Contoh Company Profile

Contoh Company Profile

Contoh company profile yang sederhana dan menarik untuk beberapa perusahaan seperti kontraktor dan lainnya dengan format PDF, Word, dan PPT terbaru. Company profile (comprof) sangat dibutuhkan untuk sebuah perusahaan, kenapa? Karena company profile tersebut akan digunakan sebagai media promosi, syarat pengajuan pinjaman, syarat tergabung perusahaan dalam sebuah komunitas, syarat saat mengajukan investasi kepada calon pembeli, syarat kerjasama dengan Mitra strategis suatu bisnis, dan masih banyak lagi.

Company profile atau disebut juga dengan profil perusahaan adalah suatu deskripsi ringkas tentang perusahaan yang mencerminkan kualitas dan fokus kerja dari perusahaan tersebut.

Loading...

Apa saja bentuk-bentuk dari company profile? Company profile atau profil perusahaan bisa saja dalam bentuk media cetak seperti brosur, buku atau buklet, dan lain-lain. Selain dalam bentuk dari company profile atau comprof bisa juga dalam bentuk digital seperti website, aplikasi CD atau DVD, dan PDF.

Contoh company profile haruslah menggambarkan tujuan utama dari perusahaan tersebut. Karena memiliki profil bisnis yang baik adalah suatu keharusan Jika seorang pemilik perusahaan ingin perusahaannya jadi lebih berkembang dan mendapatkan perhatian dari banyak orang atau banyak yang mengetahui perusahaan tersebut. Maka tidak heran pula jika banyak bisnis ataupun bisnis menengah kebawah yang akhirnya memutuskan untuk membuat profil perusahaan atau bisnis mereka ke pihak agensi kreatif atau sejenisnya.

Loading...

Sebenarnya dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini, sangat memungkinkan seseorang yang untuk bisa memiliki skill di luar dari apa yang didapat di bangku sekolah seperti misalnya membuat company profile ini, karena dalam pembuatannya tidak mengeluarkan banyak biaya selain dan internet yang memadai untuk itu, berikut ini cara membuat company profile yang baik dan benar yang bisa anda pelajari di mana saja Kapan saja.

Sebelum kita bahas cara membuat company profile atau profil perusahaan dari contoh di internet, kita harus tahu dulu fungsi company profile itu sebenarnya apa, nah, berikut ini dua fungsi umum dari company profile atau profil perusahaan :

1. Fungsi eksternal

Fungsi ini menjadi tujuan utama dari kegiatan pemasaran produk. Pemasaran lewat media cetak seperti buklet atau buku, panflet, flyer, katalog, dan semacamnya bisa menjadi sarana untuk menyapa para konsumen, selain itu, pemasaran lewat media cetak juga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Kenapa? karena bisa membangkitkan minat untuk menggunakan produk perusahaan anda dengan cara pemasaran yang profesional dan menarik karena segala macam informasi yang mereka butuhkan sudah tersedia dalam bentuk media cetak yang menarik minat para calon klien perusahaan anda.

2. Fungsi internal

Fungsi ini bisa disebut juga fungsi profil perusahaan yang mana dijadikan sebagai sumber referensi dan informasi mengenai produk-produk yang dijualkan atau dipasarkan oleh perusahaan terkait. Fungsi ini sangat penting karena setiap personal yang ada di perusahaan haruslah memiliki standar tujuan untuk memahami produk yang ditawarkan dan profil perusahaan kepada pembeli atau konsumen.

Alasan ini melatar belakangi kemajuan pemasaran perusahaan anda karena banyak orang yang memiliki tujuan yang sama maka, usaha atau effort yang dikeluarkanpun akan seirama demi mendapatkan hasil yang sama pula, yaitu hasil memasarkan produk-produk penjualan kepada para konsumen atau calon pembeli baik jasa maupun barang.

Baca Juga : Contoh Bisnis Plan yang Baik dan Benar

Ini dia panduan dasar atau tata cara membuat profil perusahaan yang bisa anda pelajari sekarang juga!

