Contoh Teks Editorial

Teks Editorial

Contoh teks editorial yang singkat dan terbaru bersama strukturnya di koran tentang politik, kesehatan, pendidikan, lingkungan, sosial, dan sampah. Membuat contoh teks editorial bukan hal yang sulit jika telah mengetahui langkah-langkahnya. Tentu saja hal pertama yang perlu dipahami yaitu bahwa teks editorial sebenarnya sama halnya dengan teks opini. Teks ini dibuat supaya orang yang membacanya dapat memiliki pandangan terhadap hal yang dituliskan. Beberapa teks menyajikan fakta, sementara beberapa teks menyajikan isu terkini yang sedang beredar. Supaya dapat memahami lebih jelas mengenai bentuk teks tersebut, berikut di bawah ini beberapa contoh teks editorial yang dapat dipelajari.

Contoh Teks Editorial di Koran

Minimnya Distribusi Listrik Di Wilayah Papua

Banyak yang tidak mengira bahwa masih ada beberapa bagian terpencil di Indonesia yang masih belum mendapat pasokan listrik. Sebut saja daerah-daerah di wilayah Papua terutama di pedalaman terpencil. Hal ini tentu sebaiknya menjadi perhatian pemerintah pusat. Supaya dapat sesegera mungkin meratakan distribusi listrik pada area yang membutuhkan.

Banyak desa dan wilayah di ujung Papua masih belum dapat memanfaatkan listrik bagi kehidupan mereka sehari-hari. Di saat seluruh kota di Pulau Jawa sudah terang benderang dan melek informasi, di wilayah Papua masih banyak desa tertinggal yang belum dapat menikmati listrik. Sehari-hari mereka memanfaatkan lampu minyak untuk aktivitas di malam hari. Sering kali tidak banyak informasi yang dapat mereka ikuti karena keterbatasan pasokan listrik tersebut.

Tentu saja pihak PLN Papua sudah berusaha untuk memastikan pasokan listrik dapat terus ditingkatkan di wilayah tersebut. Namun tentunya dibutuhkan peran serta pemerintah dalam mendukung masuknya listrik ke wilayah terpencil. Sehingga dengan demikian penerimaan listrik di seluruh wilayah di Indonesia dapat lebih merata.

Contoh Teks Editorial Tentang Politik

Staf Khusus Presiden Dinilai Hanya Bermuatan Politik

Baru-baru ini muncul berita tentang pembentukan tujuh staff khusus milenial oleh Presiden Jokowi. Sebagian besar menanggapi positif tentang hal tersebut, namun sebagian lagi menilai hal ini hanya membuang-buang anggaran negara. Terutama adanya polemik bahwa anggota staff khusus dipilih berdasarkan isu politik saja.

Sejumlah besar anggota staff khusus milenial memang diambil dari para pengusaha muda yang masih belia. Namun sejumlah nama di dalamnya merupakan putra dan putri tokoh politik di Indonesia yang erat hubungannya dengan presiden. Sehingga masyarakat menilai banyak muatan politik dalam pembentukan staff khusus tersebut. Apalagi gaji yang diterima oleh staff khusus tidak dapat dibilang sedikit.

Tentu saja kontroversi muatan politik ini harus menjadi perhatian presiden. Tujuan awal pembentukan staff khusus memang dinilai cukup baik. Tetapi salah langkah dalam menentukan anggotanya bisa menjadi pukulan telak bagi pemerintahan Jokowi di masa ini. Sehingga sebaiknya evaluasi terus dilakukan untuk memastikan tidak ada unsur politik di dalam pembentukan hal tersebut.

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan

Peningkatan Resiko Diabetes Pada Masyarakat

Saat ini makin banyak penderita penyakit diabetes di Indonesia. Pada awalnya penyakit ini banyak terjadi di negara maju, namun rupanya lambat laun di Indonesia hal tersebut juga tidak dapat dihindarkan. Adapun dalam artikel berikut ini, Anda akan melihat lebih jelas apa saja faktor penyebab peningkatan resiko penyakit diabetes pada masyarakat Indonesia.

Penyakit diabetes sebenarnya tidak lepas dari peranan menjamurnya makanan cepat saji di Indonesia. Sehingga bisa dikatakan bahwa salah satu penyebab tingginya angka penderita diabetes di Indonesia yaitu karena peningkatan ekonomi yang tengah berkembang di negara ini. Sebagian besar penduduk dengan tingkat ekonomi menengah ke atas sedang terlena dengan adanya produk makanan cepat saji terbaru. Sehingga tanpa sadar hal ini menimbulkan peningkatan konsumsi karbo yang tinggi dan lambat laun meningkatkan potensi penyakit tersebut.

