Contoh Portofolio

Contoh Portofolio

Portofolio menjadi salah satu contoh hal yang paling penting saat dalam masa mencari pekerjaan. Portofolio menjadi salah satu hal yang dilihat oleh para HRD untuk melihat kualitas anda. Kualitas Anda bisa dilihat dari total portofolio yang anda lampirkan dan cara anda membuat portofolio tersebut.

Portofolio adalah sebuah kumpulan dokumen dan tulisan yang pernah anda buat atau pernah anda hasilkan secara menyeluruh dari aktivitas yang pernah anda lakukan tersusun secara rapi dan menarik. Biasanya portofolio ini dalam bentuk dokumen, kelompok lembaran organisasi, perusahaan lembaga, dan sebagainya yang Tujuannya adalah untuk mendokumentasikan perkembangan seseorang dalam mencapai tujuan yang pernah dicapai sebelumnya.

Loading...

Fungsi portofolio adalah sebagai acuan untuk digunakan melihat track pencapaian-pencapaian yang telah didapat oleh seseorang. Dengan melampirkan portofolio ini seseorang bisa dinilai baik atau tidak dalam hal pencapaian yang telah ia lakukan agar pihak yang membaca bisa mengetahui kapasitas dan kemampuan orang tersebut.

Cara Membuat Portofolio

Dalam membuat portofolio perlu diperhatikan beberapa hal, diantaranya :

Loading...

1. Membuat daftar isi
Dikarenakan portofolio adalah kumpulan dokumen dari hasil prestasi dan pencapaian Anda maka, anda melampirkan daftar isi terkait apa saja yang akan dijelaskan dalam portofolio. Tujuannya adalah untuk mempermudah klien atau pembaca saat mencari informasi tertentu yang diperlukan.

2. Melampirkan CV atau resume
Dengan melampirkan CV atau resume singkat di dalam salah satu dokumen pada portofolio anda bisa membantu calon klien atau pembaca portofolio anda dengan melihat secara singkat terkait data-data personal di dalam CV atau resume yang anda buat.

3. Menjelaskan tujuan dan pencapaian
Menjelaskan secara singkat tentang tujuan dan pencapaian yang akan dilakukan oleh anda di masa depan menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan portofolio. Berikut penjelasannya yang dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan waktu perencanaan :

a. Tujuan jangka pendek
Berisi hal-hal yang akan anda capai dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun kedepan.

b. Tujuan jangka panjang
Berisi perencanaan pencapaian yang ingin anda dapatkan dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun kedepan. Tujuan dari penulisan adalah agar klien atau pembaca bisa mengetahui bahwa anda adalah orang yang memiliki visi dan misi kedepan yang terencana dengan baik. Dalam pembuatan portofolio sangat penting untuk menjelaskan terkait informasi dan nilai-nilai etika kerja, filosofi, target pencapaian yang jelas, dan langkah-langkahnya yang akan Anda lakukan demi mencapai tujuan tersebut.

4. Menguraikan secara jelas keterampilan dan pengalaman anda
Bagian ini adalah bagian penting karena melampirkan pengalaman dan keterampilan kerja serta skill yang anda miliki. Jangan lupa untuk membuat daftar terkait keterampilan kerjanya dan pengalaman kerja yang pernah anda miliki.

5. Lampirkan contoh hasil karya atau pencapaian
Pada bagian ini juga akan menambah poin Portofolio anda karena lebih menarik. Contoh hasil karya ini Biasanya berupa teks atau foto tetapi hal ini juga harus sesuai dengan bidang yang anda miliki Dan berkaitan dengan yang klien anda butuhkan

6. Melampirkan Testimoni klien sebelumnya
Dengan melampirkan testimoni akan menjadikan portofolio anda memiliki nilai plus lebih bagi calon klien anda karena dengan melampirkan testimoni bisa menambah kepercayaan kepada calon klien atau pembaca dari portofolio anda. Pihak penerima pekerjaan akan bisa menilai Bagaimana kualitas diri Anda dari testimoni yang sudah ada lampirkan, testimoni yang Anda lampirkan harus jelas isi testimoninya dan dari siapa beserta jabatan apa yang dimiliki oleh orang yang memberikan testimoni tersebut. Pilih yang menurut anda paling bagus dan memberikan nilai lebih sehingga HRD atau calon klien yang akan mempekerjakan anda bisa mengetahui bagaimana kepribadian Anda saat bekerja nantinya.

