Contoh Surat Kuasa

Contoh Surat Kuasa

Inilah penjelasan lengkap mengenai surat kuasa dan juga contoh surat kuasa yang biasa digunakan di kehidupan sehari-hari. Surat Kuasa adalah surat yang isinya menjelaskan tentang pemberian wewenang atau kuasa dari satu pihak tertentu kepada pihak lain yang diberikan kepercayaan karena si pemberi kuasa tidak dapat melaksanakan sendiri suatu pekerjaan/ tugas.

Surat kuasa dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu surat kuasa formal dan surat kuasa non-formal. Surat kuasa formal umumnya digunakan untuk hal-hal yang bersifat formal, sedangkan surat kuasa non-formal digunakan pada hal-hal yang sifatnya pribadi atau tidak resmi.

Loading...

Sesuai dengan pengertian surat kuasa yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi dan manfaat surat kuasa ini adalah sebagai bukti pernyataan dari pemberi kuasa bahwa pihak penerima kuasa memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan hal yang dijelaskan pada isi surat kuasa. Dengan kata lain, pihak penerima kuasa merupakan wakil dari pemberi kuasa untuk melakukan hal-hal yang dijelaskan dalam surat kuasa tersebut.

Dalam pembuatan surat kuasa, di dalamnya harus terdapat beberapa unsur. Berikut adalah unsur-unsur surat kuasa yang harus dicantumkan dengan jelas,

Loading...

Unsur surat kuasa yang diperlukan:

  • Data pribadi pihak pemberi kuasa.
  • Data pribadi pihak yang diberi kuasa.
  • Bentuk wewenang atau kuasa yang diberikan serta batas-batasnya.

Sedangkan rincian data pribadi, baik pihak pemberi kuasa maupun penerima kuasa meliputi:

  • Untuk surat kuasa dinas: nama, NIP/ NRP, pangkat/ golongan, jabatan.
  • Surat kuasa pribadi: nama, nomor kartu identitas, pekerjaan, alamat.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memberikan surat kuasa kepada pihak lain:

  • Pemberi kuasa dan penerima kuasa harus sudah dewasa serta sehat jasmani dan rohani.
  • Pihak penerima kuasa harus orang yang bisa dipercaya.
  • Surat kuasa dimana penerima kuasanya lebih dari satu orang tidak perlu diberi nomor surat.
  • Surat kuasa pengambilan gaji tidak perlu diberi materai.

Surat kuasa memiliki beberapa ciri atau karakteristik yang khas. Berikut ini adalah ciri-ciri surat kuasa tersebut:

  1. Surat kuasa dibuat dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan mudah dipahami.
  2. Surat kuasa berisi pernyataan pengalihan kekuasaan atau wewenang dari diri sendiri kepada orang lain untuk mengurus suatu hal.
  3. Bahasa dan kata-kata yang digunakan dalam surat kuasa dibuat dengan singkat, padat, dan jelas, sesuai peruntukan nya.

Ada beberapa macam surat kuasa yang umum digunakan berdasarkan tujuannya. Di bawah ini adalah beberapa jenis surat kuasa yang dimaksud:

Surat Kuasa Perseorangan
Pengertian surat kuasa perseorangan adalah surat kuasa yang dibuat oleh seseorang (pemberi kuasa) dan diberikan kepada orang lain sebagai penerima kuasa untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan kepentingan si pemberi kuasa.

Surat Kuasa Kedinasan
Pengertian surat kuasa kedinasan adalah surat kuasa yang dibuat oleh suatu instansi atau perusahaan kepada seorang pegawainya (pejabat tertentu) untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kepentingan instansi atau perusahaan tersebut.

Surat Kuasa Istimewa
Pengertian surat kuasa istimewa adalah surat kuasa yang diberikan kepada pihak lain untuk mewakili pemberi kuasa. Misalnya seseorang yang memberikan kuasa kepada pengacara nya dalam penyelesaian masalah yang berhubungan dengan pengadilan.

