Contoh Artikel

Contoh Artikel

Artikel adalah contoh karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak, melalui koran, majalah, buletin, dsb, dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Penulis artikel adalah orang atau individu yang bertindak dalam pengarangan sebuah tulisan, penggabungan beberapa kata menjadi kalimat yang menarik dan enak dibaca sehingga membuat pembaca dapat mengetahui apa yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Sebuah artikel berasal dari pengalaman seseorang, imajinasi, pengetahuan umum atau penelitian ilmiah.

Beberapa hal yang kamu wajib ketahui tentang artikel:

  1. Deskripsi, Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.
  2. Narasi, Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.
  3. Eksposisi, Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.
  4. Argumentasi, Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.
  5. Persuasi, Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Contoh Artikel Terbaru

Sebuah berita juga sering disebut dengan istilah artikel, namun tidak semua bentuk penulisan yang terdapat dalam berita adalah artikel. Penulisan artikel biasanya memakai gaya Bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Isi yang disampaikan dalam suatu artikel bisa bermacam-macam disesuaikan dengan topik. Beberapa contoh isi artikel yang sering dibahas yaitu, tentang Informasi sejarah, Hasil penelitian, Argumentasi / isu tertentu, Petualangan seseorang dan Tutorial atau bimbingan. Untuk menambah pengetahuan kamu tentang pengertian artikel, model penulisan, kriteria dan berbagai contoh artikel mari kita lihat ulasan berikut ini.

Baca Juga : Contoh Daftar Pustaka Makalah, Jurnal Penelitian, dan Skripsi

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk dari karya ilmiah merupakan suatu karya ilmiah yang cuma khusus untuk diterbitkan di dalam jurnal ilmiah. Selain bentuk atau jenis dalam artikel ilmiah seperti yang disampaikan di atas dalam tulisan ini lebih jauh lagi akan membagikan beberapa contoh mengenai artikel ilmiah contoh contoh ini sendiri berkaiatan dengan artikel ilmiah kesehatan pendidikan teknik pertanian sosial hukum dan lain sebaginya. Karya ilmiah populer merupakan suatu karya yang ditulis dengan menggunakan bahasa yang populer sehingga mudah dipahami oleh masyarakat dan menarik untuk dibaca.

Karangan ilmiah populer adalah semacam karangan ilmiah yang mencakup ciri ciri karangan ilmiah yaitu menyajikan fakta fakta secara cermat jujur netral dan sistematis sedangkan. Yang mempunyai uraian yang bersifat sistematis empiris dapat dijelaskan kebenarannya objektif rasional dengan mengaplikasikan metode penelitian yang sudah ditetapkan sebelumnya. Lengkap cara membuat karya tulis tangan yang sistematis. Defenisi ilmiah ini sendiri akan mengalami reduksi pengurangan makna bila digandengkan dengan kata populer.

Contoh Artikel Pendidikan

Pendidikan akan semakin maju bersama berkembangnya jaman, biasanya sama orang tua memberikan pengajaran serta di didik dalam belajar sejak umur bayi. Artikel Pendidikan memiliki ciri-ciri yang berbeda karna setiap pembahasan tidak sama.

Berikut ini ciri-cirinya:

  • Artikel membahas dunia pendidikan
  • Jelas singkat padat serta mudah di paham
  • Menggunakan bahasa yang baku halus sopan
  • Hemat kata-kata tidak boros penggunaannya
  • Artikel memberikan informasi atau kabar berita yang valid jelas serta nyata
  • Pembahasan khusus untuk pembelajaran dan lain-lainnya

Artikel Pendidikan adalah artikel tentang sebuah proses belajar mengajar tentang berbagai ilmu pengetahuan, sosial dan kebiasaan seseorang yang mewariskan ilmunya antar angkatan atau masa ke masa. Seorang yang menjadi murid harus memerlukan kesabaran, semua itu pasti sudah ada yang menentukan, bersungguh-sungguh dan menghargai, menghormati guru. Artikel pendidikan juga terbagi menjadi macam-macam jenis. Pilih lah artikel yang umum, mudah di pahami serta tertarik dengan tulisan tersebut.

