Contoh Teks Diskusi

Teks Diskusi

Contoh teks diskusi bersama strukturnya tentang berbagai hal seperti pendidikan, kesehatan, dan teknologi yang terbaru dan terlengkap saat ini. Diskusi merupakan pertemuan ilmiah yang bertujuan untuk bertukar pikiran. Sedangkan teks diskusi merupakan teks yang berisi sebuah wacana yang berisi pertukaran pikiran serta pembahasan atas permasalahan. Di dalam teks diskusi terdapat dua argumen pendukung (pro) dan penentang (kontra).

Segala hal yang sifatnya aktual bisa dijadikan bahan diskusi. Kegiatan diskusi pun bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Teks diskusi juga bisa diartikan sebagai tulisan yang berisi ulasan sebuah masalah disertai argumen pro maupun kontra dan diakhiri dengan rekomendasi penulis serta simpulan.

Tujuan dari penulisan teks diskusi adalah untuk mencari kesepakatan atas sebuah gagasan. Dalam penulisan teks diskusi pun terdapat unsur kebahasan yang harus diperhatikan. Diantaranya:

  • Konjungsi Perlawanan

Konjungsi merupakan partikel yang digunakan agar kata dapat terhubung degan klausa, frasa dengan frasa, serta klausa dengan klausa. Konjungsi juga bisa digunakan agar kalimat dengan kalimat dapat terhubung. Sementara konjungsi perlawanan merupakan partikel untuk menyatakan makna yang saling berlawanan. Dalam konjungsi ini, kata hubung yang digunakan adalah namun, sebaliknya, sedangkan, tetapi.

  • Kohesi Leksikal

Menggunakan pemilihan kosakata yang digunakan untuk mencapai efek koheasif. Sedangkan kohesi tekstikal bisa berbentuk sinonim, hiponim, antonim, serta pengulangan kata.

  • Kohesi Gramatikal

Hubungan antara kohesor yang dicapai dengan elemen serta aturan gramatikal. Yaitu meliputi substitusi, elipsis, serta resonansi.

  • Modalitas

Yakni keterangan yang ada pada kalimat yang berisi sikap pembicara terhadap hal yang sedang dibahas. Bisa mengenai perbuatan, peristiwa, keadaan, serta sikap terhadap lawan bicaranya.

Jika hendak menulis teks diskusi, terdapat beberapa cara yang harus anda perhatikan dalam menyusunnya. Yakni:

  • Tentukan topik atau isu yang akan dibahas
  • Tentukan tujuan jika hendak menulis argumen pro maupun kontra
  • Cari informasi serta data mengenai isu yang hendak dipilih
  • Susun teks
  • Kembangkan teks menjadi teks diskusi
  • Revisi atau sunting teks diskusi yang sedang ditulis

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Struktur teks diskusi terdiri atas 4 macam. Yakni isu, argumen pro, argumen kontra, serta kesimpulan. Maka agar lebih dipahami, simak uraian strukturnya sebagai berikut:

  • Isu : Yaitu bagian yang menjadi hal atau masalah yang akan didiskusikan bersama-sama.
  • Argumen mendukung : Alasan yang berisi dukungan dari pokok permasalahan yang didiskusikan. Jika hendak menyampaikan pendapat dari sudut pandangnya, penulis harus menyertakan alasan maupun bukti agar pendapatnya dapat tersampaikan.
  • Argumen menentang : Yakni argumen yang berisi pertentangan argumen mendukung. Di tahap ini, penulis yang mengemukakan argumen menentang juga menyertakan alasan serta bukti dari sudut pandang yang berisi kontra.
  • Kesimpulan : Yaitu hasil akhir yang isinya berupa kesimpulan serta rekomendasi mengenai suatu isu yang tengah dibahas. Isi kesimpulan pada teks diskusi biasanya adalah jalan tengah antara argumen mendukung dan menentang.

Berikut contoh teks diskusi beserta strukturnya yang bisa anda contoh:

Dampak Sosial Media Bagi Penggunanya

Isu

Perkembangan sosial media memang semakin pesat akhir-akhir ini. Pada umumnya, sosial media digunakan oleh para remaja untuk memposting segala hal tentang kehidupan mereka. Bahkan hal-hal yang sifatnya privat sudah bukan hal tabu lagi untuk dibagikan. Sosial media juga digunakan sebagai ajang untuk menunjukan eksistensi diri.

