Contoh Poster

Contoh Poster

Poster adalah suatu contoh media publikasi yang memadukan tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Poster dipasang di tempat keramaian dan strategis, seperti di kawasan sekolah, pasar, perkantoran, fasilitas kesehatan, dan lainnya. Informasi yang disampaikan oleh poster bersifat mengajak.

Poster juga merupakan salah satu bentuk dari seni grafis dua dimensi yang memadukan antara huruf, angka, dan gambar pada media kertas yang besar. Umumnya di tempel kan di bidang dengan permukaan yang rata, seperti dinding atau papan, di pusat-pusat keramaian.

Selain digunakan untuk memberikan informasi, poster juga dapat digunakan untuk mengajak seseorang untuk melakukan sebuah kegiatan, acara, aktivitas. Dan juga dapat digunakan untuk menghimbau masyarakat atas sebuah masalah, tentunya tidak melanggar hukum negara atau agama.

Ciri ciri Poster:

  • Poster harus memiliki dua komposisi yaitu tulisan dan juga gambar, yang berada pada media yang berukuran besar.
  • Poster biasanya ditempel ditempat-tempat keramaian, dengan tujuan agar poster tersebut dapat dilihat oleh banyak orang.
  • Poster dibuat se – menarik mungkin, dan dibuat dengan memadukan warna dan kontras.
  • Bahasa yang di gunakan dalam poster biasanya singkat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh setiap orang.
  • Pesan yang ingin disampaikan penulis dalam poster biasanya di ilustrasi kan dengan gambar yang menarik.
  • Kata kata pada poster biasanya mudah diingat oleh orang yang membacanya, disarankan menggunakan sedikit kata.

Syarat Poster

  • Poster dibuat dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh setiap orang.
  • Kalimat pada poster harus disusun dengan singkat, padat jelas tetapi memiliki makna dan pesan bagi pembaca nya.
  • Poster akan menjadi lebih baik apabila dibuat dengan meng – kombinasi kan antara tulisan dan gambar.
  • Poster harus dapat menarik perhatian, simpati dan minat para pembaca nya.
  • Poster dibuat di media yang tidak mudah rusak dan sobek. Contohnya kain, kain banner dan lain sebagainya.
  • Ukuran poster disesuaikan dengan tempat, lahan, target pembaca poster.
  • Kalimat dalam poster akan lebih baik apabila mudah untuk diingat oleh setiap orang yang membacanya.
  • Kalimat dalam poster harus dituliskan dengan ukuran huruf yang besar, agar terlihat oleh setiap pasang mata.
  • Gambar dalam poster harus mencolok, dengan tujuan agar orang lebih tertarik dengan poster tersebut.

Baca Juga : Contoh Artikel Ilmiah, Pendidikan, Jurnal yang Baik dan Benar

Cara Membuat Poster Yang Baik dan Benar

  1. Menentukan Tema/Topik Poster
    Hal pertama yang harus kalian lakukan saat akan membuat sebuah poster adalah menentukan tema/topik. Contohnya kamu hendak mengajak seseorang untuk menjaga lingkungan, maka kamu harus membuat poster yang relevan dengan topik yang akan kalian angkat.
  2. Isi Poster
    Setelah berhasil menentukan topik pembahasan, yang harus kamu kerjakan selanjutnya adalah menentukan isi poster kamu. Jika poster kamu bertujuan untuk promosi, tentunya kamu harus menyusun strategi agar poster kamu terlihat menarik dan meyakinkan.
  3. Menentukan Bahan Poster
    Agar poster yang ada buat tidak cepat rusak, kamu harus menentukan bahan apa yang akan kamu pakai dalam membuat poster. Jika poster yang kamu buat memiliki durasi waktu lama, sebaiknya kamu menggunakan bahan yang baik.
  4. Menentukan Ukuran Poster
    Yang terakhir, kamu harus menentukan seberapa besar ukuran poster yang hendak kamu buat. Hal ini sama seperti dengan bahan poster, jika yang kamu buat sebuah poster yang memuat banyak informasi. Secara otomatis kamu memerlukan poster berukuran besar.

