Contoh Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan daftar contoh yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian. Maksudnya, jika kalian ingin menulis karya ilmiah yang bisa berupa, artikel, makalah, atau presentasi, kalian harus membuat daftar pustaka atau mudahnya kalian itu harus mencantumkan sumber rujukan penelitian kalian. Jika membuat tulisan ilmiah tapi sumber rujukan nya (daftar pustaka) salah atau bahkan tidak ada, maka tulisan ilmiah tersebut dikatakan tidak dapat dipercaya alias hoax.

Ada beberapa manfaat dari penulisan daftar pustaka seperti:

  1. Memenuhi etika penulisan.
  2. Bentuk ucapan terima kasih penulis kepada penyumbang data penelitian.
  3. Sebagai pendukung ide seorang penulis.
  4. Petunjuk untuk melacak kebenaran data yang diambil.
  5. Referensi silang, yaitu menunjukkan pada halaman atau bagian data tersebut dituliskan.

Daftar pustaka adalah sebuah tulisan referensi atau sumber dalam penulisan sebuah karya tulis ilmiah baru, biasanya daftar pustaka ini terletak di akhir sebuah karya tulis ilmiah. Sedangkan menurut KBBI daftar pustaka adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dan sebagainya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku, dan disusun menurut abjad.

Secara umum dalam cara penulisan daftar pustaka yakni NA-TA-JU-KO-PEN. Na adalah nama pengarang, Ta adalah tahun, Ju adalah judul, Ko adalah kota dan Pen adalah penerbit. Daftar pustaka ini biasanya digunakan pada makalah, laporan, artikel, dan skripsi. Dengan mencantumkan daftar pustaka pada makalah, artikel, atau skripsi, kamu bisa terhindar dari tindakan plagiasi atau meniru karya orang.

Contoh Daftar Pustaka Singkat

Kamu seorang siswa? Apabila iya pasti kamu pernah mendapatkan tugas membuat makalah atau karya ilmiah dalam mata pelajaran tertentu, bahasa Indonesia misalnya. Selain siswa, seseorang yang tak lepas dari tugas membuat makalah adalah seorang mahasiswa. Tak hanya makalah, para mahasiswa kerap kali terlibat dalam tugas kepenulisan seperti paper, artikel, karya ilmiah, dan yang terakhir sebagai syarat kelulusan yaitu skripsi.

Sebagai seorang yang belum paham dalam bidang kepenulisan, pasti kamu pernah mengalami kesulitan dalam membuat tugas-tugas tersebut. Salah satu contoh kesulitan yang kerap dialami para siswa dan mahasiswa adalah masalah pembuatan daftar pustaka. Daftar pustaka dalam karya ilmiah berfungsi sebagai daftar informasi mengenai sumber fakta dan kebenaran teoritis yang diungkapkan dalam karya ilmiah.

Meskipun terkesan mudah, ternyata masih banyak kesulitan dan kesalahan dalam penulisan daftar pustaka yang benar di akhir karya ilmiah seperti jurnal, makalah, dan skripsi. Tanda baca dan urutan penulisan daftar pustaka lah yang menjadi momok para mahasiswa malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya.

Salah satu yang menjadi momok bagi para siswa dalam membuat daftar pustaka adalah urutannya. Seperti yang kita tahu bahwa daftar pustaka memiliki aturan tersendiri yang diatur secara baku dalam pedoman pembuatan karya ilmiah.

Untuk itu disini memberikan ulasan lengkap mengenai panduan lengkap cara pembuatan daftar pustaka lengkap beserta contohnya. Berikut ini adalah ulasan lengkap khusus untuk kamu mengenai contoh daftar pustaka dan panduan lengkap penulisannya.

Baca Juga : Contoh Proposal dari Internet dan Buku yang Benar

Contoh Daftar Pustaka Makalah

Daftar pustaka merupakan hal yang pokok dan vital dalam menyusun sebuah karya ilmiah, hal ini biasanya banyak dicari oleh orang yang sedang mencari ilmu seperti seorang mahasiswa. Mengapa daftar pustaka penting bagi orang yang sedang melakukan penelitian atau sedang membuat sebuah karya ilmiah? lalu apa sih yang disebut dengan daftar pustaka?

Cara Menulis Daftar Pustaka adalah suatu cara untuk menulis sebuah karya ilmiah atau skripsi yang berada di akhir dari skripsi atau thesis maupun karya ilmiah apapun, yang digunakan untuk sumber atau referensi oleh seorang penulis. Jadi, tentu saja setiap dosen pengampu akan meminta pada mahasiswa nya untuk menyertakan daftar pustaka di setiap akhir karya tulis ilmiah. Perlu kamu ketahui jika penulisan daftar pustaka umumnya adalah ditulis urut secara abjad yang terdiri dari nama penulis, tahun penerbit, judul tulisan, identitas penerbit dan juga lokasi penerbit.

  1. Nama penulis
    Pertama tulis lah nama penulis makalah tersebut lalu beri tanda koma pada akhir nama.
  2. Tahun pembuatan makalah tersebut
    Setelah menulis nama penulis, tulis lah tahun pembuatan makalah dan diakhiri dengan tanda titik.
  3. Judul makalah
    Tulis judul makalah dan akhiri dengan tanda titik.
  4. Link url, apabila anda mengambil makalah tersebut dari internet.
    Apabila kalian mengutip tulisan dari sebuah makalah yang berasal dari internet, kalian harus menulis link makalah tersebut.
  5. Dan terakhir tanggal akses
    Yang terakhir sertakan tanggal akses kalian ketika mengutip makalah dari internet. Contoh apabila kamu copy paste tulisan tersebut pada tanggal 20 maret, tulis lah tanggal tersebut.

Adanya daftar pustaka antara lain bertujuan untuk membantu para pembaca dalam mencari secara detail topik yang terkait dalam penulisan karya ilmiah dengan cara membaca sumber lain yang ada di daftar pustaka yang sedang kamu buat. Adapun tujuan lain nya adalah sebagai bentuk apresiasi dari penulis terhadap karya orang lain yang dijadikan referensi atau masukan dalam menyusun suatu kalimat dalam sebuah karya tulis. Fungsi ini dapat menunjukan bahwa kamu tidak sedang membuat karya tulis dengan asal-asalan, melainkan kamu tulis berdasarkan referensi-referensi yang bisa di pertanggungjawab kan. Hal ini untuk mengantisipasi dari tuduhan plagiasi intelektual.

Contoh Daftar Pustaka Dari Internet

Contoh daftar pustaka dari internet juga bisa digunakan sebagai sumber data. Hanya saja dalam penulisan daftar pustaka tersebut harus diikuti dengan waktu kamu mengambil sumber data tersebut. Dalam hal ini kamu harus menggunakan sumber internet yang terpercaya. Pastikan kamu telah menggunakan data yang sesuai dengan data yang kamu butuhkan.

  1. Nama Pengarang
    Tulis nama pengarang dan akhiri dengan tanda titik.
  2. Tahun Publikasi
    Selanjutnya tulis tahun publikasi tulisan atau artikel dan akhiri dengan tanda titik.
  3. Judul
    Tulis judul tulisan atay artikel pada website tersebut.
  4. Tulis alamat web
    Setelah menulis judul lalu cantumkan alamat webisetnya.
  5. Tanggal akses
    Dan terakhir cantumkan (tangaal dan bulan) anda mengakses artikel tersebut dari website.

Cara penulisan daftar pustaka dan contoh-contoh di atas adalah metode atau struktur yang banyak digunakan saat ini. Dalam penulisan karya ilmiah, daftar pustaka sangat dibutuhkan untuk menghindari plagiasi karya tulis kamu. Dengan menuliskan daftar pustaka dan kutipan, kamu akan meminimalisir untuk terjadi masalah hak cipta dimasa yang akan datang. Selain itu, daftar pustaka juga wujud kamu dalam menghargai karya tulis orang lain.

Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Tata cara penulisan daftar pustaka berdasarkan urutan paling awal yaitu nama pengarang , tahun terbit, judul buku, kota dan nama penerbit buku adalah sebagai berikut.