Namun ada pula yang menggunakan sosial media sebagai sarana untuk mengais rezeki dan melakukan berbagai macam hal positif lainnya. Pertanyaannya, lebih besar mana dampak positif atau negatif dari sosial media bagi penggunanya?

Argumen Mendukung

Sosial media sebenarnya memiliki dampak positif yang begitu besar apabila kita bisa menggunakannya secara bijak. Antara lain:

  • Pertama, sosial media memiliki kelebihan dari segi kecepatan penyajian informasi. Bahkan saat ini berita yang tayang di televisi kebanyakan berawal dari isu yang viral di sosial media. Tentu saja hal ini menjadi nilai plus tersendiri terutama bagi remaja yang tidak ingin ketinggalan informasi terkini.
  • Kedua, banyak sekali online shop yang memulai rekam jejaknya dari sosial media. Banyaknya pengguna sosial media sangat memudahkan para penjual untuk berpromosi. Terlebih dengan hadirnya jasa endorse makin memudahkan menggaet konsumen.
  • Ketiga, aneka hiburan yang tersaji dalam media sosial dapat memberikan pengaruh positif bagi para penggunanya untuk menyegarkan otak. Mungkin makin banyak remaja yang mulai bosan dengan tayangan televisi yang cenderung monoton sehingga beralih ke gawai mereka.
  • Keempat, jika digunakan secara bijak, sosial media dapat menjadi kawan yang baik. Algoritma sosial media yang unik akan membuat penggunanya terhubung terus dengan konten serupa. Apabila sering melihat konten positif, tentu peluang terus melihat hal yang positif akan terus didapatkannya.

Argumen Menentang

Namun jika ditelisik lebih jauh, dampak negatif sosial media juga mesti diwaspadai. Diantaranya:

  • Pertama, sosial media akan membuat para penggunanya terutama kalangan remaja yang masih labil menjadi kecanduan. Jika sudah menjadi candu, sosial media tentu akan menguras produktivitas para penggunanya. Misalnya pelajar menjadi melupakan kewajibannya. Atau karyawan menjadi kurang produktif karena di jam kerja waktunya terbuang untuk mengecek akun media sosialnya.
  • Kedua, jika serampangan menonton atau mengakses konten kurang mendidik, maka sosial media akan menjadi bomerang bagi penggunanya. Tanpa adanya sensor layaknya televisi, tentu saja beragam konten tidak mendidik akan sangat mudah diakses. Meskipun saat ini sudah marak kampanye internet positif, nyatanya konten tidak pantas masih bisa diakses melalui aplikasi tertentu.
  • Ketiga, sosial media juga berperan besar meningkatkan daya konsumtif penggunanya. Di dalamnya terdapat iklan yang terus ditayangkan. Terlebih makin banyak public figure yang menawarkan jasa endorse.
  • Keempat, sosial media bisa diakses oleh siapapun. Bahkan anak dibawah 5 tahun sudah senang melihat konten yang terposting di laman sosial media. Tentu saja jika orangtua abai, hal ini akan memengaruhi tumbuh kembang buah hati.

Simpulan

Jika melihat argumen mendukung dan menentang diatas, dapat disimpulkan bahwa sosial media sebenarnya tetap dibutuhkan sebagai alternatif komunikasi, hiburan, dan sarana informasi. Tentu saja akan memiliki dampak negatif. Besar kecilnya kedua dampak tersebut tetap tergantung dari bagaimana kebijaksanaan para penggunanya.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Diskusi dapat membahas mengenai beragam tema. Baik itu kesehatan, teknologi, bahkan pendidikan. Jika anda sedang mencari contoh teks diskusi tentang pendidikan, berikut contoh yang bisa anda simak.

Full Time School/Sekolah Penuh Waktu, Efektif atau Tidak?

Isu

Sekolah penuh waktu sudah mulai dijalankan. Sistem sekolah baru ini merupakan penerapan pendidikan yang mengharuskan para siswanya untuk bersekolah sepanjang hari mulai jam 7 pagi sampai 4 sore. Tentu saja perubahan jam sekolah ini akan berdampak besar bagi para siswa. Lantas efektif atau tidakkah penerapan sekolah penuh waktu di Indonesia?