7. Mencantumkan penghargaan
Pada bagian ini anda bisa melampirkan semua penghargaan dan sertifikat yang pernah anda dapatkan. Baik berupa penghargaan, sertifikat, tanda kehormatan, event, seminar dan sebagainya. Penulisannya harus jelas terkait dengan jenis penghargaan, alasan dikeluarkannya sertifikat, dan tahun pelaksanaannya. Sertifikat yang Anda masukkan biasanya dalam bentuk fotokopi sebagai tanda bukti keaslian. Pencapaian-pencapaian ini ini hendaknya dilampirkan dari yang anda dapatkan sejak 5 tahun terakhir.

Perbedaan Portofolio Dengan CV

Surat lamaran kerja, CV, dan portofolio sering dianggap sebagai hal yang sama padahal ketiganya serupa tapi tidak sama. Berikut perbedaannya :

1. Informasi yang dicantumkan
CV lebih menjelaskan terkait data-data pribadi baik data umum maupun data khusus tentang pribadi seseorang. Data umum ini mencakup nama, alamat, kontak, email, tempat tanggal lahir, dan data pribadi lainnya sedangkan data khusus mencangkup Latar belakang pendidikan, pernah mengikuti seminar kursus yang pernah diikuti dan sebagainya.

Sedangkan portofolio berisi informasi orang terkait dengan hasil karya yang pernah dibuat. Tidak hanya menunjukkan hasilnya tidak hanya menunjukkan hasilnya, tetapi juga menginformasikan potensi Apa yang anda miliki dan kemampuan diri Apa yang anda miliki dan harus sesuai dengan kebutuhan calon klien tempat anda melamar kerja. Contohnya di bidang fotografi maka, contoh portofolio fotografi harus anda lampirkan berupa hasil karya fotografi yang anda miliki. Bisa berupa gambar video atau karya seni terkait fotografi tersebut.

2. Kelengkapan data
CV harus dibuat dengan lengkap tetapi sesimpel mungkin sehingga rekruter tidak akan bingung saat membaca data-data anda.
Sedangkan portofolio harus panjang dan lengkap, biasanya semakin banyak yang dilampirkan semakin bagus. Tapi pada dasarnya Anda harus bisa menunjukkan karakter, talenta, dan kekuatan dari lembaran portofolio anda. Buat semenarik dan seunik mungkin. Anda harus meyakinkan revolter anda kalau Anda pasti bisa membawa perusahaan lebih maju dan siap bersaing dengan yang lainnya.

3. Bukti
Meskipun pada dasarnya CV dan portofolio adalah dua hal yang saling melengkapi tetapi berbeda, tetapi keduanya sama-sama diperlukan oleh perusahaan karena membuat data-data si pelamar kerja. Oleh karena itu, tidak heran jika ada perusahaan yang meminta CV sekaligus portofolio anda.

CV memuat terkait data pribadi dan khusus sedangkan portofolio memuat bukti kemampuan dan skill anda. Dengan melampirkan hasil karya anda calon klien anda bisa mengetahui kemampuan dan skill anda dengan membuktikan hasil karya yang anda buat.

Setelah mengetahui cara membuat portofolio untuk lamaran kerja yang baik dan sesuai dengan aturan, agar lebih memahami Bagaimana portofolio yang baik dan bisa membantu Anda mempersiapkan apa saja yang harus Anda masukkan ke dalam portofolio anda, berikut ini contoh-contoh portofolio yang bisa anda jadikan referensi :

Contoh Portofolio Desain

Contoh portofolio desain pastinya harus melampirkan hasil karya desain yang pernah anda buat. Saat ini web desain portofolio menjadi hal yang sangat menarik bagi para rekruter meskipun begitu itu, terkadang sulit untuk menyelaraskan Keinginan kita dengan keinginan klien karena sangat beragam. Kadang yang menurut kita bagus justru menurut mereka desain itu terlalu jelek atau rame dan sebagainya, begitu juga sebaliknya.

Untuk itu berikut ini contoh-contoh kain yang bisa membantu anda untuk memberikan inspirasi dan motivasi untuk memulai desain atau mendesain ulang portofolio – portofolio anda.

Contoh Portofolio Desain

Contoh Portofolio Lamaran Kerja

Portofolio lamaran kerja adalah hal yang penting untuk setiap pelamar pekerjaan. Jika anda membuat portofolio alakadarnya atau biasa-biasa saja dan tidak memberikan kesan menarik di dalamnya maka Jangan heran jika portofolio anda akan berakhir di tempat sampah.

