Contoh Slip Gaji

Contoh Slip Gaji

Slip gaji adalah contoh bukti dan informasi resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pegawai. Pada slip gaji biasanya tertera rincian penghasilan berikut potongan-potongan dari perusahaan. Tujuan pemberian slip gaji dari pengusaha kepada karyawan adalah untuk memberikan bukti secara tertulis jika suatu saat nanti timbul persepsi yang berbeda mengenai hak-hak yang belum atau sudah dibayarkan.

Bukti tertulis ini dianggap bukti yang kuat untuk menjelaskan hak karyawan atas upah itu telah dibayarkan oleh pengusaha. Bagi para pengusaha, Anda bisa menggunakan contoh slip gaji yang bisa ditemukan secara online untuk membuat slip gaji karyawan Anda.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) mengenai Pengupahan dinyatakan bahwa pengusaha wajib memberikan slip gaji (bukti pembayaran upah) yang memuat rincian upah yang diterima oleh karyawan / buruh pada saat upah dibayarkan.

Slip gaji memiliki beberapa kegunaan, di antaranya adalah Bukti resmi untuk pegawai atas hak-hak yang diterimanya dari pemberi kerja selama jangka waktu tertentu dan sebagai Dokumen yang dilampirkan saat mengajukan kredit di bank atau lembaga pembiayaan tertentu.

Di Indonesia, setiap penghasilan yang diterima warga negara dikenakan potongan pajak, yakni PPh Pasal 21. PPh Pasal 21 inilah yang harus dibayarkan ke kas negara dengan menggunakan sistem e-billing serta dilaporkan ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) setiap bulannya.

Slip gaji karyawan merupakan komponen penting yang diberikan perusahaan sebagai bukti penerimaan gaji. Dengan menerima slip gaji resmi, karyawan atau pegawai dapat melihat rincian penghasilan mereka seperti potongan, pajak, tunjangan dan lain-lain. Dapatkan contoh slip gaji lengkap dengan cara membuat dan file nya di artikel ini.

Setiap perusahaan memiliki bentuk atau format slip gaji yang berbeda. Ada banyak contoh slip gaji karyawan yang bisa kamu temukan di internet untuk dijadikan referensi bila perusahaan kamu ingin membuat format slip gaji yang baru. Namun, ada beberapa detail dasar yang harus kamu masukkan ke dalam format slip gaji, seperti nama lengkap karyawan, nomor KTP karyawan, periode gaji, pajak, potongan asuransi atau BPJS, bonus dan sebagainya.

Informasi Umum tentang Slip Gaji

Pertama, pastikan bahwa kamu memasukkan informasi umum secara detail seperti nama, alamat, lokasi dan nomor telepon perusahaan. Kedua, jelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan yang akan menerima slip gaji tersebut.

Periode Gaji, Informasi ini merupakan salah satu yang terpenting dalam format slip gaji dan juga merupakan salah satu yang terus mengalami perubahan. Setiap perusahaan memiliki periode dan tanggal gajian yang berbeda-beda. Umumnya gaji dibayarkan pada tanggal 25, 27 bahkan ada yang setiap awal bulan.

Data Personal Karyawan, Biasanya ada dua informasi personal karyawan yang harus kamu masukkan dalam format slip gaji, yaitu nama lengkap dan nomor KTP karyawan. Dua informasi ini memudahkan dan mempercepat kamu untuk mengalokasikan referensi standar penggajian untuk setiap karyawan.

Informasi Pajak, Informasi ini akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayar termasuk gaji setiap bulannya yang didaftarkan pada kantor pajak. Tergantung pada situasi pajak yang ada, perusahaan mungkin bisa menyesuaikan nya dengan kebijakan perusahaan. Misalnya saja ada karyawan yang berencana menyumbangkan sebagian gaji mereka untuk organisasi sosial, maka bagian tersebut tidak akan dikurangi pajak. Namun, jika tidak ada kasus seperti itu maka semua karyawan akan dikenai tarif pajak yang sama rata dengan sistem yang berlaku. Mengingat pajak adalah sebuah hal yang krusial, sebaiknya Anda menggunakan jasa akuntan pajak yang profesional.