Argumen Mendukung

Penerapan sekolah penuh waktu memiliki sejumlah dampak positif, diantaranya sebagai berikut:

  • Pertama, sistem ini dianggap bermanfaat agar siswa lebih siap dalam mengadapi era globalisasi. Di era globalisasi seperti sekarang, masyarakat dituntut untuk produktif lebih lama sehingga hal ini harus disiapkan sejak masih di bangku pendidikan.
  • Kedua, sekolah sehari penuh akan memberikan siswa pelajaran, pendidikan, hingga pelatihan yang memadai dan lebih berkualitas.
  • Ketiga, sistem sehari penuh bersekolah sudah diterapkan di beberapa negara. Tentu saja sistem tersebut sukses dilakukan dan mutu pendidikan di negara-negara tersebut pun melonjak.
  • Keempat, dengan membuat para siswa sibuk belajar di sekolah, tentu waktu yang dimilikinya akan jauh lebih bermanfaat. Selain itu, bersekolah juga akan mengurangi para siswa melakukan kegiatan yang merugikan.

Argumen Menentang

Penerapan sekolah penuh waktu memberikan sejumlah dampak negatif, terutama pada psikologis anak. Diantaranya:

  • Pertama, tingkat konsentrasi anak berbeda-beda. Tentu saja tinggal di sekolah dalam waktu cukup lama akan membuat fokus pada belajar berkurang. Terlalu lama belajar juga akan membuat anak justru tidak efektif menyerap materi pembelajaran selama di sekolah.
  • Kedua, terlalu banyak waktunya di sekolah justru akan mengurangi aktivitas para siswa. Karena para siswa tidak hanya disibukkan menyerap teori selama di sekolah. Namun mereka juga perlu mengembangkan bakat dan minatnya.
  • Ketiga, kehidupan sosial di lingkungan rumahnya akan berubah drastis. Sebab, siswa akan terlalu disibukkan dengan kegiatan belajar. Padahal di rumah para siswa juga perlu untuk bergaul dan berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya.
  • Keempat, terlalu sibuk di sekolah akan membuat siswa rentan terkena stress. Terlebih setelah pulang sore mereka harus mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru-gurunya.

Simpulan

Penerapan sistem sekolah full day mungkin saja benar dilakukan. Namun jika sekolah mesti menerapkan sistem sekolah tersebut, fasilitas serta infrastruktur tambahan harus disiapkan secara baik. Hal ini perlu agar para siswa tidak menganggap sekolah sebagai penjara yang menyeramkan. Jika siswa sudah menganggap sekolah adalah tempat yang menarik, tentu penerapan full day school akan membuat mereka betah belajar.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Ada banyak hal yang bisa dijadikan pokok pembahasan di dunia kesehatan. Sebab, permasalahan kesehatan begitu kompleks. Bahkan pembahasan tentang kesehatan tidak hanya jasmani saja. Kondisi kejiwaan pun termasuk dalam bab kesehatan. Jika ingin membuat teks diskusi tentang kesehatan, berikut contoh yang bisa anda coba.

Pro dan Kontra Coklat untuk Kesehatan Jantung

Isu

Coklat kerap dijadikan pilihan banyak kalangan untuk menyatakan cinta atau sebagai hadiah spesial. Rasanya yang manis serta berbagai bentuk yang menyenangkan dilihat, tentu membuat semua kalangan menyukainya. Coklat pun dipercaya sebagai sahabat jantung. Namun apakah memang benar coklat baik untuk kesehatan jantung?

Argumen Mendukung

Ada beberapa alasan mengapa coklat baik untuk kesehatan jantung. Diantaranya:

  • Pertama, coklat berasal dari biji kakao yang dibakar degan kandungan flavonoid yang melimpah. Kandungan tersebut berefek positif bagi peredaran darah. Jika peredaran darah lancar, tentu akan membuat jantung menjadi lebih sehat.
  • Kedua, zat flavonoid yang ada pada coklat juga begitu penting dalam menyehatkan sistem kardiovaskular. Analisa dari Dr. Ding menyebutkan bahwa flavonoid pada kakao mampu menurunkan risiko serangan jantung, mengurangi tekanan darah, serta kolesterol jahat.
  • Ketiga, selain baik untuk jantung, flavonoid pada coklat juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik serta menurunkan resistensi insulin.