Tentu saja dalam hal ini tidak banyak yang dapat dilakukan kecuali pengaturan pola hidup personal. Di sisi bisnis kemunculan restoran cepat saji tentu membantu mengurangi jumlah pengangguran. Tetapi di sisi lain belum tentu sehat bagi masyarakat. Oleh sebab itu ada baiknya bersikap bijaksana dalam menentukan asupan jenis makanan tersebut. Sehingga peningkatan resiko diabetes pada masyarakat Indonesia juga dapat ditekan dengan sendirinya.

Contoh Teks Editorial Singkat

Pelaksanaan Ganjil Genap Di Jakarta

Tingginya jumlah kendaraan yang masuk ke kota Jakarta setiap harinya memaksa pemerintah daerah setempat menerapkan aturan ganjil genap. Bagi sejumlah kalangan hal ini masih saja tidak terbukti efektif. Karena kemacetan masih terus mengular di jam kerja.

Kemacetan memang sering kali menjadi momok bagi kota Jakarta. Sehingga untuk menekan hal tersebut, pelaksanaan ganjil genap di jam tertentu diberlakukan. Namun sayangnya implementasi ini tidak mengurangi jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta. Masih banyak kendaraan memutar otak menghindari kawasan ganjil genap tersebut. Sehingga banyak area lain yang awalnya tidak mengalami kemacetan justru beralih menjadi padat.

Tentunya pelaksanaan ganjil genap ini membutuhkan evaluasi lanjut oleh pemerintah. Termasuk pengawasan yang lebih optimal. Misalnya dengan mengawasi plat nomor yang masuk ke Jakarta di titik-titik perbatasan penting. Sehingga pada akhirnya tujuan pelaksanaan ganjil genap dapat tercapai secara maksimal dalam mengurangi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

Contoh Teks Editorial Bersama Strukturnya

Tingginya Tarif Tol di Pulau Jawa

Pemerintah baru-baru ini meresmikan sejumlah tol baru di Pulau Jawa. Mulai dari Jakarta hingga Cikampek, lanjut menuju Palimanan, Solo, Surabaya dan Banyuwangi. Tentu saja hal ini disambut baik oleh sebagian besar masyarakat. Tetapi di balik hal tersebut, ternyata tarif tol yang diterapkan dianggap cukup mahal untuk sejumlah kalangan.

Salah satu contoh tarif tol yang dirasa mahal yaitu dari Ngawi hingga Kertosono dikenakan tarif Rp. 88.000,00. Tentu saja bagi sejumlah masyarakat di area tersebut tarif tersebut cukup mahal. Tingkat pendapatan yang rendah di wilayah Ngawi – Kertosono akhirnya memaksa sejumlah pengguna jalan lebih memilih tidak menggunakan tol. Akhirnya jalan tol Ngawi – Kertosono terkesan sangat sepi.

Tentu saja tarif tol yang tinggi ini sebaiknya menjadi wacana lebih lanjut oleh pemerintah. Tujuan awal pendirian jalan tol adalah mempermudah lalu lintas dan menghindari kemacetan. Dengan tariff tinggi yang diterapkan, tentu saja hal ini berakibat tidak tercapai tujuan tersebut. Sehingga bisa jadi justru merugikan pengelola jalan tol dan memaksa tol tidak beroperasi secara optimal.

Contoh Teks Editorial Terbaru

Kendala Pelaksanaan PSBB Tangerang Selatan

Saat ini Walikota Tangerang Selatan telah menegaskan perpanjangan PSBB akibat pandemic COVID 19 hingga pertengahan Juni 2020. Tentu saja hal ini pada pelaksanaannya masih menuai sejumlah kendala. Seperti yang diketahui bahwa salah satu peraturan dalam PSBB yaitu banyak perusahaan semestinya berhenti beroperasi kecuali pada bidang tertentu. Namun pada implikasinya masih banyak perusahaan nakal yang tidak mengindahkan himbauan tersebut.

Sampai saat ini ditemukan bahwa sejumlah perusahaan di Tangerang Selatan masih tetap beroperasi penuh. Meski pemerintah telah menghimbau bahwa perusahaan sebaiknya mempekerjakan karyawan dari rumah selama masa PSBB berlaku. Akan tetapi hal ini menyulitkan beberapa perusahaan untuk melakukan hal tersebut. Seperti misalnya perusahaan tanpa sistem IT yang baik dan masih serba manual. Banyak yang tidak siap jika harus mengganti sistem bekerja di kantor dengan sistem bekerja di rumah. Efek lain dari hal ini tentu kerugian dari sisi pemilik usaha.