Komponen dalam Slip Gaji, Gaji yang diberikan kepada karyawan bisa berupa beberapa macam, namun yang paling umum adalah:

  • Gaji pokok : Merupakan gaji rutin yang diterima oleh karyawan melalui jam kerja selama periode pembayaran tertentu.
  • Bonus : Karena tidak diberikan secara rutin, maka harus ditandai secara terpisah dalam periode di mana bonus dibayarkan.
  • Penghargaan : Jika perusahaan mengumumkan adanya penghargaan uang sepanjang tahun misalnya, catat secara terpisah.

Sertakan Potongan Gaji Karyawan, Dari total pendapatan yang diperoleh setiap karyawan selama periode tertentu, tidak semuanya terkena pajak. Sebagian gaji yang dipotong untuk asuransi atau BPJS misalnya, tidak akan dikenakan pajak.

Hitungan Gaji Bersih, Ini adalah jumlah yang akan diterima karyawan dari perusahaan selama periode pembayaran tertentu. Ini dihitung sebagai gaji bersih seorang karyawan yang didapat dari total pendapatan atau gaji dikurangi jumlah biaya pemotongan (asuransi atau BPJS) dan dikurangi jumlah pajak. Mungkin saja ada beberapa jenis penghasilan lain tergantung jenis bisnis dan kebijakan perusahaan kamu. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyertakan kategori tambahan.

Baca Juga : Contoh Invoice Pembayaran, Pembelian, dan Penjualan

Contoh Slip Gaji Guru

Slip gaji tentulah jadi dokumen yang rutin diterima guru tiap menerima uang gajian mereka. Bahkan, tidak jarang slip gaji ini akan ditunggu-tunggu kedatangannya karena bersamaan dengan cair nya uang gaji atas kerja keras selama sebulan di tempat kerja. Bagi seorang guru slip gaji merupakan hal yang sangat penting begitu pula bagi sekolah si pemberi gaji. Dokumen yang satu ini menjadi salah satu bukti kredibilitas terhadap guru baik dalam bentuk fisik maupun slip gaji online.

Setiap perusahaan atau instansi pastilah memiliki format slip gaji yang berbeda-beda. Komponen yang dimasukkan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan itu sendiri. Namun secara keseluruhan format slip gaji yang satu dengan yang lain memiliki beberapa kesamaan. Bagi kamu yang memiliki usaha sekalipun dan menginginkan kredibilitas khususnya di mata karyawan kamu pastilah memerlukan slip gaji pada setiap pemberian upah kerja karyawan. Selain lebih menghormati karyawan juga dapat sebagai dokumen resmi dalam pengaturan administrasi yang baik.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Berikut susunan dan hal apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat slip gaji karyawan:

Kop Slip Gaji, Bagian teratas dari sebuah slip gaji karyawan adalah kop atau kepala. Sayangnya untuk perusahaan kelas menengah ke bawah sering kali mengacuhkan adanya bagian kop dalam slip gaji yang mereka buat.

Penerima Slip Gaji, Kemudian beralih ke bagian bawah kop, yaitu penerima. Untuk bagian ini biasanya akan berisikan tentang data diri penerima, mulai dari nama, alamat, no Hp hingga jabatannya.

Rincian Hak Penerima Slip Gaji, Jika data diri yang tertera sudah benar, kemudian pada bagian bawahnya terdapat rincian tentang hak apa saja yang harus diterimanya. Untuk rincian hak memang biasa dibuat lebih atas dibandingkan dengan rincian potongan. Mengapa? Karena sesuai dengan pengertian gaji sendiri, dimana gaji merupakan komisi atas kerja keras karyawan. Dan sudah pasti rincian hak akan jauh lebih penting dibanding dengan rincian potongan.

Rincian Potongan Pada Slip Gaji, Berlanjut ke format dokumen slip gaji karyawan pada bagian bawah rincian hak, yaitu rincian potongan. Mendengar kata-kata potongan gaji saja seakan sudah menyurutkan semangat kerja karyawan.

Total Penerimaan di Slip Gaji, Meskipun letaknya berada di bagian bawah, namun deret total penerimaan seakan langsung menjadi pusat perhatian sejak pertama kali diterimanya slip gaji karyawan ini. Ya, karena kebanyakan orang akan langsung memperhatikan penerimaan bersihnya, dibanding dengan memperhatikan terlebih dahulu apa saja rincian yang terdapat di dalamnya.