Argumen Menentang

Coklat tidak selamanya baik untuk jantung karena memiliki beberapa indikasi sebagai berikut:

  • Pertama, coklat yang beredar di pasaran sudah bukan murni dari kakao lagi. Melainkan sudah dicampur dengan berbagai macam bahan. Mulai dari gula, pengawet, pewarna, dan zat adiktif lainnya. Tentu saja zat tambahan tersebut akan membuat fungsi flavonoid berkurang bahkan hilang.
  • Kedua, campuran antara coklat murni dengan bahan tambahan lain mungkin saja tidak seimbang. Bisa jadi coklat yang kebanyakan beredar hanya mengandung kakao dengan kosentrasi sangat sedikit. Tentu saja hal ini tidak bisa dijadikan alasan utama bahwa coklat baik untuk jantung.
  • Ketiga, para peneliti sejauh ini hanya mengonfirmasi keuntungan jangka pendek dari kakao untuk kesehatan jantung.

Simpulan

Coklat tentu sangat baik untuk kesehatan apabila tidak dicampur dengan bahan tambahan secara berlebih. Namun alangkah lebih baik lagi jika mengonsumsi buah kakao secara langsung karena masih murni tanpa campuran. Jika ingin mengonsumsi coklat pabrikan, pastikan pilih yang kadar gulanya tidak berlebihan karena dapat memicu risiko obesitas dan kenaikan gula darah.

Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Teks diskusi tentang teknologi bisa mengulas berbagai topik pembahasan. Mulai dari internet, perkembangan gawai, hingga peranan sosial media. Berikut ini contoh teks diskusi tentang teknologi yang bisa anda coba gunakan.

Internet Bagi Pelajar

Isu

Perkembangan internet yang kiat cepat tentu sangat merubah pola kehidupan manusia, termasuk pelajar. Adanya internet mampu memberikan sisi positif maupun negatif. Kemudahan komunikasi, akses informasi, serta hiburan membuat para pelajar begitu tertarik menggunakannya. Bahkan saat ini sarana belajar mengajar sudah bergantung penuh dengan hadirnya internet.

Argumen Mendukung

Internet memberikan banyak pengaruh positif, terutama dalam kegiatan belajar diantaranya:

  • Pertama, akses informasi dan komunikasi sangat dimudahkan sehingga pelajar bisa mencari sumber referensi ilmu tambahan selain di sekolah.
  • Kedua, mudah dan murahnya biaya komunikasi via internet akan memudahkan pengumpulan dan pengerjaan tugas sekolah.
  • Ketiga, dengan mengenal internet sejak dari bangku pendidikan, siswa diharapkan tidak menjadi orang yang gagap teknologi sehingga siap bersaing di era globalisasi seperti sekarang.
  • Keempat, mengembangkan bakat dan minat pun dapat dilakukan dengan bantuan internet. Banyak media internet yang berisi materi pengembangan bakat dan minat sebagai tambahan rujukan dalam belajar siswa.

Argumen Penentang

Internet bisa diibaratkan sebagai dua sisi mata uang. Memang ada dampak positif bagi pelajar, namun jangan lupakan dampak negatifnya. Yakni:

  • Pertama, terbukanya akses informasi dan berbagai hal lainnya melalui internet juga membuat para siswa mudah mengakses konten pornografi yang tentu buruk bagi perkembangan diri siswa. Maka perlu sekali dampingan orangtua agar akses internet tidak begitu bebas dilakukan para siswa.
  • Kedua, jika internet sudah terlalu mendarah daging di kehidupan para siswa, dikhawatirkan mereka akan terbiasa dengan hal-hal yang mudah sehingga menurunkan daya juang dan kerja keras.
  • Ketiga, tanpa adanya pengawasan dan pembatasan, internet bisa berdampak pada perilaku kecanduan gawai yang akan berdampak buruk pada produktivitas siswa. Tentu ini akan menjadi bumerang alih-alih ingin mendapatkan manfaat dari internet.
  • Keempat, jika sudah terlanjur kecanduan gawai, dikhawatirkan akan berpengaruh pada interaksi sosial para siswa. Siswa dikhawatirkan tumbuh menjadi pribadi anti-sosial yang abai terhadap kehidupan di sekitarnya.

Simpulan

Internet memang diciptakan untuk memudahkan mobilitas kehidupan kita. Namun apabila digunakan secara tidak bijak, tentu saja dampak negatif yang akan didapatkan. Maka untuk mendapatkan dampak positif bagi pelajar, diharapkan dampingan para orangtua serta diimbangi dengan kegiatan selain mengakses gawai dan internet.

Itulah beberapa cintoh teks diskusi yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan tugas sekolah Anda.