Tentunya kendala pelaksanaan PSBB Tangerang Selatan ini wajib menjadi perhatian bagi pemerintah daerah. Sehingga saat peraturan dikeluarkan, banyak pengusaha yang dapat melaksanakan hal tersebut. Dengan campur tangan pemerintah dalam hal ini, sedikit banyak penegakan PSBB Tangerang Selatan akan mengarah pada keberhasilan penurunan angka kematian akibat COVID 19.

Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan

Kontroversi Belajar Online Selama Pandemi COVID 19

Saat ini akibat terjadinya pandemic COVID 19, banyak sekolah memutuskan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Hal ini terkait dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia yang menyarakan supaya melaksanakan sistem belajar secara online untuk mencegah penularan di sekolah. Sepintas tampaknya hal ini terlihat mudah, namun ternyata tidak semudah saat belajar di sekolah. Banyak isu dan masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar yang dilaksanakan secara online.

Sekolah online saat ini menuai banyak kontroversi di kalangan orang tua. Pasalnya hal ini memaksa semua orang tua untuk menyediakan sarana online yang memadai. Termasuk kuota internet yang cukup serta gadget yang sesuai. Tentu saja tidak semua kalangan sanggup melaksanakan hal tersebut. Belum lagi tingkat disiplin anak yang menurun saat belajar di rumah. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian dinas pendidikan setempat. Misalnya melalui penyediaan kuota internet belajar secara gratis, yang sedikit banyak membantu meringankan beban orang tua untuk membayar tagihan internet yang membengkak.

Melalui bantuan dari pemerintah terkait, paling tidak masalah yang terjadi dengan keputusan belajar online ini dapat diredam. Jika tidak tentu saja akan tetap banyak orang tua yang kurang setuju jika belajar online diperpanjang hingga akhir tahun. Terutama bagi yang terdampak secara ekonomi dan tidak memiliki cukup sarana dan prasarana untuk pelaksanaan belajar online tersebut.

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Potensi Bencana Alam Akibat Kerusakan Lingkungan

Banyak kota besar di Indonesia akhir-akhir ini sering mengalami musibah banjir. Bencana alam yang awalnya lebih banyak terjadi karena siklus alam, akhir-akhir ini tidak lagi demikian. Faktor manusia juga menjadi penyebab tingginya frekuensi banjir di perkotaan.

Banyak masyarakat perkotaan yang saat ini kurang tertib dalam hal menjaga lingkungan. Misalnya membuang sampah ke sungai maupun mengurangi lahan hijau. Sebagian besar lahan hijau berubah fungsi menjadi perumahan dan bahkan pertokoan. Sehingga pada akhirnya tidak terdapat tanah serapan yang cukup untuk air hujan. Hal ini memicu timbulnya banjir saat musim hujan tiba.

Tentunya resiko banjir ini selayaknya mendapat perhatian penting dari pemerintah bersama dengan masyarakat. Sebaiknya maksimalkan regulasi jumlah lahan hijau terbuka di perkotaan. Masyarakat sendiri ada baiknya bekerja sama. Misalnya dengan menghentikan pembuangan sampah ke sungai dan menggantinya dengan pembuangan sampah ke TPS yang ditentukan. Sehingga dengan demikian resiko banjir besar dapat dihindari di saat musim hujan mulai datang.

Contoh Teks Editorial Dan Strukturnya

Penyesuaian Harga BBM Di Indonesia

Beberapa tahun terakhir harga minyak dunia menurun tajam. Namun, sayangnya hal ini tidak juga diikuti oleh penurunan harga BBM di Indonesia. Padahal banyak masyarakat yang berharap dengan menurunnya harga minyak mentah, maka harga bensin di Indonesia dapat menjadi lebih ekonomis juga.

Tentu saja kenyataan ini mendapat sejumlah alasan dari pemerintah. Faktanya harga BBM di Indonesia tidak hanya dipengaruhi oleh harga minyak mentah saja. Ada faktor lain yang juga kompleks. Termasuk harga tukar rupiah terhadap dollar yang masih cukup tinggi, serta biaya pengolahan minyak menjadi BBM yang juga masih mahal. Sehingga wacana menurunkan harga BBM merupakan hal yang masih sulit dilakukan.

Dengan kondisi tersebut, maka penurunan harga BBM di Indonesia tentu masih melalui proses yang cukup panjang. Jadi kesimpulannya masyarakat tidak dapat berharap sepenuhnya harga BBM akan juga menurun tajam seiring penurunan harga minyak mentah. Selama nilai tukar rupiah terhadap dollar masih cukup tinggi, tentu hal tersebut akan sulit untuk terlaksana.