Contoh Poster Pendidikan

Poster sendiri adalah salah satu materi yang di ajarkan di sekolah, tepatnya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Pada umumnya poster memiliki beberapa kesamaan dengan iklan. Berikut penjelasannya mengenai poster di atas:

Menjadi orang yang terpelajar merupakan impian semua orang, akan tetapi untuk menjadi orang yang terpelajar tidaklah semudah membalik tangan. Kita dipaksa untuk belajar dengan keras, melebihi porsi belajar orang pada umumnya. Selain itu kita juga dipaksa untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Poster pendidikan diatas secara langsung atau tidak langsung, mengajak kita, ter khusus para pelajar. Agar mereka menggunakan waktu yang dimilikinya dengan sebaik mungkin.

Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, akan tetapi orang yang melakukan hal ini, bisa dipastikan mereka akan sukses di kemudian hari. Ada lagi sebuah kata yang masih menyangkut tentang waktu “Waktu laksana pedang, apabila kamu tidak menggunakannya maka dia membinasakan kamu”

Poster diatas bertuliskan “Orang terpelajar menggunakan waktunya untuk belajar” Jadi salah satu ciri-ciri orang terpelajar (berilmu) adalah mereka yang selalu menggunakan waktunya dengan baik. Jadi intinya selama kita masih memiliki kesempatan/waktu untuk belajar, maka gunakan lah waktu itu sebaik mungkin.

Contoh Poster Kesehatan

Contoh poster kesehatan poster kesehatan diartikan sebagai sebuah poster yang mempunyai informasi informasi yang terkait dengan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan sosialisasi dan juga pemahaman kepada masyarakat luas akan pentingnya kesehatan dan menjaga kesehatan seperti pentingnya menjaga dan menerapkan pola hidup sehat pentingnya.

Gunakan font yang enak dibaca serta gunakan ukuran font tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil yang pasti enak dan nyaman pada saat dibaca oleh orang. Karena tulisan akan memberikan informasi gambar yang menarik mengenai luar biasa contoh gambar poster kesehatan yang mudah digambar yang bisa dijadikan referensi. Serta penjelasan tentang poster pendidikan yang mudah diajarkan dan digambar.

Contoh Poster Hemat Energi

Sumber Daya Alam akan habis jika kita tidak menghemat nya, untuk itu kita sebagai pelajar yang baik harus memberikan contoh penggunaan SDA yang baik. Kenapa kita harus menghemat? karena energi ada banyak sumbernya, khususnya listrik, ada yang bersumber dari tenaga air, udara, dan batu bara.

Ini adalah contoh kalimat poster hemat energi dan slogan hemat energi buatan ku. Ingat! Aku juga mau istirahat. Andai saja lampu bisa berbicara mungkin dia juga akan mengatakan seperti itu kepada kalian yang suka boros energi listrik di Sekolah, mentang-mentang sudah bayar, kemudian kalian sembarangan menggunakannya.

Jika sudah ke toilet, matikan lampu yang sudah tidak digunakan, atau ditempat lain, misalnya kelas, mushola, perpustakaan, dll. Jika kalian jadi petugas piket dan pulang terakhir, maka kalian wajib untuk mematikan lampu di kelas. Tapi, jika ada kebijakan bahwa lampu di area tertentu di sekolah tidak boleh dimatikan, maka jangan dimatikan, karena mungkin itu adalah area khusus yang harus terang, misalnya saja untuk menghindari pencuri.

Contoh poster kartun hemat energi, kira-kita begini percakapan lampu, jika sudah kesal kepada kalian yang selalu lupa mematikan lampu kamar tidur.

“Memangnya kamu saja yang mau istirahat, Aku juga mau!” mungkin itu yang terucap dari lampu hehe.

“Hah!” jawaban bengong kamu ketika lampu itu berbicara, tapi itu hanya halusinasi aku saja, hihihi.