Portofolio yang menarik dan berkesan profesional akan memberikan peluang yang besar untuk Anda diterima diperusahaan di mana anda akan melamar pekerjaan. Berikut beberapa contoh portofolio lamaran kerja yang bisa anda jadikan referensi dan inspirasi dalam pembuatan portofolio lamaran kerja anda silakan klik disini Lamaran Kerja.

Contoh Portofolio Siswa SMA

bagi anda yang lulusan SMA SMK dan sederajat yang hendak melamar pekerjaan. berikut contoh portofolio siswa SMA yang bisa anda jadikan referensi.

Selain itu, berikut ini contoh portofolio siswa SMA yang dijadikan sebagai tugas penilaian dari guru kepada siswa yang bisa anda jadikan contoh portofolio siswa SMA untuk anda.

Berikut ini susunan contoh portofolio siswa SMA yang mudah untuk dipahami :
1. halaman sampul
2. halaman daftar isi
3. halaman kata pengantar
4. halaman isi
5. lembar penilaian diisi oleh guru penjelasan

—————–

1. Halaman sampul
halaman sampul berisi nama, nomor induk kelas, dan nama sekolah

2. Halaman daftar isi – yang tercantum dalam daftar isi ini adalah sebagai berikut :
kata pengantar
tugas wajib :
a. perbandingan laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil
b. rekayasa lingkungan
c. penalaran
d. perbandingan

3. Halaman kata pengantar
Kata pengantar berisi sikap siswa terhadap pelajaran biologi, sikap siswa terhadap tugas-tugas untuk pelajaran biologi, manfaat yang dirasakan oleh siswa dari pelaksanaan tugas-tugas itu, dan alasan pemilihan karya tulis pilihan sebagai pelaksanaan tugas

4. Isi
A. Perbandingan laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil
halaman pertama berisi :
1. Nomor tugas (nomor 1)
2. Judul uraian perbandingan laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil
3. nama siswa
4. tanggal

Halaman selanjutnya berisi judul, tugas dari guru siapa, dan hasil kerja siswa
Judul : “perbandingan laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil”
tugas : “Buatlah matriks yang menunjukkan laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil”

Hasil kerja siswa adalah tulisan yang terdiri atas 2 bagian yaitu data dan uraian sebagai berikut :

a. data numerik dalam matriks yang laju pertumbuhan kecambah monokotil dan dikotil dalam hal panjang batang dan jumlah daun selama 15 hari terhitung dari hari tanam pertama

b. uraian tentang hasil perhitungannya, sedikit komentar antara hasil dan dugaan dari siswa tentang panjang batang dan jumlah daun pada batang dan jumlah daun pada kedua jenis tanaman itu setelah berumur 30 hari

B. Rekayasa lingkungan perairan halaman pertama berisi :

Halaman pertama berisi :

1. nomor tugas (nomor 2)
2. Judul uraian, yaitu “rekayasa lingkungan perairan”
3. nama siswa
4. tanggal

Halaman selanjutnya berisi judul dan uraian sebagai berikut :
judul : “rekayasa lingkungan perairan” atau akuarium air tawar
Tugas : (seperti di atas)
isi :
a. gambar desain akuarium
b. alat dan bahan yang dibutuhkan
c. cara kerja
d. rincian biaya dan bahan

C. penalaran
Halaman pertama berisi :
1. nomor tugas (nomor 3)
2. judul uraian, yaitu “masalah logika”
3. nama siswa
4. tanggal

Halaman selanjutnya berisi judul dan uraian sebagai berikut :

  1. Judul : “masalah logika”
  2. Tugas : (Seperti di atas)
  3. Isi (uraian sepanjang 2 halaman)

Salah satu ciri khas manusia adalah kemampuannya dalam hal Nalar atau menggunakan logika, akan tetapi logika sering disalahgunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh, seorang bernama Gangga berjanji kepada temannya kalau saya selesai dengan pekerjaan rumah, saya akan datang di Pestamu. jika kemudian Gangga datang ke pesta, temannya mungkin berpendapat bahwa Gangga telah selesai dengan pekerjaan rumahnya. Apa itu logis? … (dst)

Untuk menganalisis masalah diatas perlu dijelaskan konsep logika matematis, masalah logika yang harus saya pecahkan itu termasuk masalah “pernyataan bersyarat:…(dst)

