata sungai ini selalu mengalami kenaikan debit air ketika curah hujan tinggi. Tak jarang pula sungai ini menyebabkan banjir.

Menurut hasil pengamatan, banjir di Sungai Ciliwung disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor manusia dan faktor alam. Faktor manusia ini berasal dari semakin meningkatnya jumlah penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Ciliwung namun tidak diiringi dengan kesadaran bahaya membuang sampah di sungai. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan penumpukan sampah yang menggunung sehingga menyebabkan banjir.

Sedangkan faktor alam adalah rusaknya ekosistem di sepanjang kali ciliwung. Normalisasi yang sudah dilakukan oleh Pemerintah DKI hanya menyasar beberapa wilayah sehingga hasilnya belum maksimal. Ekosistem yang rusak ini menyebabkan banjir yang meresahkan masyarakat sekitar.

Untuk mengatasi masalah banjir Sungai Ciliwung yang bisa dilakukan pertama kali adalah menyadarkan masyarakat sekitar tentang kebersihan lingkungan. Pola hidup yang suka membuang sampah di sungai akan merugikan diri sendiri pada akhirnya.

Contoh Teks LHO Tentang Hewan

Struktur teks LHO tentang tidak ada bedanya dengan struktur teks LHO pada umumnya. Yang membedakan hanyalah isinya berupa laporan mengenai suatu hewan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak contoh teks LHO tentang hewan berikut ini.

Berikut adalah contoh lainnya:

Kucing

Kucing mempunyai nama ilmiah Felis silvestris catus atau Felis catus. Kucing merupakan jenis hewan mamalia karnivora yang berasal dari dari family Felidae. Kata “kucing” merujuk pada hewan kucing yang telah dijinakkan atau telah melalui proses domestikasi dan hidup berdampingan dengan manusia. Hal itu dikarenakan masih ada kucing besar seperti cheetah, singa dan harimau.

Felis catus atau kucing domestik termasuk bagian dari genus felis yang terdiri dari 7 spesies dalam kelompok kucing kecil. Kucing menjadi hewan peliharaan paling populer dan banyak dicintai manusia.

Kucing mempunyai gigi dan pencernaan yang menarik sehingga membuat hewan ini menjadi karnivora yang begitu sempurna. Gigi premolar yang dimiliki kucing membentuk sepasang taring tajam yang bekerja dengan lebih efektif untuk merobek daging.  Kucing domestik yang berbadan kecil kebanyakan tidak menimbulkan bahaya bagi manusia. Bahaya yang mungkin ditimbulkan hanyalah terjadinya infeksi karena gigitan atau cakarannya.

Kucing domestik atau kucing rumahan biasanya dapat mencapai ukuran panjang 60 cm dan tinggi 45 cm serta beratnya bisa mencapai 15 kg. Semua ini tergantung dari jenis kucing yang dipelihara. Dengan penglihatan yang tajam, kucing jenis ini termasuk hewan penyendiri yang mempunyai daerah sendiri. Hal ini menyebabkan sering terjadi perkelahian jika ada kucing asing yang tiba-tiba datang ke daerahnya.

Kucing berukuran besar tinggal di hutan belantara. Sebut saja harimau, singa, cheetah dan sebagainya merupakan hewan jenis kucing yang berperan besar dalam memelihara keutuhan ekosistem. Keberadaaan kucing besar sebagai karnivora ini dapat mengontrol populasi yang ada di alam. Sedangkan kucing yang dijadikan hewan peliharaan akan memberikan rasa tentram kepada setiap pemiliknya.

Contoh Teks LHO dan Strukturnya

Sudah diketahui bahwa teks LHO mempunyai susunan struktur tertentu. Anda bisa memahami bagaimana strukturnya dengan mudah melalui contoh teks LHO yang sudah dipelajari. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan contoh teks LHO dan strukturnya. Perhatikan dengan benar contoh teks LHO yang lengkap dengan strukturnya berikut ini.

Bunga Anggrek Bulan

Definisi Umum

Bunga Anggrek Bulan yang memiliki nama ilmiah Phalaenopsis amabilis merupakan tanaman yang termasuk dalam salah satu suku tumbuhan dengan bunga paling banyak. Bunga Anggrek Bulan berasal dari genus Phalaenopsis. Bunga yang termasuk epifit ini telah ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia yang keindahannya sudah sangat populer di berbagai kalangan.

Definisi Bagian

Bunga Anggrek Bulan termasuk ke dalam jenis Anggrek Orchidaceae. Jenis ini mempunyai ciri khas mempunyai kelopak bunga yang lebar dilengkapi dengan warna yang menarik. Bunga ini berasal dari daerah Asia Tenggara yang pertama kali ditemukan di daerah Maluku. Anggrek bulan yang  indah ini bisa ditemukan di seluruh dunia kecuali Benua Antartika.