Tanda Tangan dan Tanggal, Untuk bagian paling bawah dari sebuah slip gaji karyawan adalah nama terang dari penerima dan perusahaan atau pihak yang memberi gaji. Bagian ini pun tak kalah dengan bagian-bagian sebelumnya. Dan yang tak boleh anda lupakan adalah tanggal diterimanya gaji tersebut oleh karyawan yang bersangkutan. Ya, tanggal yang tertera dalam slip gaji karyawan memang tanggal penerimaan slip tersebut dan bukan tanggal pembuatan slip tersebut. Dimana tujuannya agar pihak penerima sepakat/setuju bahwa dirinya telah menerima gaji pada tanggal tersebut.

Contoh Slip Gaji PDF

Selain menggunakan aplikasi Microsoft Office, kamu dapat membuat slip gaji untuk karyawan secara otomatis dengan aplikasi khusus manajemen SDM. Dalam aplikasi tersebut, format slip telah tersedia dan penghitungan hingga penentuan pajak sudah dapat dilakukan secara otomatis.

Kamu dapat mengurangi risiko kesalahan memasukkan data karyawan dan angka. Pembuatan nya pun mudah sehingga menghemat waktu dan membuat kerja menjadi lebih efisien. Selain itu, kamu tidak perlu repot memberikan slip gaji satu – satu kepada karyawan, karena mereka dapat mendownload PDF nya secara online.

Contoh Slip Gaji Word

Ada beberapa cara membuat format slip gaji untuk karyawan perusahaan kamu. Umumnya, staf yang bertugas pada bidang ini (seperti HR atau bagian payroll) akan menggunakan aplikasi Microsoft Office, seperti Microsoft Word atau Microsoft Excel untuk membuat dokumen slip itu. Dokumen tersebut terbagi menjadi beberapa jenis ekstensi, yaitu slip gaji doc, slip gaji docx, dan slip gaji excel. Slip Gaji Doc / Docx merupakan dokumen slip keterangan upah yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut diatas format yang dapat kamu gunakan untuk keperluan payslip karyawan.

Contoh Slip Gaji Wiraswasta

Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua / Wiraswasta (tidak bernaung di sebuah perusahaan) ini biasanya digunakan oleh pelajar/mahasiswa untuk mengajukan beasiswa. Namun Surat ini hanya digunakan/dibutuhkan jika orang tua pelajar/mahasiswa tersebut tidak memiliki slip gaji.

Jadi intinya surat pernyataan ini digunakan untuk menggantikan slip gaji. Namun tidak menutup kemungkinan juga walaupun sudah memiliki slip gaji biasanya ada beberapa instansi yang masih mensyaratkan surat ini. Seperti biasanya, setiap surat pernyataan harus disertai dengan materai 6000, supaya lebih sah secara hukum.

Dengan materai juga menunjukkan jaminan atas kebenaran dari isi surat. Pada bagian bawah dari surat pernyataan ini juga terdapat tanda tangan lurah setempat. Hal ini bertujuan untuk menguatkan surat pernyataan ini. Namun ada juga sebagian instansi yang tidak mempermasalahkan keberadaan tanda tangan lurah ini, cukup dengan materai saja sebagai penguat.

Jadi bergantung kebutuhan. Di sesuaikan saja. Buat kalian yang sedang membutuhkan surat semacam ini, mudah-mudahan contoh surat pernyataan penghasilan orang tua ini dapat menjadi referensi. Cukup simpel dan praktis kan surat di atas. Ya, karena surat pernyataan itu biasanya memang sederhana, yang penting jelas apa yang dinyatakan oleh si pembuat surat.

Hal ini tentu akan lebih baik daripada isi surat yang bertele-tele. Ketika mengurus/meminta tanda tangan dari Lurah, jangan lupa bawa KTP. KTP sebagai bukti bahwa orang yang menyatakan dalam surat pernyataan di atas adalah benar warga kelurahan tersebut.

Contoh Slip Gaji Excel

Contoh Slip Gaji Karyawan Resmi adalah bukti resmi pembayaran gaji/penghasilan seorang karyawan. Slip gaji ini juga menerangkan berapa total take home pay yang diterima oleh karyawan. Slip gaji yang baik berisi rincian atau detail dari gaji karyawan tersebut. Maksudnya, pada slip gaji dijelaskan rincian penghasilan dan potongan.

Pada bagian atas, Kop Surat Perusahaan sangat penting sebagai ciri dari surat resmi. Kop surat perusahaan berisi info terkait identitas perusahaan. Biasanya disertakan juga nomor telepon untuk keperluan konfirmasi kebenaran slip gaji ini.  Bagian penghasilan dijelaskan, rincian nya seperti gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan konsumsi dan tunjangan-tunjangan lainnya. Tapi rincian tersebut sesuai dengan kebijakan perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki sistem penggajian yang berbeda-beda.

