Cek Sertifikat Pelaut

3 min read

Cek Sertifikat Pelaut

Ijazah dan sertifikat pelaut merupakan salah satu persyaratan yang yang harus dimiliki oleh pelaut. Bagi beberapa negara, memiliki sebuah Ijazah pelaut dan sertifikat pelaut merupakan salah satu regulasi. Maka dari itu, jika Anda seorang pelaut, ada baiknya Anda cek sertifikat pelaut dan ijazah pelaut yang Anda miliki.

Hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui keaslian ijazah dan sertifikat yang Anda miliki. Namun di Indonesia, beberapa minggu lalu terdapat maintenance besar-besaran terhadap database pelaut Indonesia yang dilakukan oleh dephub sehingga mengakibatkan database tersebut tidak dapat di akses.

Info Kapal Laut Lainnya

Kabar baiknya, kini database pelaut Indonesia sudah dapat di askes kembali. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengecek database pelaut Anda untuk mengecek beberapa dokumen Anda seperti ijazah pelaut dan sertifikat pelaut Anda.

Cek Sertifikat Pelaut Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, cek sertifikat pelaut dapat dilakukan secara online. Sebelum melakukan cek sertifikat pelaut online, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal seperti kode pelaut dan nomor sertifikat.

Nomor sertifikat adalah nomor seri yang terdapat di bagian kanan atas sertifikat pelaut Indonesia yang sudah online atau resmi. Nomor seri sertifikat terdiri dari 16 digit angka. Sedangkan nomor pelaut merupakan 10 digit pertama dari nomor seri sertifikat Anda.

Apabila nomor sertifikat yang Anda miliki adalah 6234567891012345, maka kode pelaut Anda adalah 6234567891 atau 10 digit pertama dari nomor nomor sertifikat Anda.

Untuk melakukan cek sertifikat pelaut secara online, Anda dapat mengakses link berikut pelaut.dephub.go.id. Setelah masuk ke laman dephub, masukkan kode pelaut dan kode sertifikat yang Anda miliki. Kode pelaut dan kode sertifikat diisi dengan nomor seri sertifikat Anda.

Kemudian masukkan kode yang tertera di laman tersebut untuk melakukan pengecekan. Setelah selesai mengisi kode dan nomor seri sertifikat, laman tersebut akan menampilkan sertifikat anda. Demikian cara mengecek sertifikat pelaut yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan perangkat elektronik Anda seperti smartphone atau komputer.

Apabila sertifikat pelaut Anda tidak tertera atau tidak dapat ditampilkan, Anda dapat melakukan pelaporan Direktorat Perhubungan Laut sesuai tempat diklat atau sertifikat Anda diterbitkan. Pelaporan dapat dilakukan dengan cara mengirimkan pesan melalui E-mail atau dapat dengan datang langsung ke kantor Direktorat Perhubungan Laut.

Sertifikat pelaut memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Apabila masa berlaku sertifikat pelaut sudah habis, Anda dapat melakukan pembaharuan dengan melakukan revalidasi. Revalidasi sertifikat pelaut dilakukan dengan melampirkan print out dari sertifikat Anda.

Karena dengan adanya bukti fisik sertifikat pelaut, petugas dapat mengetahui bukti sah yang dimiliki oleh pemohon.

Cek Sertifikat Pelaut
Cek Sertifikat Pelaut

Cek ijazah Pelaut Online

Ijazah merupakan suatu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pelaut. Namun, kini banyak ijazah palsu yang beredar di masyarakat. Maka dari itu, jika Anda memiliki ijazah pelaut, Anda harus memeriksa ijazah apakah sudah terdaftar atau bahkan ijazah yang Anda miliki palsu.

Kini, memeriksa ijazah pelaut dapat dilakukan secara online. Cek ijazah pelaut online kini dapat dilakukan dimana saja menggunakan perangkat elektronik. Dengan menggunakan sistem online, para penggunaan dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang diinginkan.

Untuk mengecek ijazah pelaut secara online, Anda dapat mengunjungi laman dephub di pelaut.dephub.go.id. Setelah Anda masuk ke laman tersebut, Anda diharuskan untuk memasukkan kode pelaut Anda. Kode pelaut adalah 10 digit dari nomor seri sertifikat pelaut Anda.

Setelah memasukkan kode yang diinginkan, maka akan ditampilkan beberapa dokumen milik Anda seperti ijazah pelaut, sertifikat pelaut, dan lain-lain. Jika ijazah yang ditampilkan sesuai dengan milik Anda, maka dapat dipastikan ijazah yang Anda miliki adalah asli.