Untuk itu kamu harus selalu hemat energi listrik di Rumah, karena kasihan orangtua harus membayar tagihan listrik mahal. Jika masih saja lupa mematikan lampu, coba kamu buat jadwal harian di rumah, untuk memudahkan kalian membagi waktu.

Contoh Poster Niaga

Poster Niaga adalah poster yang dibuat untuk media komunikasi dalam urusan perniagaan untuk menawarkan suatu barang atau jasa. Poster Niaga merupakan salah satu jenis poster berdasarkan isinya. Poster niaga juga memiliki nama lain yaitu poster komersial. Poster niaga sendiri banyak sekali seperti poster niaga minuman, makanan, barang, sabun, sampo, perlengkapan bayi.

Kalimat dalam poster niaga harus berisi ajakan atau rayuan agar orang mau membeli barang yang dijual. Untuk gambar produk yang akan dibuat poster niaga juga harus bagus dan menarik.

  1. Contoh Gambar Poster Niaga Makanan m2m
    Contoh gambar poster niaga dibuat dengan background blur agar tidak mengganggu makanan yang dipromosikan dan gambar makanannya lebih menonjolkan. Untuk contoh poster tersebut menonjolkan tentang hemat dan murah namun paket yang didapat lengkap. Tidak hanya itu pelanggan juga dimanjakan dengan adanya fasilitas GO FOOD.
  2. Contoh Poster Niaga Makanan KFC
    Poster Niaga KFC ini jika kita sering mengamati mereka suka mendesain dengan warna yang kontras. Apa itu warna kontras ? Warna kontras atau komplementer adalah warna yang berkesan berlawanan satu dengan lainnya. Lihat saja gambar poster diatas terlihat lebih menarik bukan. Angka diskon nya juga terpampang dengan jelas sehingga lebih menarik lagi. Poster diatas juga termasuk contoh poster niaga yang mudah digambar.
  3. Contoh Poster Niaga Makanan KFC dengan lampu
    Ini adalah contoh penempatan poster yang bagus apalagi untuk poster niaga makanan. Saat orang sedang menunggu pesanan mungkin mereka akan tertarik dengan menu lainnya. Poster seperti sangat memanjakan pelanggan dalam pemilihan menu tanpa buka tutup buku menu. Ditambah penerangan lampu belakang poster membuat poster lebih hidup dan menarik.
  4. Contoh Poster Niaga Minuman kfc krushers
    Jika kita amati lebih jauh poster niaga KFC memang bagus – bagus entah poster niaga untuk makanan atau minumannya. Contoh gambar diatas adalah poster niaga minuman dari KFC. Pemilihan background dan font sangat pas dan keren. Sehingga pembaca poster lebih tertarik untuk membeli minuman tersebut.
  5. Contoh Poster Niaga Minuman misumi
    Kali ini poster dari minuman misumi, poster dilihat sekilas sangat menggoda dan menyegarkan. Apalagi dengan percikan susu dibawah nya dan background biru bikin enak dilihat. Warna – warna poster seperti ini yang perlu dibuat inspirasi. Dengan kalimat bahasa inggris poster nya jadi kekinian.
  6. Contoh Gambar Poster Niaga Minuman Pocari Sweat
    Poster ini menggambarkan mengembalikan energi yang habis setelah minum pocari sweat. Dengan background langit membuat pandangan menjadi lebih luas. Jika kita sedang lelah lalu memandangi langit disertai di depannya ada laut dengan hembusan angin sepoi – sepoi serasa semua capek – capek hilang.
  7. Contoh Poster Niaga Sabun sunlight
    Poster nya sangat simpel namun tujuan dari poster sudah tercapai. Yaitu mencuci piring dengan cepat dengan sabun sunlight. Warna hijau pas sekali dengan poster sabun yang ini.

Berikut ini contoh kalimat poster niaga makanan, minuman, sabun dan barang lainnya.