Cara Membuat Company Profile

Banyak perusahaan atau bisnis bahkan yang baru sekali UKM ataupun industri besar belum memiliki company profile yang cukup menjangkau pasaran. Faktornya ada banyak, salah satunya dikarenakan ketidak cukupan informasi dalam profil usaha yang mereka geluti sedangkan perusahaan-perusahaan lain mencantumkansemua hal terkait perusahaan mereka dari informasi yang paling sepele hingga yang paling penting atau bisa disebut juga dari a sampai dengan z.

Kalau begitu, informasi-informasi apa saja yang perlu dicantumkan ke dalam sebuah contoh company profile yang baik? Berikut informasinya:

1. Informasi Dasar Bisnis

Informasi ini sangat perlu dicantumkan dalam konsumsi profile Anda atau kartu nama perusahaan anda. Dengan catatan anda perlu meng-update nya jika adanya perubahan dari waktu ke waktu dalam perusahaan anda.
Lalu apa saja yang harus ada di dalam informasi dasar bisnis ini, berikut susunannya :

– nama legal bisnis serta entitas perusahaan anda.

Contohnya CV. MAJU JAYA, PT. MAJU SELALU, PERSEORANGAN DAERAH JAYA, dll

– tanggal berdirinya perusahaan

– alamat perusahaan

– Nomor telepon

– Alamat website perusahaan

– Alamat email

– Akun media sosial (jika ada)

2. Profil Perusahaan

Harus ditampilkan profil perusahaan yang jelas bukan hanya sekedar ” bisnis biasa” karena di bagian ini sangat penting untuk menunjukkan kekuatan serta keuntungan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan anda. Intinya meyakinkan konsumen bahwa bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan berbeda dari perusahaan lainnya.

Berikut data-data yang harus dicantumkan di dalam profil perusahaan anda :
– latar belakang visi misi perusahaan
– deskripsi produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan
– sejarah perusahaan atau bisnis Anda, ekspansi atau pertumbuhannya dari sejak awal berdiri hingga saat ini
– kebijakan perusahaan terkait kesehatan, keamanan, dan kelestarian alam yang terkait dengan perusahaan anda
– board of director atau pemangku kebijakan perusahaan
– portofolio yang perusahaan anda pernah kerjakan sebelumnya
– keunikan atau keunggulan perusahaan anda lainnya

3. Pencapaian Perusahaan

Di bagian ini anda harus memberikan informasi perusahaan dengan data dan fakta yang ada. Meskipun semakin banyak pencapaian bisnis perusahaan yang anda cantumkan, tetapi jika data-data tersebut palsu atau di rekayasa justru Sebenarnya anda sedang menjatuhkan perusahaan anda sendiri. Untuk itu, anda perlu memilih dan memilah pencapaian apa saja yang harus dicantumkan pada contoh company profile yang sekiranya menarik banyak konsumen nya.

Berikut data-data yang perlu dicantumkan di dalam pencapaian perusahaan anda :
– penghargaan yang pernah didapat
– sertifikasi yang sudah dimiliki
– testimoni dari klien atau Mitra strategis anda
– pengakuan dan peliputan dari media massa
– angka penjualan dan kondisi keuangan saat ini (opsional)

Jika Anda masih bingung, berikut urutan membuat company profile yang baik dan benar

1. Cover depan (wajib); berisi judul atau nama perusahaan.

2. Kata pengantar (opsional)

3. About us/tentang kami/ sejarah singkat (wajib); berisi tentang perusahaan anda, bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, lalu perusahaan yang bergerak dibidang apa, dan lain-lain.

4. Visi misi (penting) ; ini bertujuan agar pembaca atau konsumen mengetahui target visi dan misi perusahaan anda.

5. Produk atau jasa perusahaan (wajib); ini adalah bagian terpenting! menjelaskan perusahaan anda menawarkan apa, menjual produk apa saja, menjual jasa apa saja, dan segala macam hal yang wajib ditulis di company profile anda.

6. Keuntungan/why choose us (penting); adalah bagian ini untuk menarik perhatian pembaca anda karena menceritakan tentang kelebihan perusahaan anda.

7. Pengalaman perusahaan (opsional)

8. Galeri foto (opsional); berisi foto-foto kegiatan perusahaan anda.

9. Daftar klien (penting); bagian ini fungsinya besar sekali karena menarik perhatian pembaca atau calon klien karena bagian ini menjelaskan reputasi anda. Halaman client ini bisa berupa daftar nama saja atau nama perusahaan klien saja atau logo perusahaan klien saja.

10. Cover belakang dan kontak informasi (wajib); berisi informasi kontak, alamat, nomor telepon, fax, email, dan lain-lain.

11. Lainnya (opsional); berisi struktur organisasi, perlengkapan atau peralatan perusahaan, legalitas, dan lain-lain.

Setelah anda mengetahui cara membuat company profile beserta isinya yang baik dan juga benar, berikut ini ciri-ciri company profile yang bisa menarik banyak konsumen anda, diantaranya:

1. Desain company profile harus menarik, tidak over, elegan, dan memperlihatkan desain yang profesional seperti beberapa contoh yang ada di internet. Direkomendasikan menggunakan software CorelDraw atau Anda bisa mencari jasa pembuat desain company profile lewat Google atau mencari tutorial yang ada di internet.

2. Company profile harus mudah dibaca, singkat, jelas, tidak bertele-tele, dan langsung kepada topik pembahasan. Pada bagian ini Anda juga harus memperhatikan desain company profile, karena berhubungan langsung dengan tulisan jadi, harus diperhatikan warna, font, dan background harus selaras agar mudah dibaca oleh konsumen atau calon klien.

3. Bahan cetak company profile – semakin bagus kualitasnya maka akan semakin terlihat profesionalnya namun, di sini juga Anda harus memperhatikan budget pengeluaran anda.

4. Company profile harus berisi informasi-informasi tentang perusahaan anda. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, minimal informasi-informasi tersebut mencangkup poin-poin penting dan wajib dari perusahaan anda. Poin-poin opsional ditambahkan untuk menambah informasi dari company profile anda.

5. Terdapat gambar-gambar ilustrasi sebagai pelengkap materi.

6. Company profile dalam bentuk buku atau buklet, usahakan halaman kelipatan 4 dengan tujuan agar menjadi seperti sebuah buku.

Setelah mempelajari materi-materi tentang company profile, agar anda lebih memahami lagi Seperti apa bentuk company profile tersebut, Berikut ini beberapa contoh company profile yang bisa digunakan sebagai referensi untuk company profile perusahaan anda.

Contoh Company Profile Perusahaan

Agar lebih memahami bentuk company profile yang sebenarnya, silakan klik link google Drive di bawah ini (diambil dari detik digital.com). Link ini berisi banyak contoh company profile perusahaan baik PT, CV, UKM, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa minta bantuan dalam pembuatan jasa desain company profile oleh detikdigital.com karena mereka sudah berpengalaman sejak 2017.

Cek linknya sekarang juga!

https://drive.google.com/drive/folders/0B270jBlWYeOSQk80OEVKaC1xWm8

Contoh Company Profile PDF

Contoh company profile ini dalam bentuk format pdf, silakan klik link google Drive di bawah ini (diambil dari detikdigital.com). Link ini berisi banyak contoh company profile perusahaan baik PT, CV, UKM, dan banyak lagi.

Anda juga bisa mendownloadnya untuk memperlajari bagaimana contoh company profile yang baik dan juga benar, tidak hanya itu, contoh-contoh yang ada di dalam link ini juga sangat bisa anda sesuaikan untuk kebutuhan perusahaan anda yang relevan karena di dalamnya ada banyak contoh company profile dari berbagai bidang. Cek linknya sekarang juga!

https://drive.google.com/drive/folders/0B270jBlWYeOSQk80OEVKaC1xWm8

Contoh Company Profile Sederhana

Contoh company profile sederhana bisa juga dalam bentuk digital. Bisnis digital ini bisa kita jadikan referensi untuk bisnis kita sendiri sebagai contoh Google. Perusahaan Raksasa ini selalu secara berkala memperbaharui profile perusahaannya dari waktu ke waktu dengan tetap menonjolkan core bisnis atau tujuan utama didirikannya bisnis tersebut yakni sebagai manager data sedunia. company profile atau profil perusahaan Google ini bisa kamu lihat secara digital di link dibawah ini!