Contoh Teks Editorial Disertasi Analisisnya

Penggunaan CBT Pada Ujian Nasional

Saat ini hampir seluruh pelaksanaan Ujian Nasional di Indonesia menggunakan teknologi CBT. Yaitu Computer Based Test. Dimana siswa melaksanakan ujian dengan bantuan komputer. Tidak seperti dulu dimana ujian dilakukan di atas kertas atau dikenal dengan Paper Based Test. Penggunaan CBT ini dinilai lebih bermanfaat bagi dinas pendidikan di Indonesia, meski sejumlah orang masih menilai hal ini kurang efektif.

Melalui penggunaan CBT pada Ujian Nasional, dinas pendidikan mencatat berkurangnya biaya untuk pencetakan lembar ujian. Belum lagi dengan adanya CBT otomatis tidak perlu dikeluarkan dana untuk proses pengiriman lembar jawaban dari sekolah menuju dinas terkait yang ditunjuk untuk melakukan penilaian. Dalam artian sistem CBT ini bagi pemerintah jauh lebih efisien.

Dengan peningkatan efisiensi pada penggunaan CBT untuk Ujian Nasional, tentu saja ke depannya hal ini menjadi sistem yang bagus untuk terus diterapkan. Sehingga ada baiknya siswa mulai membiasakan diri dengan sistem tes yang satu ini. Melalui penerapan CBT secara tidak langsung juga mengajak siswa di Indonesia untuk lebih maju dalam pengoperasian komputer.

Contoh Teks Editorial Tentang Sampah

Kendala Daur Ulang Sampah di Perkotaan

Makin hari jumlah sampah yang menumpuk di kota-kota besar makin meningkat jumlahnya. Meskipun banyak usaha untuk melakukan daur ulang sampah, namun hingga saat ini hal tersebut belum berjalan secara efektif. Banyak kendala yang dihadapi oleh pemerintah maupun swasta dalam melakukan hal tersebut. Salah satu contohnya sulitnya mencari sumber daya dan dana untuk melaksanakan pengolahan tersebut.

Beberapa proyek daur ulang yang dilakukan oleh swasta sering kali terkendala oleh dana. Masih banyak yang memiliki niatan untuk melakukan daur ulang sampah namun ada akhirnya tidak memiliki cukup dana untuk menjalankan usaha tersebut. Sementara di kalangan pemerintah proses daur ulang sampah rupanya juga tidak berjalan maksimal. Rendahnya kebijakan tentang daur ulang juga menjadi penyebab tidak banyak proses daur ulang yang dapat diterapkan di perkotaan.

Oleh sebab itu sebaiknya pemerintah mulai memikirkan strategi kebijakan yang baru. Ada baiknya dinas industri mulai membantu UMKM yang berbasis daur ulang. Selain itu pemerintah juga dapat menambah posko daur ulang yang dapat dioperasikan secara maksimal. Sehingga nantinya tujuan daur ulang sampah di perkotaan bisa tercapai secara maksimal.

Contoh Teks Editorial Tentang Sosial

Tingginya Tingkat Kemiskinan di Indonesia

Sebagai negara yang terkesan mulai berkembang maju, ternyata di balik hal tersebut angka kemiskinan di Indonesia makin cukup tinggi. Masih banyak yang sulit mendapatkan pekerjaan tetap. Selain itu masih banyak pula anak usia sekolah yang terpaksa tidak dapat melanjutkan pendidikannya.

Kemiskinan di Indonesia ini memang bukan hal baru. Sejak lama pemerataan ekonomi di Indonesia masih belum maksimal. Masih banyak tunawisma yang berkeliaran di jalanan dan memilih pekerjaan sebagai pengemis maupun gelandangan untuk mendapat uang. Yang mana hal ini seharusnya menjadi wacana pihak pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan tersebut setiap tahunnya.

Ada baiknya pemerintah menerapkan sistem yang maksimal dalam mengangkat masyarakatnya dari kemiskinan. Misalnya dengan Bantuan Langsung Tunai maupun beasiswa pendidikan. Namun dalam hal ini masih banyak kekurangan yang harus diperhatikan. Sehingga nantinya pemberian bantuan ini jauh lebih tepat sasaran dan dapat berhasil secara maksimal.

Demikian beberapa contoh teks editorial dengan berbagai macam tema. Semoga membantu Anda untuk memahami sepenuhnya bagaimana penulisan dan pembuatan teks editorial tersebut.