Namun, apabila ijazah tidak sesuai dengan yang Anda miliki atau tidak tersedia, maka dapat dipastikan bahwa ijazah yang Anda miliki adalah ijazah palsu.

Berbeda dengan sertifikat pelaut, ijazah pelaut tidak memiliki masa berlaku. Dengan kata lain, ijazah pelaut dapat digunakan seumur hidup. Tetapi, ijazah pelaut dapat diperbarui dari operasional ke manajemen dengan syarat minimal satu tahun pengalaman berlayar.

BST ( Basic Safety Training)

BST atau Basic Safety Training adalah sebuah dokumen yang harus dimiliki oleh seorang pelaut. BST merupakan sertifikat pelatihan dasar keselamatan dan mencegah musibah. BST tidak hanya diikuti oleh calon pelaut, melainkan dapat diikuti oleh para perusahaan lain.

Bagi para pekerja kelautan atau pelaut, sertifikat BST merupakan salah satu dokumen yang sangat penting. BST digunakan sebagai syarat dalam pembuatan buku pelaut. Maka dari itu, setiap pelaut wajib memiliki BST.

BST memiliki manfaat bagi para pelaut, diantaranya adalah.

  • Meningkatkan kesadaran peserta atau pelaut terhadap pentingnya tindakan kecelakaan dan pencegahan kecelakaan.
  • Meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja.
  • Meningkatkan moral perusahaan dan karyawan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Persyaratan membuat BST (Basic Safety Training)

Untuk membuat sertifikat BST, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi, diantaranya adalah.

  • Sertifikat pendukung lainnya seperti sertifikat keahlian pelaut.
  • Surat keterangan masa berlayar yang di sahkan oleh pejabat terkait bagi pelaut yang sudah pernah berlayar.
  • Surat keterangan sehat dari dokter.
  • Surat keterangan catatan kepolisian.
  • Fotocopy akte kelahiran atau Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas foto 5×5 dan 3×5 sebanyak 3 lembar dengan latar belakang biru untuk bagian NAUTIKA dan merah untuk bagian TEKNIKA.

Untuk pelaksanaan pembuatan sertifikat BST, biasanya dilangsungkan selama 8-10 hari tergantung dari tempat pelatihan. Selain itu dalam pelaksanaannya, biasanya dilakukan dengan 8 -6 hari pelajaran teori dan sisanya 2 hari digunakan untuk melakukan praktek dari teori yang dipelajari.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 8 jam setiap harinya. Untuk biaya pembuatan sertifikat BST dapat dikatakan sedikit murah. Biaya pembuatan sertifikat BST sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta.

Sama seperti dokumen lainnya di kelautan, sertifikat BST memiliki masa berlaku. Masa berlaku sertifikat BST sekitar 5 tahun. Namun, apabila masa berlaku sertifikat BST sudah habis, Anda tidak perlu melakukan pelatihan lagi. Anda hanya perlu melakukan perpanjangan masa berlaku sertifikat BST dengan cara revalidasi BST.

Basic Safety Training
Basic Safety Training

Cara Cek BST Online

Bagi para pelaut, pengecekan BST dapat dilakukan secara online. Cek BST online dapat dilakukan dimana saja menggunakan perangkat elektronik Anda. Dengan berbasis online, pengecekan BST dapat dilakukan dengan mudah dan dimana saja.

Berikut adalah cara cek BST online yang dapat Anda lakukan.

  1. Pertama kunjungi laman dephub dengan mengetikkan link dephub.go.id di komputer atau smartphone Anda.
  2. Setelah masuk ke laman, akan terdapat tampilan untuk memeriksa sertifikat pelaut.
  3. Pada bagian tersebut, masukkan kode atau nomor seri sertifikat Anda dan isikan kode yang tertera di laman tersebut.
  4. Setelah selesai, akan muncul tampilan yang menampilkan BST Anda.
  5. Jika BST Anda tidak dapat ditampilkan oleh laman website tersebut, bisa jadi BST yang Anda miliki belum terdaftar atau palsu.

Demikianlah cara untuk melakukan cek sertifikat online, cek ijazah online, dan cek sertifikat BST online yang dapat Anda lakukan. Diharapkan dengan adanya sistem online ini, para pelaut dapat lebih mudah melakukan pengecekan dokumen milikinya.

Jadwal Kapal Lambelu

KeepCorn
1 min read

Jadwal Kapal Tol Laut

KeepCorn
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *