Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar

Contoh kata pengantar adalah bagian yang berisi ucapan rasa syukur, tujuan, dan manfaat karya yang ditulis. Penulis juga mengungkapkan rasa terimakasih penulis kepada pihak-pihak yang telah membantu. Kata pengantar juga berisi harapan penulis untuk memperoleh kritik dan saran atas karya yang telah dibuat demi perbaikan karya-karya selanjutnya.

Kata pengantar biasanya disajikan di halaman pertama sebuah buku, makalah, atau karya tulis lainnya. Kata pengantar diletakkan pada halaman pertama suatu karya memiliki tujuan khusus. Tujuannya yaitu memberikan pengetahuan kepada pembaca bahwa penulis telah melewati banyak hal. Selain itu juga memberi tahu pembaca bahwa penulis telah melibatkan kontribusi banyak pihak dalam menyusun atau menulis karya tulis tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pengantar terdiri dari dua kata dasar yaitu kata dan pengantar atau antar. Pengantar merupakan salah satu jenis kata benda yang memiliki arti pembimbing, orang yang mengantarkan, alat untuk mengantarkan, serta pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan. Jadi kata pengantar menurut KBBI adalah kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Fungsi kata pengantar itu sendiri adalah mengantarkan pembaca kepada uraian isi dari suatu karya tulis atau karya ilmiah. Kata pengantar tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menyampaikan rasa terimakasih dan rasa syukur. Tidak juga hanya memaparkan kelebihan dan kekurangan dari karya yang dibuat.

Contoh Kata Pengantar Terlengkap

Dalam penulisannya, tidak lepas dari strukturnya. Harus diawali dengan pembukaan, seperti mengucapkan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa. Contoh lainnya seperti Puji syukur, Alhamdulillah dan lainnya. Setelah itu, kita memberikan penjelasan karya tulisnya, mulai dari judul hingga ke isinya. Dalam menjelaskan isi jangan panjang-panjang, cukup singkat namun dapat di mengerti oleh si pembaca.

Selanjutnya, untuk harapan. Harapan ini biasanya juga berisi ungkapan terimakasih kepada orang yang bersangkutan misalnya guru, dosen, teman, keluarga, dan lain-lain. Harapan ini sesuai keinginan si penulis dalam penulisan karyanya.

Dibagian akhir, harus ada kata permohonan maaf. Mengapa? Karena sebagai rasa maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam penulisan karya tulis yang dibuat. Serta dilampirkan untuk si pembaca dalam kritik dan saran untuk mengenai karya tulis yang dibuat.

Kata pengantar tersusun atas tiga bagian, yaitu bagian pembuka, bagian isi, dan bagian penutup.

Pembuka
Bagian pembuka pada kata pengantar tidak jauh berbeda dengan bagian pembuka karya tulis lainnya. Sesuai dengan namanya, bagian pembuka biasanya dibuat untuk membuka suatu hal yang biasanya diletakkan pada paragraf pertama hingga paragraf kedua.

Isi
Bagian selanjutnya adalah bagian isi. Bagian isi juga tidak jauh berbeda dengan karya tulis pada umumnya. Bagian isi memuat gambaran atau uraian singkat tentang isi karya tulis tersebut. Pada bagian isi biasanya disebutkan judul karya tulis beserta ulasan singkat tentang apa yang akan dipaparkan dalam karya tulis tersebut secara keseluruhan.

Penutup
Bagian terakhir dalam kata pengantar adalah bagian penutup. Bagian penutup biasanya berisi permohonan maaf apabila terdapat kesalahan-kesalahan tertentu dalam karya tulis yang telah dibuat. Bagian ini berisi juga harapan penulis terhadap karya yang telah dibuat agar dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membacanya.

Baca Juga : Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan Uang, BPKB, Dokumen, Dll

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya, sehingga makalah yang berjudul “Alat Komunikasi dari Masa ke Masa” ini dapat terselesaikan dengan baik, dan kini tengah berada di depan pembaca sekalian.

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan wawasan kepada pembaca mengenai sejarah perkembangan alat komunikasi dari masa ke masa, serta apa saja yang termasuk alat komunikasi dari masa-masa tersebut. Dengan begitu, kita dapat mengetahui seperti apa asal usul dan perkembangan alat komunikasi yang lazim digunakan manusia.