Baca Juga : Contoh Kartu Nama yang Keren dan Elegan

Contoh Surat Kuasa Terlengkap

Bagian-bagian Surat kuasa yang dibuat oleh seseorang berbeda dari satu perusahaan. Meskipun surat itu resmi, tetap memiliki ciri yang beragam unik. Jika kamu ingin mengetahui perbedaannya, kamu dapat melihat contoh surat kuasa dibawah ini. Dan sebelumnya secara elemen, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan sebelum membuat surat kuasa yaitu:

  • Nomor surat (pengumuman / pilihan).
  • Kekuatan Pengacara.
  • Judul dan nomor surat.
  • Identitas otorisasi.
  • Nama / organisasi membuat kekuatan pengacara.
  • Tanggal & waktu otorisasi.
  • Hal-hal yang akan di delegasi kan / disahkan.
  • Tanda tangan pemberi dan penerima kuasa.
  • Cap tugas sebagai simbol kekuatan hukum.

Untuk lebih jelasnya dan lebih memahami mengenai surat kuasa. Di bawah ini adalah contoh surat kuasa yang baik dan benar yang bisa kamu jadikan referensi:

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki setiap pengguna kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Biasanya surat BPKB ini diberikan kepada pemilik kendaraan di awal waktu pembelian.

Dalam hal ini, pihak dealer atau leasing mengurus langsung setiap kendaraan yang dibeli. Kemudian, pihak pembeli tinggal menunggu dan mengambil surat BPKB yang sudah jadi. Dalam aturannya, pengambilan surat BPKB ini harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan secara langsung. Sebab BPKB termasuk dokumen pribadi yang mempunyai hak kepemilikan terbatas. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengambilnya.

Namun dalam beberapa kondisi, pemilik kendaraan yang berhak atas dokumen tersebut tidak bisa mengambilnya secara langsung. Dalam kondisi ini, pemilik bisa memberikan kuasa pengambilan BPKB kepada orang lain. Baik itu anggota keluarga, saudara, maupun teman yang dipercaya.

Meskipun begitu, pemilik tetap harus membuat surat kuasa sebagai keterangan bahwa pengambilan dokumen tersebut diwakilkan oleh orang lain. Dalam hal ini, sebagian besar orang masih belum mengerti bagaimana cara membuat surat kuasa pengambilan BPKB yang benar.

Contoh Surat Kuasa Khusus

Di dalam surat kuasa khusus, harus mencantumkan secara jelas sebuah pernyataan bahwa orang yang memberikan kuasa telah menyerahkan hak atau kuasanya tersebut agar supaya di urusi oleh orang lain. Yang harus kamu ingat sebelum kamu menulis surat ini, kamu harus benar-benar memilih seseorang yang cocok untuk mengurusi keperluan kamu tersebut, khususnya mengenai pengurusan dokumen yang bersifat pribadi dan rahasia.

Maka dari itu, penting memilih seseorang yang benar-benar bisa dipercaya agar supaya ketika kamu tidak memiliki waktu untuk mengurusi sebuah keperluan, maka kamu bisa mewakilkan nya kepada seseorang yang kamu percaya dengan menuliskan sebuah surat kuasa.

Hal yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk memberikan tanda tangan disertai materai 6000 sebagai bukti bahwa memang kamu telah secara penuh menyerahkan kuasa kepada yang bersangkutan untuk mengurusi BPKB maupun visa.

Contoh Surat Kuasa Tanah

Struktur surat kuasa tanah memiliki bagian-bagian yang berbeda tiap kepentingannya. Supaya tidak bingung lagi, intip contoh surat kuasa tanah dalam artikel ini. Dalam hukum yang berlaku di Indonesia, melakukan jual beli tanah adalah hal yang lumrah asalkan sesuai dengan peraturan yang ada.