https://www.google.com/about/

Selain Google, contoh company profile perusahaan sederhana secara digital milik Indonesia yaitu IDX atau PT Bursa Efek Indonesia. Contoh company profile dari PT Bursa Efek Indonesia ini juga bisa jadi referensi atau contoh mengingat besarnya kontribusi perusahaan ini kepada banyak orang di Indonesia. Anda bisa mengakses company profile dari web resmi PT Bursa Efek Indonesia dengan segudang penghargaannya berikut link di bawah ini!

https://idx.co.id/tentang-bei/ikhtisar/

Contoh Company Profile PPT

Contoh company profile ada juga yang digunakan untuk presentasi rencana usaha tentunya ini bertujuan untuk mengenalkan bisnis Anda kepada para calon investor, supplier, atau Mitra bisnis strategis lainnya. untuk itu, urusan Anda pasti membutuhkan media komunikasi yang baik.

Bukan hanya dalam pembuatan company profile dalam bentuk buklet atau buku, Tetapi anda juga bisa menggunakan platform yang paling populer yang biasanya digunakan untuk presentasi profil perusahaan anda atau bisnis anda.  Penggunaan PowerPoint sangat diperlukan untuk mempresentasikan perusahaan anda yang tentunya dalam format PPT atau PowerPoint.

Contoh presentasi perusahaan dalam dunia bisnis biasanya disebut dengan feedback kelebihannya ialah:
– umum digunakan oleh banyak perusahaan atau perseorangan
– informasi yang disajikan oleh pihak perusahaan anda akan disampaikan secara runtut dan menarik berdasarkan gambar dan poin-poin utama informasi perusahaan yang ingin anda sajikan.

Berikut contoh presentasi bisnis yang bisa anda jadikan referensi untuk perusahaan anda. Klik file di bawah ini!

template-ppt-produk-bisnis

Contoh Company Profile Kontraktor

Contoh company profile kontraktor dan seperti pada jasa desain interior bekasi bisa anda Klik di link di bawah ini. Silakan klik linknya sekarang juga.

https://drive.google.com/drive/folders/0B270jBlWYeOSQk80OEVKaC1xWm8

Contoh Company Profile Word

Contoh company profile dengan template Word bisa anda klik linknya di bawah ini dan anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan anda yang relevan. Semoga membantu!

https://poweredtemplate.com/word-templates/index.html

QNA seputar profile perusahaan atau company profile :

1. Apa saja Hal-hal penting yang perlu lu dicantumkan di dalam company profile?

Tergantung dari target perusahaan anda. Jika anda ingin menampilkan profil perusahaan maka bagian seperti overview perusahaan, kontak detail, dan penghargaan perusahaan adalah pilihan yang paling tepat untuk ditampilkan, tetapi jika company profile ditujukan untuk mencari investor dari luar atau partner untuk berbisnis maka bagian dari data keuangan akan jadi bagian yang paling penting untuk disajikan.

2. Dalam bentuk apa company profile bisa disajikan?

Company profile bisa-bisa arti media cetak ataupun digital. Bentuk media cetak untuk company profile bisa dalam bentuk buklet, pamflet, katalog, flyer, dan sebagainya. sedangkan dalam bentuk digital bisa disajikan di halaman web ataupun media sosial.

3. Berapa jumlah halaman ideal untuk pembuatan company profile?

Akan lebih menarik jika company profile yang dibuat tidak seperti buku yang banyak jumlah halamannya, biasanya jika company file berlembar-lembar seperti buku, pembaca akan bosan karena terlalu banyak tulisan dan terlalu banyak jumlah halaman yang perlu dibaca.

Untuk itu, disarankan jumlah halaman maksimal berjumlah 6 Halaman saja dan itu semua sudah harus cukup merangkum seluruh informasi dari perusahaan anda. Design company profile yang ringkas, simpel, tetapi padat akan informasi pasti menjadi media pemasaran yang menarik untuk dibaca dari awal hingga akhir.

Demikian penjelasan mengenai semua hal yang perlu anda ketahui tentang company profile yang sesuai dengan kebutuhan anda. Penjelasan ini meliputi pengertian dari company profile, fungsi company profile, cara membuat company profile, ciri-ciri company profile yang bisa menarik banyak calon klien anda, dan contoh-contoh company profile yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi kesulitan anda dalam pembuatan company profile perusahaan anda. Terima kasih.

error: Content is protected !!