Makalah ini tentu dapat terselesaikan dengan baik berkat bantuan dari pihak lain juga. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Hetty Santosa S.Sos., M.Si selaku pengampu mata kuliah Perkembangan Teknologi Komunikasi atas saran dan bimbingannya.

Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua pihak. Selain itu, penulis berharap agar pembaca tidak sungkan memberi masukan berupa kritik dan saran yang membangun, karena penulis sadari bahwa makalah ini masih belum sempurna.

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Proposal usaha angkringan ini dibuat berdasarkan kajian ulang mengenai peluang usaha yang amat besar di wilayah Yogyakarta. Berbagai macam aspek yang dapat menguntungkan bagi para wirausahawan untuk mendirikan usaha kuliner angkringan ini.

Kami sebagai pendiri dari Angkringan Lik Yujo akan merasa bangga apabila dapat mengurangi angka pengangguran di wilayah Yogyakarta dan tentunya semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap masakan khas wilayah setempat ini. Harapan saya selain sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta kiranya dapat dinobatkan sebagai kota kuliner di Indonesia.

Demikian proposal usaha dan bisnis Angkringan Lik Yujo dapat terselesaikan dengan baik berkat ridho Allah SWT. Kami ucapkan terimakasih atas dorongan serta motivasi dari berbagai pihak yang terlibat khususnya keluarga dan rekan-rekan sekalian.

Tidak lupa kami mengharapkan saran serta kritik sehingga kami dapat menjalankan usaha Angkringan Lik Yujo ini menjadi lebih maju dan berkembang.

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Syukur alhamdulillah kami panjatkan kepada Allah SWT yang mana berkait Rahmat dan Hidayah-Nya lah kami bisa menyelesaikan laporan ini dengan baik dan tepat waktu. Tak lupa shawalat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana berkat beliau kita bisa menjadi manusia yang berada di jalan yang di ridhoi oleh Allah. Kami telah menyelesaikan tugas laporan magang di PT Setia Jaya Sentosa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Tujuan kami menulis laporan ini adalah sebagai bukti dokumentasi tentang kunjungan industri yang telah kami lakukan selama kurun waktu 3 (tiga) bulan. Laporan ini juga bermanfaat sebagai bahan evaluasi mengenai kunjungan industri yang sudah dilakukan tersebut. Kami membuat laporan PKL ini dengan mengacu kepada data dan bukti-bukti yang asli atau valid.

Tak lupa kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang membantu mencurahkan pikiran dan tenaganya dalam terselesainya laporan PKL ini, yaitu:

  1. Bapak Sentosa Wijaya, M.Pd selaku kepala SMK Negeri 10 Tambarksari.
  2. Bapak Anwar Usman, M.Pd selaku pembimbing laporan PKL.
  3. Bapak Arif Sentosa, ST selaku managemen perusahaaan PT. Setia Jaya Sentosa.
  4. Orang tua.
  5. Bapak dan ibu guru SMK Negeri 10 Tambaksari.

Kami menyadari bahwa laporan PKL ini masih jauh dari kata sempurna. Namun, kami tetap berharap agar supaya laporan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Puji dan syukur selalu penulis hatur kan ke hadirat Allah Swt., karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, skripsi ini dapat disusun dan diselesaikan. Shalawat dan salam tidak lupa akan selalu tercurah kan kepada Nabi Muhammad SAW. Skripsi yang penulis buat dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Scrabble dengan Prestasi Siswa” ini dapat diselesaikan sebagai salah satu syarat akademik memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar.

Penulis juga ingin mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua pihak yang sangat berpengaruh dan mempunyai andil besar dalam proses penyelesaian studi dan skripsi ini, penulis sampaikan kepada orang tua tercinta yang sudah memberi doa dan memotivasi penulis tanpa kenal lelah.

Semua yang penulis capai pada saat ini, tidak akan mampu menyaingi dan mengganti semua yang telah mereka berikan kepada penulis. Kepada adik-adik penulis yang senantiasa memberikan tempat istirahat dan tempat berbagi cerita kepada penulis.

Tak lupa penulis juga berterima kasih kepada Muhammad Andika Kangen Band, PhD sebagai pembimbing I yang telah menuntun dalam menyelesaikan studi dan penelitian ini, serta Dra. Nur Hayati, M.Pd. sebagai pembimbing II sekaligus penasehat akademik yang telah memberikan bimbingan kepada penulis hingga terwujudnya skripsi ini.