  1. Nama pengarang, Pada penulisan nama pengarang buku, nama belakang pengarang akan dituliskan di depan lalu beri tanda koma kemudian baru dituliskan nama depan atau nama tengah pengarang buku diakhiri dengan titik. (contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf.)
  2. Jika pengarang atau penulis buku lebih dari satu maka cukup nama pengarang pertama yang dibalik namanya sedangkan pengarang lainnya tetap. (contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf, Jusuf Kalla, dan Soekarno.)
  3. Lain lagi bila pengarang buku lebih dari tiga orang, maka cukup tambahkan ‘dkk’ atau ‘et.all’ setelah nama depan penulis pertama dibalik menjadi di belakang. (contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf dkk. atau Habibie, Baharuddin Yusuf et.all.)
  4. Jika kebetulan menggunakan buku dengan penulis yang sama tetapi beda tahun, maka cukup sekali menulis nama pengarangnya kemudian buat garis 10 ketukan dan diakhiri dengan tanda titik. contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf. 2003
  5. Tahun terbit buku, Setelah penulisan nama, selanjutnya adalah tahun terbit buku. Cara penulisannya adalah nama pengarang. tahun terbit buku. judul buku. Tahun terbit buku diapit dengan tanda titik. Contoh: nama pengarang. 1998. judul buku
  6. Judul buku, Selanjutnya adalah judul buku, pada penulisan daftar pustaka judul buku dituliskan miring atau Italic. Contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf. 2017. Pesawat Terbang CN-125.
  7. Kota dan nama penerbit buku, Penulisan kota dan nama penerbit buku adalah setelah judul buku. Dituliskan kota terbit dari buku terlebih dahulu baru diberi tanda tirik dua nama penerbit buku yang disadur. Contoh: Habibie, Baharuddin Yusuf. 2017. Pesawat Terbang CN-125. Jakarta: Media Pustaka.

Contoh Daftar Pustaka yang Benar

Ada banyak cara menulis daftar pustaka. Biasanya daftar pustaka berbeda-beda disesuaikan dengan penggunaannya. Misalkan daftar pustaka untuk majalah dan buku pelajaran sekolah akan berbeda. Dari banyaknya cara berbeda menulis daftar pustaka, ini adalah prinsip dasarnya.

  1. Pada daftar pustaka, nama pengarang buku harus di balik. Pada nama depan di ketik huruf awal atau pertama. Nama ini di pisah dengan koma. Misalkan. Nama pengarang: Dewi Lestari Pada daftar pustaka di tulis: lestari, dewi.
  2. Jika nama memiliki lebih dari 3 kata, nama paling belakang tetap berada di depan, kemudian di ikuti nama pertama, kedua dan seterusnya.
  3. Perlu di ingat, nama penulis buku, di tuliskan tanpa gelar. Untuk pengarang buku yang lebih dari 1, pisahkan pengarang satu dengan yang lainnya dengan koma.
  4. Setelah nama, kamu harus menuliskan tahun buku tersebut di terbitkan. Kemudian di tuliskan judul dengan bercetak tebal, miring atau underline. Nama dan judul di pisahkan dengan tanda titik.
  5. Susunan daftar pustaka mulai dari huruf a-z secara urut. Berdasarkan pustaka yang telah di susun bukan nama pengarang. Jarak antara satu pustaka dengan yang lain, judul satu dengan yang lain nya di beri spasi antara 1,5 hingga 2 untuk mengingatnya, ini urutan dasar daftar pustaka.

Contoh Daftar Pustaka Skripsi

Berdasarkan cover skripsi

  • Nama penulis: Siti pramitha retno wardhani
  • Judul penelitian: Daya hidup keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) setelah terpapar ekstrak daun pepaya dan ekstrak daun sirih.
  • Sumber penulisan: skripsi
  • Tempat penerbitan: Bogor
  • Lembaga atau nama penerbit: Institut Pertanian Bogor

Susunan daftar pustaka acuan 2015 dpki ipb:

  • Nama penulis (dibalik nama depan pindah ke belakang,dan 3 nama penulis disingkat pindah ke tempat setelah nama belakang). Misalnya Siti pramitha retno wardhani. Daftar pustaka menjadi Wardhani SPR (tanpa spasi dan tanpa titik).
  • Lanjut masuk ke tahun penulisan 2011. Wardhani SPR. 2011. (Beri tanda titik di belakang tahun penulisan).
  • Masukkan judul penelitian. Daya hidup keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) setelah terpapar ekstrak daun pepaya dan ekstrak daun sirih. (Jangan beri tanda titik setelah judul).
  • Tambahkan sumber penulisan: skripsi.
  • Caranya ikuti kaidah [skripsi]: beri tanda titik setelah judul.
  • Masukkan tempat penerbitan: Bogor.
  • Nama penerbit: Institut Pertanian Bogor.
  • Kaidah penulisan : (ID): Institut Pertanian Bogor

Berikut cara penulisan daftar pustaka dengan nama keseluruhan: “Wardhani SPR. 2011. Daya hidup keong mas (Pomacea canaliculata Lamarck) setelah terpapar ekstrak daun pepaya dan ekstrak daun sirih [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.”