Namun, membuat surat jual beli tanah dan surat kuasa ahli waris sangatlah berbeda. Kamu akan menempuh beberapa kesulitan saat membuatnya jika tidak memperhatikan beberapa bagian-bagian penting dalam surat kuasa. Apalagi jika sama sekali belum pernah melihat surat kuasa tanah sebelumnya.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang

Surat kuasa adalah surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan suatu kuasa atau wewenang kepada pihak tertentu guna melaksanakan suatu tugas atas nama si pemberi kuasa. Surat Kuasa Pengambilan Uang ini juga sama dengan surat kuasa pada umumnya namun tujuannya dikhususkan yaitu untuk mengambil uang di bank.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika menyusun sebuah Surat Kuasa ini, antara lain :

  • Surat kuasa dibuat tanpa ada unsur paksaan atau intimidasi dari pihak mana pun.
  • Surat kuasa yang berkaitan dengan keuangan atau harta benda sebaiknya ditujukan kepada orang yang benar-benar dapat dipercaya misalnya keluarga.
  • Pemberi dan penerima kuasa haruslah sudah dewasa dan sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Menyebutkan secara jelas identitas baik pemberi maupun penerima kuasa.
  • Menyebutkan secara jelas maksud dan tujuan dari surat kuasa tersebut.
  • Mencantumkan waktu pembuatan surat dan masa berlaku surat kuasa tersebut.
  • Surat kuasa harus ditandatangani oleh kedua belah pihak baik pemberi maupun penerima sebagai bukti bahwa kesepakatan tersebut telah disetujui bersama (umumnya akan ditambahkan materai).

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Pengambilan ijazah, umumnya SMA atau kuliah, dapat diwakilkan bila ada halangan yang membuat pemilik ijazah tidak dapat mengambil ijazah nya sendiri. Biasanya karena sakit atau sudah merantau hingga pengambilan ijazah harus diwakilkan oleh orang lain. Namun, ijazah adalah dokumen rahasia yang tidak bisa sembarangan diambil oleh orang lain selain pemilik aslinya. Untuk mengambil ijazah dengan cara diwakilkan, dibutuhkan surat kuasa yang menyatakan bahwa ijazah akan diambil oleh orang lain, biasanya keluarga dari pemberi kuasa.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen

Hal penting yang sebaiknya diperhatikan ketika kamu membuat surat kuasa :

  • Surat kuasa dibuat tanpa terdapat adanya unsur paksaan sedikitpun dari pihak mana pun dan diserahkan ke orang yang dapat dipercaya dan di handal kan.
  • Apabila surat kuasa dibuat oleh perorangan, maka tidak perlu menyertakan nomor surat. Tetapi jika dibuat untuk keperluan dinas harus disertakan nomor surat.
  • Apabila surat kuasa dibuat untuk kepentingan keuangan, seperti untuk mengambil upah atau gaji, sebaiknya menyerahkan kuasa kepada pihak yang benar-benar diakui, contohnya: kepada suami atau istri, anak, saudara kandung, orang tua, atau orang terdekat kamu. Dan juga tidak perlu menyerahkan materai atau kertas segel, kecuali seandainya jika ada ketetapan dari pihak terkait yang mengharuskan untuk menyerahkan materai atau kertas segel maka dapat ditambahkan materai atau dibuat di atas kertas segel.
  • Data informasi pribadi dari pemberi kuasa dan penerima kuasa harus jelas, seperti: nama, usia, pekerjaan, alamat, tanggal lahir dan lainnya.
  • Maksud dan tujuan dari pembuatan surat kuasa, serta tanggal dibuat surat kuasa, harus disertakan.
  • Surat kuasa dianggap sah dan resmi jika telah ditandatangani oleh pihak pemberi kuasa dan penerima kuasa.
  • Khusus untuk surat kedinasan, harus ditambahkan stempel lembaga atau instansi terkait.

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris

Surat Kuasa Ahli Waris di Bank yaitu digunakan jika Almarhum / almarhumah mempunyai simpanan tabungan di bank tertentu bisa uang pensiunan atau uang tabungan haji, dan tabungan lain nya. Kemudian pihak keluarga atau Ahli Waris dari Almarhum / Almarhumah ingin mengambil sisa tabungan yang ada, sayangkan kalau tidak diambil. Untuk ketentuan yang bisa mengambil adalah Suami / Istri dari almarhum / Almarhumah.

Maka Ahli waris bisa mengambil tabungan almarhum dengan membuat surat kuasa Ahli Waris dari Bank, kita bisa membuatnya sendiri dan biasanya sih sudah disediakan kita bisa meminta langsung format tersebut dari pihak Bank dimana tempat almarhum menabung.

Contoh Surat Kuasa Pribadi

Contoh surat kuasa perwakilan memang kerap kali dibutuhkan saat seorang tidak bisa melakukan secara langsung sebuah pekerjaan namun masih tetap menginginkan pekerjaan/suatu hal itu bisa tetap dapat dilakukan atau terwujud. Karenanya ia bisa memberi pelimpahan wewenang pada orang lain dengan dibuktikan dengan surat pelimpahan wewenang atau umum di kenal dengan surat kuasa.

Jadi kesimpulannya, surat kuasa bisa disimpulkan sebagai sebuah pemberian kuasa atau wewenang pada seorang yang bisa diakui untuk melakukan suatu hal tindakan atas nama orang yang berikan kuasa karena si pemberi kuasa tidak bisa mengerjakannya secara langsung. Pemberi kuasa bukan sekedar dapat dipakai untuk perorangan saja tetapi dapat pula mewakili sebuah grup atau instansi demikian halnya untuk penerima kuasa.

Dalam menuliskan surat ini kamu mesti cermat lantaran nanti kamu bakal memberi kuasa penuh pada orang yang terima surat kuasa dari kamu serta jika kamu bakal memberi kuasa atas suatu hal yang bernilai, sebaiknya kamu harus juga cermat pilih orang yang bakal di beri kuasa atas hak kamu.

Bisa saja mungkin kamu bakal dirugikan lantaran memberi kuasa pada orang yang tidak bertanggungjawab. Serta yang butuh kamu ingat juga dalam menuliskan surat kuasa kamu baiknya memakai bahasa yang singkat, efisien, serta mesti kamu upayakan bahasa itu tak berbelit-belit.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan STNK

Mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dikuasakan kepada orang lain. Namun, tentunya kamu harus membuat surat kuasa pengurusan STNK. Bagaimana caranya? Meski bisa diwakili, namun mengurus STNK harus dengan orang yang terpercaya. Bisa anak, adik, kakak, keponakan, paman, atau orang tua. Surat kuasa harus dibumbuhi materai Rp 6.000. Selain itu juga harus dilengkapi dengan Fotokopi KTP pemohon (pemberi kuasa) dan penerima kuasa.

Dengan maksud dan tujuan serta memakai syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang dianggap baik oleh Penerima Kuasa, untuk urusan tersebut, menghadap di mana perlu dan di hadapan siapapun, membuat, menandatangani dan menyerahkan semua surat, permohonan, formulir, dan surat-surat lain, memberi keterangan, membuat surat-surat yang diperlukan atau di syarat kan oleh instansi yang berwenang guna memperoleh pengesahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Singkatnya, melakukan dan mengerjakan tindakan / perbuatan apapun yang diperlukan atau di syarat kan untuk memperoleh pengesahan dari instansi yang berwenang, dan untuk maksud tersebut tidak ada yang dikecualikan. Perlu menjadi perhatian saat hendak mengambil STNK dengan surat kuasa.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Akta Cerai

Untuk kamu yang sudah mengurus perceraian dan perkara perceraian tersebut telah seutuhnya berkekuatan hukum tetap. Namun kamu ingin segera mengambil atau mendapatkan akta cerai, namun tidak bisa dilakukan oleh penggugat atau suami yang menggugat, maka kamu langsung bisa membuat seperti surat kuasa kepada orang lain yang sudah terlebih dahulu di percaya dan di sepakati serta sudah menanda tangani surat kuasa khusus untuk mengambil akta cerai di pengadilan agama di kota kamu.

Namun perlu kamu ketahui sebelum membuat dan membikin surat kuasa untuk orang lain, biasanya ada pengadilan agama yang tidak mengijinkan untuk di wakil kan ketika orang lain yang di beri kuasa untuk mengambil akta cerai. Ada baiknya surat kuasa di buat dengan membubuhkan materai 6000 serta di dampingi atau tembusan ke kades atau kelurahan setempat.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian surat kuasa secara umu, fungsi surat kuasa, ciri-ciri surat kuasa, jenis dan contoh surat kuasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.