Contoh Artikel Singkat

Perkembangan bentuk dan macam tulisan sepanjang sejarah semakin meningkat, salah satunya artikel singkat / essay yang sudah tak asing lagi di ranah para penulis. Secara singkat, essay bagian karya tulis yang bersifat subjektif, yang artinya merupakan hasil dari pemikiran penulis.

Contoh essay banyak sekali macamnya, cukup mudah dibuat karena polanya yang tidak demikian spesifik. Contoh artikel tentang pendidikan adalah artikel yang khusus membahas mengenai dunia pendidikan, semua bidang pendidikan ada di dalamnya.

Artikel pendidikan paling banyak diminati mengingat hampir semua masyarakat adalah masyarakat yang menempuh dunia pendidikan. sehingga kebutuhan tentang artikel pendidikan sangat urgen untuk memebuhi kebutuhan masyarakat.

Istilah artikel merujuk pada berbagai tulisan didalam blog ataupun website. Maka, hampir setiap hari kita selalu membaca sebuah artikel dengan berbagai tema baik itu pendidikan, kesehatan, ilmiah dan lain lain. Sebuah artikel biasanya ditulis oleh seseorang dengan berbagai metode seperti mengarang tulisan, menggabungkan berbagai kata menjadi kalimat yang menarik.

Contoh Artikel Populer

Contoh karya tulis ilmiah populer tentang lingkungan hidup. Karya ilmiah ini disusun dalam rangka memenuhi tugas di mata pelajaran bahasa indonesia. Lingkungan adalah kesatuan antara abiotik serta biotik. Karya tulis ilmiah dapat berupa hasil penelitian dan ulasan atau gagasan ilmiah. Pencemaran dalam lingkungan hidup. Jadi karya tulis ilmiah populer adalah pengetahuan ilmiah yang disajikan dengan menggunakan bahasa dan kerangka sajian isi yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Contoh karya ilmiah bahasa indonesia. Penulisan karya ilmiah harus mengacu pada pedoman umum bahasa indonesia yang disempurnakan dan sesuai dengan penggunaan bahasa indonesia yang baku. Contoh makalah karya ilmiah tentang pendidikan yaitu dampak globalisasi terhadap pendidikan. Karya ilmiah adalah tulisan yang berisikan ilmu pengetahuan dan kebenaran ilmiah yang disusun secara sistematis menurut metode penulisan ilmiah dengan menggunakan ragam bahasa resmi. Karya tulis merupakan suatu tulisan yang dapat dibagi menjadi dua contoh yaitu karya tulis ilmiah dan non ilmiah.

Contoh Artikel Opini

Bagaimana caranya bisa buat tulisan yang bisa masuk koran sebagai bentuk opini kita:

Niat, di sini maksudnya adalah, teman- teman harus meluruskan niat, menulis untuk apa dan goal nya,  niat berubah jadi ingin menyampaikan opini dan gagasan kita untuk merubah suatu masalah, atau memberikan solusi alternative, kalau mau nulis niat dan tekad harus kuat biar greget.

Perbanyak Referensi, ya sebagai seorang yang ingin menulis Opini harus melihat contoh dari penulis Opini atau sering baca koran, ya kalau mau nulis nggak pernah baca Opini sama juga di kalikan dengan angka 0, baca koran di Perpustakaan Daerah dan Perpustakaan Kota, intinya baca koran yang gratisan, perbanyak referensi bisa juga dengan membaca buku yang sesuai dengan topic yang akan kita bahas di Opini tersebut.

Keabsahan Data, Opini itu membangun argument dengan di iringi oleh data yang akurat, setiap tulisan kita harus mencantumkan sumber dan data yang valid.

Jangan Mengeluh, untuk pertama kali ngirim mungkin akan sulit untuk tembus, tapi karena yang nggak bisa tembus walau sudah 10 kali ngirim dan never give up, terus berusaha yakin ikhtiar pada Allah Swt dan sering sering lah Konsultasi dengan ahlinya.