Definisi Manfaat

Bunga Anggrek Bulan banyak ditanam sebagai tanaman hias. Setiap orang akan merasakan manfaat dari bunga ini karena keindahan yang dimilikinya. Mata yang memandang pasti akan merasa sejuk karena warna menarik yang bermekaran. Bunga ini lebih mudah dirawat dibandingkan dengan jenis bunga lain. Tumbuhan Anggrek Bulan dapat tumbuh hanya dengan digantungkan.

Definisi Penutup

Untuk membudidayakan tanaman Bunga Anggrek Bulan, tidak diperlukan cara khusus. Cukup dengan menyetek atau menyebarkan biji, maka tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya. Media yang dapat digunakan untuk menanam Anggrek Bulan dapat berupa serabut kelapa, arang kayu, batu bata atau potongan batang pohon.

Contoh Teks LHO Sekolah

Teks LHO sekolah merupakan hasil laporan observasi mengenai keadaan suatu sekolah tertentu. Jenis teks LHO ini banyak ditemukan untuk berbagai kepentingan di bidang pendidikan. Agar lebih jelas, perhatikan contoh teks LHO sekolah berikut ini.

SMKN 7 Kota Surakarta

SMKN 7 Kota Surakarta merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Kelurahan Tawang, Kecamatan Mojosongo, Kota Surakarta. Sekolah terbesar di Surakarta ini memiliki 10 jurusan yaitu, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Otomotif (OT), Mesin, Listrik, Gambar Bangunan (GB), Cooking/ Kuliner, Tata Busana, Tata Rias, Broadcast (BC), dan Audio Video (AV).

Semua jurusan dilambangkan dengan warna yang berbeda di lencana pundak seragam para siswanya. Merah untuk TKJ, biru dongker untuk OT, biru muda untuk mesin, kuning untuk listrik, coklat untuk GB, krem untuk kuliner, ungu untuk tata busana, pink untuk tata rias, hijau untuk BC, dan orange untuk AV.

Jumlah siswa laki-laki sebanyak 60% dan perempuan sebanyak 40%. Sistem belajar di SMKN 7 Surakarta adalah teori dengan persentase 65% dan praktek sebanyak 35%. Teori yang dipakai sekolah ini terdiri dari pelajaran umum seperti matematika, bahasa inggris, IPS, IPA dan agama. Sedangkan untuk kegiatan praktek disesuaikan dengan masing-masing jurusan.

Seluruh siswa yang memasuki semester akhir kelas XI atau semester awal kelas XII wajib mengikuti program Prakerin (Praktek Kerja Industri) di berbagai perusahaan sesuai dengan keinginan siswa. Lingkungan yang ada di SMKN 7 Surakarta ini terdiri dari lingkungan biotik (benda hidup) dan lingkungan abiotik (benda tak hidup).

Lingkungan abiotik di SMKN 7 Surakarta berupa gedung sekolah yang besar. Gedung ini terdiri dari ruang kelas, ruang guru, ruang TU, ruang BK, perpustakaan, masjid, aula, koperasi, pos satpam, kantin dan kamar mandi. Area praktik siswa tersedia dalam bentuk bengkel otomotif, bengkel mesin, bengkel listrik, bengkel elektronik, dapur, ruang jahit/ desain, ruang rias, studio broadcasting, lab komputer, dan lab gambar.

Ada banyak peralatan yang dimiliki sekolah ini. Peralatan sekolah yang dimiliki antara lain kursi, meja, lemari, papan tulis, spidol, dan LCD proyektor. Peralatan olahraga terdiri dari berbagai jenis bola, jaring bola voli, pemukul, jaring tenis meja, meja tenis dan sebagainya. Selain itu, ada beberapa lapangan yang terdapat di sekolah ini. diantaranya adalah lapangan upacara, sepak bola, futsal, basket, badminton, dan voli.

Lingkungan hidup atau biotik yang ada di SMKN 7 Surakarta terdiri dari pepohonan besar yang rindang seperti mahoni, nangka dan mangga. Ada pula tanaman hias yang ditanam di sepanjang gerbang sekolah. Taman sekolah berisi kolam dengan berbagai jenis ikan dan berbagai tanaman obat/ apotek hidup.

Itulah beberapa contoh dari teks laporan hasio observasi. Apakah Anda jadi semakin memahami kekayaan jenis teks dan ciri-cirinya? Jika ya, maka jangan lupa untuk berbagi informasi ini pada rekan-rekan Anda.