Kemudian di bagian bawah, jangan lupa untuk menyertakan total uang yang diterima karywan tersebut, tanggal dikeluarkannya gaji tersebut, dan pihak yang berwenang memberikan gaji tersebut. Berikut diatas kami berikan Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta dengan format Excel yang rapih dan dengan keterangan-keterangan penghasilan dan potongan yang jelas. Untuk yang menggunakan mail merge di microsoft word dan databasenya menggunakan excel.

Contoh slip gaji karyawan ini sudah cukup baik. Biasanya bisa juga dijadikan kelengkapan persyaratan untuk melakukan kredit pembelian barang oleh karyawan. Ya, itulah salah satu kegunaan dari slip gaji. Karenanya dalam pembuatan slip gaji karyawan ini, harus sebaik mungkin supaya terlihat professional. Walaupun perusahaan kamu sudah menggunakan sistem pembayaran gaji karyawan yang bekerja sama dengan bank tertentu, slip ini sebaiknya tetap diberikan. Karena pada slip gaji versi bank, biasanya tidak ada rincian gajinya.

Contoh Slip Gaji JNE

PT JNE adalah perusahaan pengiriman barang dan dokumen terkemuka di Indonesia. Pelayanannya hampir mencakup seluruh wilayah di tanah air hingga ke pelosok pedesaan. Dengan penanganan profesional JNE mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi pemimpin di industri ini.

JNE saat ini membawahi sekitar 25 ribu pegawai yang bekerja dengan baik di kantor pusat maupun di kantor cabang, kantor perwakilan serta titik layanan mitra di seluruh Indonesia. JNE pun tak pernah berhenti melakukan segala upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki.

Untuk diketahui bahwa 60 persen pegawai JNE merupakan karyawan tetap dimana jumlah total nya didominasi kalangan muda dengan umur kurang dari 35 tahun. Jumlah pegawai yang sangat diatur secara swakelola yang mengutamakan Suasana kekeluargaan yang kuat.

Keunggulan setiap orang di berbagai bidang lintas lewat program yang mengacu pada 4 pilar termasuk emosional, spritual, physical dan Intelektual. Implementasinya dari pelaksanaan pelatihan secara teratur hingga pemberian beasiswa.

Begitu pun dengan pegawai yang bekerja secara setia dari lama kerja akan memberikan apresiasi dalam bentuk bonus. Bonus Itu berupa pemberangkatan pemberangkatan ibadah umrah untuk pegawai yang beragama Islam atau berziarah ke kota Yerusalem untuk pegawai yang beragama kristen.

Untuk para lulusan SMA dan juga S1 yang tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ekspedisi ini bisa melihat lowongan pekerjaan yang tersedia dengan mengakses situs resmi di http://www.jne.co.id/id/karir. Saat ada lowongan pekerjaan yang tersedia, pada laman tersebut akan diberitahukan lengkap dengan cara dan syarat-syarat yang wajib dipenuhi para pelamar.

Gaji karyawan JNE pun tak terlalu mengecewakan, untuk bagian operasional misalnya akan diberikan gaji di atas rata rata UMK dan masih ditambah beberapa bonus. List lengkap gaji karyawan INE (Jalur Nugraha Ekakurir) bisa disimak sebagai berikut:

  • IT Support, gaji Rp 2,6 juta / bln.
  • Staff Penunjang Teknis, gaji Rp 4,2 juta / bln.
  • Staff Administrasi Operasional, gaji Rp 2,5 juta / bln.
  • Sopir, gaji Rp 4,0 juta / bln.
  • Technical Support, gaji Rp 4,0 juta / bln,
  • Billing Staff, gaji Rp 2,5 juta / bln.
  • Supervisor Pemasaran, gaji Rp 4,0 juta / bln.
  • Manajer, gaji Rp 14,0 juta / bln.
  • Call Center, gaji Rp 15 juta / bln.
  • Admin Operasional, gaji Rp 4,0 juta / bln.
  • Staff, gaji Rp 4,0 juta / bln.
  • Account Executive, gaji Rp 4,0 juta / bln.
  • Contact Center, gaji Rp 25 juta / bln.
  • Customer Service Head, gaji Rp 25,5 juta / bln.
error: Content is protected !!