Contoh Artikel yang Baik dan Benar

Ketika kita menulis sebuah artikel tentu saja tujuan yang ingin kita capai adalah bagaimana menyampaikan pemikiran dan informasi yang kita ketahui melalui tulisan ke banyak orang secara tepat. Kita tentu tidak ingin orang lain merasa kesulitan saat membaca artikel yang kita tulis atau menghentikan mereka untuk membaca artikel tersebut.

Sebelum menulis kita tentu akan memikirkan terlebih dahulu topik apa yang hendak kita sampaikan. Topik inilah yang nanti kita kembangkan menjadi tulisan kita. Tetapi seringkali kita malah kesulitan memilih topik yang akan kita sampaikan. Terkadang kita berpikir topik yang kita sampaikan terlalu umum, terlalu biasa, atau kita malah berpikir “ah, kalau tulisanku seperti ini, siapa yang akan baca, kan sudah banyak orang yang tahu topik ini”. Sebuah tulisan yang menarik memang biasanya membawa topik yang baru, masih hangat, dan belum banyak dibahas. Hal ini pastinya membuat kamu tertantang untuk membuat tulisan mengenai topik tersebut sehingga pembaca tulisan kamu akan berdatangan. Tetapi alasan kita menulis tidak hanya sekadar menyampaikan informasi kepada orang lain, tetapi juga dapat bermanfaat kepada diri kita sendiri. Semakin banyak kita menulis, maka semakin mahir juga kita dalam menyampaikan kata-kata.

Setelah menemukan topik yang akan kamu tulis, langkah selanjutnya tentu memberi judul pada tulisanmu. Terkadang judul juga dapat diberikan setelah kamu selesai menulis tulisan kamu untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai tulisan tersebut. Nah, untuk itu, pergunakanlah judul yang ringkas dan tidak bertele-tele, serta menarik perhatian orang lain untuk dibaca. Jika judul yang kamu beri memang mengharuskan panjang, pastikan bukan karena kalimat yang bertele-tele. Judul yang ringkas dan menarik tentu akan membuat orang-orang penasaran dengan tulisan yang kamu buat.

Setelah membuat judul, akan lebih baik jika kamu menambahkan tagline atau subtitle pada tulisan kamu. Tagline atau subtitle yang kamu tambahkan biasanya berupa kalimat yang menggambarkan secara jelas isi tulisan kamu. Penambahan tagline dapat membantu calon pembaca artikelmu untuk mendapatkan gambaran dari isi tulisan kamu. Tagline juga berguna untuk melanjutkan judul kamu yang ringkas tadi. Penjelasan judul lebih baik jika ditambahkan pada tagline.

Agar tulisanmu lebih menarik dan tidak monoton, kamu boleh menyertakan gambar atau ilustrasi pada tulisanmu. Tentu saja gambar yang disertakan harus sesuai dengan tulisan. Gambar boleh berupa ilustrasi, diagram, ataupun gambar biasa.

Selain gambar, kita juga boleh menyertakan kutipan-kutipan menarik pada tulisan kita. Nah, untuk menyertakan kutipan pada tulisan, kamu dapat membuatnya dalam beberapa format. Misalnya dalam format italic atau dengan menggunakan medium style.

Kamu juga dapat menyertakan external source pada tulisanmu sesuai kebutuhan. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, misalnya ketika kamu menyertakan gist. Tidak hanya code kamu juga dapat menambahkan external source yang bukan code dari twitter, youtube, instagram, facebook atau web biasa.

Yang terakhir dan yang paling penting ialah kamu harus membaca kembali tulisan yang kamu buat sebelum kamu publish. Posisikan dirimu sebagai pembaca artikel yang bisa saja merupakan seorang profesional ataupun awam, technology atau non-technology, dan lain sebagainya. Pastikan tulisan yang kamu buat dapat dimengerti dengan mudah oleh berbagai golongan dan tentu saja memberikan pengalaman baru bagi si pembaca.