Akhir kata, penulis mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan dan penyusunan skripsi ini, karena tidak ada sesuatu yang sempurna, kecuali Tuhan Yang Maha Menciptakan. Kritik dan saran yang sifatnya membangun, juga penulis harapkan dari berbagai pihak. Semoga kehadiran karya ini mendapat tempat dan bermanfaat bagi para pembaca, akademisi, dan juga masyarakat secara umum. Semoga semua hal yang telah diberikan oleh berbagai pihak dapat menjadi ladang ibadah di sisi Allah SWT.

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolongan – Nya kami dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul ‘Membuat Mesin Pencari Jarum’. Meskipun banyak rintangan dan hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaan nya, tapi kami berhasil menyelesaikannya dengan baik.

Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah membantu kami dalam mengerjakan proyek ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman mahasiswa yang juga sudah memberi kontribusi baik langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Tentunya ada hal-hal yang ingin kami berikan kepada masyarakat dari hasil karya ilmiah ini. Karena itu kami berharap semoga karya ilmiah ini dapat menjadi sesuatu yang berguna bagi kita bersama.

Pada bagian akhir, kami akan mengulas tentang berbagai masukan dan pendapat dari orang-orang yang ahli di bidangnya, karena itu kami harapkan hal ini juga dapat berguna bagi kita bersama.

Semoga karya ilmiah yang kami buat ini dapat membuat kita mencapai kehidupan yang lebih baik lagi.

Contoh Kata Pengantar Singkat

Singkat-1

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, dimana yang sudah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami dapat berhasil menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya ini. Dimana dalam makalah ini berjudul “CANDI DIENG”. Kami menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karenanya, kritik dan saran dari seluruh pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam penyusunan makalah ini mulai dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala bentuk usaha kita. Amin.

Singkat-2

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini bisa tersusun hingga selesai. Tidak lupa juga kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang sudah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik berupa pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga makalah ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca nya. Bahkan tidak hanya itu, kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini si pembaca mempraktekkannya dalam kehidupan sehari – hari.

Kami sadar masih banyak kekurangan didalam penyusunan makalah ini, karena keterbatasan pengetahuan serta pengalaman kami. Untuk itu kami begitu mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Singkat-3

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas usainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat”. Atas dukungan moral serta materil yang diberikan terhadap penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Manalu, M.Pd, selaku kepala sekolah Universitas Terbuka, yang memberikan bimbingan, saran, ide serta kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Diemash, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang selalu memberikan dorongan, motivasi dan masukan kepada penulis.
  3. Ibu Dini Wardini, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, serta masukan kepada penulis.

Penulis menyadari jika makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran serta kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Singkat-4

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat serta hidayah-Nya, terutama nikmat kesempatan dan kesehatan sehingga kami bisa menyelesaikan makalah mata kuliah “Ekonomi Pembangunan”. Shalawat serta salam kita sampaikan kepada Nabi besar kita Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman hidup yaitu Al-Qur’an serta sunnah untuk keselamatan umatnya di dunia ini.

Makalah ini dibuat karena merupakan salah satu tugas mata kuliah Ekonomi Pembangunan di program studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi pada Universitas Terbuka. Selanjutnya penulis mengucapkan terima kasih yang kepada Ibu Dra. Nimas, Msi selaku dosen pembimbing mata kuliah Ekonomi Syariah dan kepada segenap pihak yang sudah memberikan bimbingan serta arahan selama proses penulisan makalah ini.

Penulis menyadari jika terdapat banyak kekurangan didalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan sebuah kritik dan saran yang membangun dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Contoh Kata Pengantar Penelitian

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya lah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “ANALISIS AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 ATAS KARYAWAN PADA PT X” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada :

  1. Bapak Dadan Ramdhani, SE, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
  2. Pimpinan PT X, Bapak X dan seluruh staff perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
  3. Papa dan mama serta adikku yang telah memberikan doa, dorongan dan semangat selama penyusunan skripsi ini.
  4. Teman-temanku satu bimbingan penelitian proposal, Putri Gita Setiawati yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Itulah beberapa contoh kata pengantar yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas, semoga dapat bermanfaat.

error: Content is protected !!