Contoh Daftar Pustaka Laporan PKL

  1. Nama penulis
    Pertama tulislah nama penulis dan pada bagian akhir beri tanda titik.
  2. Tahun
    Tulis tahun pembuatan laporan dan akhir dengan tanda titik.
  3. Kota
    Setelah penulisan judul laporan, cantumkan nama kota dan akhiri denga titik dua ( : )
  4. Judul laporan
    Lalu tulis judul laporan dan diakhiri dengan tanda titik.
  5. Tanggal akses
    Tulis tanggal berapa anda mengakses laporan tersebut dari internet. Berilah tanda kurung buka dan tutup pada tanggal dan bulan. Contoh (21 Maret)
  6. Link url
    Apabila kalian mengkutip sebuah laporan dari internet bisa dengan hanya mengcopy alamat website dan pada bagian terakhir, cantumkan tanggal akses dalam kurung buka dan kurung tutup.

Contoh Daftar Pustaka Karya Ilmiah

Aturan Menyusun Daftar Pustaka didalam Penulisan Karangan Ilmiah. Suatu daftar yang berisi semua sumber bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan dalam penulisan karya ilmiah. Pemilihan daftar pustaka ini harus benar-benar sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas dalam makalah. Mahasiswa, Dosen, Siswa tidak boleh mencantumkan nama/judul buku, artikel/jurnal serta dokumen lainnya yang tidak terdapat dalam daftar pustaka ini. Pada setiap karya ilmiah, daftar pustaka harus ada sebagai bukti keberadaan sumber acuan.

Beberapa aturan umum dengan urutan didalam penyusunan daftar pustaka:

A. Nama pengarang dengan metode nama depan ditulis di belakang

  • Nama Sebenarnya. Cara Penulisannya: Muhamad Sofyan – “Sofyan, Muhamad”. Selamat Dunia Akhirat – “Akhirat, Selamat Dunia”
  • Bila penulis lebih dari dua orang dapat menggunakan literatur dari karya tulis dengan pengarang lebih dari dua orang, maka hanya nama pengarang pertama yang ditulis. Nama-nama pengarang lainnya digantikan dengan ‘dkk’.

B. Judul tulisan diberi tanda kutip
C. Tanggal Akses
D. Alamat situs referensi untuk menjaga kemurnian dan kekuatan argumen tulisan

atau secara sederhana dapat di lakukan seperti step di bawah ini:

  1. Nama pengarang
    Tulis nama pengarang secara urut dari, nama akhir, nama tengah atau awal lalu tulis tanda titik.
  2. Tahun
    Tahun pembuatan karya ilmiah tersebut.
  3. Judul karya ilmiah
    Tulis judul karya ilmiah dengan cara cetak miring, atau huruf di bertebal dengan menggunakan bold.
  4. Halaman
    Cantumkan halaman berapa saja yang kamu kutip dari karya ilmiah tersebut.
  5. Tanggal
    Dan terakhir tulis tanggal kamu mengutip suatu tulisan dari karya ilmiah tersebut.

Nah itulah contoh daftar pustaka yang baik dan benar. Mulai dari contoh daftar pustaka makalah, contoh daftar pustaka laporan, contoh daftar pustaka skripsi, contoh daftar pustaka dari internet, contoh daftar pustaka dari buku, contoh daftar pustaka dari website, dll.

Melalui tulisan ini, kamu sudah mendapat info lengkap yang bermanfaat soal cara membuat daftar pustaka dari berbagai sumber. Tak hanya itu, kamu juga telah mengetahui apa sebenarnya fungsi dari penulisan daftar pustaka ini. Selamat mengerjakan tulisan maupun karya ilmiah kamu, semoga berhasil!

error: Content is protected !!