Contoh Artikel Jurnal

Format ulasan artikel dalam jurnal contoh ulasan artikel dalam jurnal. Tugas mengulas jurnal kadang kala menjadikan kita pusing apa yang mau di ulas. Hasil ini bukanlah yang terbaik tapi boleh lha dijadikan contoh daripada ulasan ini terhadap subjek sains, sosial dan lain lain. Di sini akan ditunjukkan cara mengulas sebuah jurnal.

Pengertian jurnal adalah tulisan yang terbit berkala seperti majalah yang isinya khusus memuat artikel (karya tulis) dalam satu bidang ilmu tertentu. Jurnal pendidikan berarti majalah yang khusus memuat artikel pendidikan dan lingkupnya. Dalam penulisan artikel jurnal tidak ada aturan yang baku dan biasanya diterbitkan pedoman penulisan oleh penerbit jurnal agar dapat dimuat.

Yang paling umum dari pedoman penulisan jurnal adalah naskah diketik dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (terbaru) dan belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain. Untuk isi artikel termasuk struktur dan sistematika serta persentase dari jumlah halaman mengacu pada pedoman penerbit jurnal.

Berikut contoh cara penulisan jurnal pendidikan sesuai dengan ketentuan Balitbang Kemdikbud.

  1. Judul Artikel: Dalam Bahasa Indonesia (atau bahasa Inggris) spesifik, jelas, mengandung unsur kata kunci, maksimal 14 kata.
  2. Abstrak: Abstrak memuat tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, 150-200 kata tanpa acuan, catatan kaki, kutipan pustaka,singkatan/akronim, dan informasi matematis.
  3. Kata kunci: 3 sampai 5 kata atau frase yang penting, spesifik, dan mencerminkan konsep yang dikandung artikel
  4. Pendahuluan: Uraian dalam bagian ini terdiri atas latar belakang alasan ilmiah, fenomena aktual/sosial/kultural/ teknis, rumusan masalah dan tujuan penelitian/ kajian/reviuw yang diuraikan dalam bentuk paragraf yang runtut dan sistematis.
  5. Kajian Literatur: Kajian Literatur menggunakan acuan yang kuat, tajam, mutakhir, dan relevan dengan penelitian yang dilakukan. Kajian Literatur mengemukakan hasil penelitian atau buku yang membahas subjek atau pendekatan teoritis yang sudah dilakukan oleh orang lain atau penulis sendiri. Semua konsep tersebut dipadukan menjadi sebuah kesimpulan yang bermakna yang mendukung formulasi penelitian. Sebagian besar pustaka acuan yang digunakan bersumber dari data primer yang berasal dari hasil-hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal/majalah ilmiah paling lama 10 tahun terakhir, kecuali pustaka acuan yang klasik (tua) yang memang dimanfaatkan sebagai bahan kajian historis.
  6. Metode Penelitian: Metode Penelitian mengemukakan jenis penelitian, alasan sebuah metodologi digunakan, populasi sampel/subjek, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Penelitian kuantitatif perlu mencantumkan teknik pengujian hipotesis yang relevan.
  7. Hasil Penelitian dan Pembahasan: Hasil Penelitian dan Pembahasan memuat tabulasi data hasil penelitian yang dilaksanakan sesuai dengan metode dan peubah yang digunakan. Analisis dan evaluasi terhadap data tersebut sesuai dengan formula hasil kajian teoritis yang telah dilakukan. Pembahasan hasil analisis dan evaluasi dapat menerapkan metode komparasi, penggunaan persamaan, grafik, gambar, dan tabel. Setiap tabel dan grafik harus diberi nomor dan nama dan ditempatkan sedekat mungkin dengan paragraf di mana tabel dan grafik tersebut dibahas. Interpretasi hasil analisis untuk memperoleh jawaban, nilai tambah, dan kemanfaatan yang relevan dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
  8. Kesimpulan: Kesimpulan merupakan hasil analisis dan pembahasan atau uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Simpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh.
  9. Saran: Saran berisi rekomendasi akademik, tindak lanjut nyata, atau implikasi kebijakan atas kesimpulan yang diperoleh.
  10. Pustaka Acuan: Berisi buku acuan atau daftar pustaka. Lihat contoh penulisan daftar pustaka jurnal pendidikan
error: Content is protected !!