Berikut ini adalah dasar kebenaran dan penjelasannya yang berkaitan dengan masalah yang harus saya pecahkan…(dst)

D. Perbandingan
Halaman pertama berisi :

1. Nomor tugas (nomor 4)
2. judul uraian yaitu perbandingan massa kotiledon
3. nama siswa
4. tanggal

Halaman selanjutnya berisi urutan uraian sebagai berikut :
Judul : “Perbandingan massa kotiledon”
Tugas : (seperti di atas)
Pemecahan masalah (uraian Sepanjang 1 halaman) :
untuk memecahkan masalah ini kita perlu menganalisis data atau informasi di atas. informasi 3 kotiledon phaseolus vulgaris yang massanya dengan 5 kotiledon phaseolus radiatus dapat dinyatakan dengan lambang:
3 V = 5 R
Sehingga dengan menggunakan aljabar kita peroleh hubungan
R = 3 V/5
Selanjutnya formasi 1 kotiledon arachis hypogea sama massanya dengan gabungan dari 2 kotiledon phaseolus radiatus dan 1 kotiledon phaseolus vulgaris dapat dinyatakan dengan lambang
1 p + 2 r = 1 h
Dengan substitusi kita dapatkan
1 v + 6 v/5 = 1 h…(dst)

Link di bawah ini juga contoh portofolio siswa SMA yang bisa dijadikan contoh atau referensi dari Tugas anda anda bisa mendownloadnya langsung di link ini. Klik sekarang juga!

Portofolio Siswa SMA

Contoh Portofolio Perusahaan

Contoh portofolio perusahaan tidak sulit untuk dipelajari. Untuk itu perlu mengkreasikannya dengan sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik dan profesional di mata perekrut Dimana tempat anda akan melamar pekerjaan. Di bawah ini contoh portofolio perusahaan untuk Anda yang akan melamar pekerjaan. semoga bermanfaat!

Contoh Portofolio PDF

Bagi anda yang akan melamar pekerjaan, silakan Klik link di bawah ini untuk mendapatkan referensi, motivasi, dan inspirasi dalam pembuatan portofolio Anda. Portofolio PDF yang bisa anda unduh sekarang juga!

Contoh Portofolio Matematika

Contoh portofolio matematika yang sudah dilampirkan di artikel ini bisa anda unduh sekarang juga lewat Link yang tertera di bawah. Contoh portofolio yang satu ini sangat mudah untuk anda pelajari dan anda buat ulang kembali sesuai dengan versi anda. Semoga dengan contoh ini anda bisa menyelesaikan tugas atau apapun kebutuhan anda dengan mengunduh link ini.

Portofolio Matematika

Contoh Portofolio PKN

Berikut ini contoh portofolio PKN untuk Anda yang masih di bangku sekolah dan bisa dijadikan referensi untuk keperluan tugas anda. Unduh sekarang juga dengan mengklik link dibawah ini!

Portofolio PKN

Contoh Portofolio Word

Contoh portofolio word di bawah ini adalah beberapa template yang bisa dijadikan contoh untuk portofolio anda. Contoh portofolio word di bawah ini adalah contoh portofolio yang sangat sederhana dan bisa anda buat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer anda.

Selain itu anda juga bisa melihat contoh surat lamaran pekerjaan versi microsoft Word yang bisa anda Unduh di folder di link dibawah ini.

Dengan mempelajari dari contoh-contoh dan juga Link yang dilampirkan di artikel ini, semoga anda bisa membuat portofolio versi Anda yang lebih baik daripada contoh-contoh di atas. selamat mencoba!

Portofolio Word

Contoh Portofolio Bahasa Indonesia

Contoh portofolio bahasa Indonesia bisa anda lihat di link dibawah ini. Ini bisa anda jadikan referensi dan bahan pembelajaran untuk pembuatan portofolio Anda saat akan melamar pekerjaan. Susunan dan desainnya pun sangat menarik jadi anda bisa mempelajarinya dengan mudah. Selamat mencoba!

Itu dia tadi beberapa informasi tentang contoh portofolio yang bisa anda kreasikan kembali sesuai dengan minat dan kreativitas anda masing-masing.

Tidak lupa sekedar tips saja anda juga bisa membuat portofolio dalam bentuk video website dan masih banyak lagi sesuai dengan kreativitas anda untuk menarik pihak penyelenggara pekerjaan untuk merekrut anda sebagai pekerjanya.

error: Content is protected !!