“Makin Hemat Makin Nikmat”
”Sengit Dalam Citarasa yang Sengit”
”Berani Coba Super Pedas”
”BOOM Paket Super Pedas”
”Special Taste”
”Its Chicken Rice Day”
”Bring A Friend To Enjoy It!”
”Hearty Value Meats made for one”
”Saatnya Menikmati Kesegaran ………..”
”Segarkan Dirimu dengan ……..”
”Nikmatnya …… Ceriakan Suasana”
”Minuman Sehat dan Berkhasiat”
”Nyatanya Nyegerin”
”Purify Your Mind Refresh Your Body”
”Enjoy Your Chocolate”
”100% Refresher”
”Ciptankan Hari – Hari Anti Kuman ( Poster Sabun )”
”BARU ! 5x Lebih Cepat Hilangkan Lemat Bandel ( Poster Sabun )”
”Born For Speed ( Poster Sepatu )”

Contoh Poster Ramadhan

Biasanya, sebelum puasa dimulai, umat Muslim akan memohon maaf dan mengucapkan selamat puasa kepada orang-orang terdekat, seperti teman hingga keluarga. Kendati demikian, saat ini kondisinya tak memungkinkan untuk ber tatap muka secara langsung dengan orang-orang terdekat tersebut.

Selama pandemi Covid-19 atau corona seperti sekarang, masyarakat diharuskan berdiam diri rumah untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Karena itu, mengirim ucapan selamat puasa melalui pesan instan atau DM media sosial, bisa dijadikan alternatif.

Dalam menyambut bulan puasa Ramadhan, tak lengkap jika tak berbagi ucapan dengan orang terdekat. Kamu bisa membagikan ucapan permohonan maaf dan selamat menunaikan selamat malaksanakan ibadah puasa.

Agar lebih menarik, kamu bisa mengirimkan kata-katanya melalui puisi yang indah dan menyentuh. Kamu bisa mengirimkan puisi tersebut melalui pesan di media sosial, seperti Instagram dan Facebook. Kamu juga bisa mengirimkannya lewat SMS atau chat WhatsApp.

Fajar Ramadan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda,

sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci.

Selamat menunaikan ibadah puasa 1440 H.

Semoga amal kita diterima di sisi Alllah SWT. Aamiiin.”

“Jika semua harta adalah racun maka zakat adalah penawarnya.

Jika seluruh umur adalah dosa maka takwa dan tobat adalah obatnya.

Jika seluruh bulan adalah noda maka Ramadan adalah pemutihnya.

Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu

Gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal

Marhaban Ya Ramadhan

Selamat menunaikan ibadah puasa”

“Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu.

Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan.

Selamat datang Ramadhan, Selamat beribadah puasa.

Mohon Maaf Lahir dan Batin”

“Ya Allah… Perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan

Hiasi hatinya dengan kesabaran, muliakan wajahnya dengan ketakwaan

Perindahlah fisiknya dengan kesehatan serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan

Karena hanya Engkau Dzat Penguasa Sekalian Alam

Marhaban Ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin”

Contoh Poster Islami

Berdakwah tak hanya melalui mimbar masjid atau pun secara tatap muka semata. Namun, beragam cara mulai berkembang untuk menyebarkan syiar agama tersebut. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini hampir semua orang menggunakan internet, mulai dari mencari berita, hiburan, pengetahuan semua bisa kita dapatkan di internet. dan tidak ketinggalan yaitu sosial media, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan sampai orang tua pun sekarang menggunakan sosial media.

Dengan adanya sosial media kita juga bisa menyampaikan pesan dakwah bentuk poster atau stiker yang dikemas dengan desain modern sehingga menarik perhatian banyak orang. Tidak hanya update di sosial media aja kita juga bisa sekalian menyebar kebaikan melalui Poster Dakwah.

Salah satunya adalah MDC (Muslim Designer Community) adalah Sebuah wadah pemersatu desainer muslim untuk lebih aktif bergerak dalam kontribusi keshalihan sosial, saling berbagi ilmu dan memberi kemanfaatan nyata yang besar bagi umat islam. Poster ini adalah karya dari member grup Muslim Designer Community.

error: Content is protected !!